Tutorial: Cara Menggunakan Fitur LIVE di Instagram

Update terbaru Instagram memperkenalkan fitur baru yaitu LIVE Video. Dalam fitur ini kamu dapat merekam diri kamu dan berinteraksi dengan followers kamu pada real-time. Nah, menarik kan? Kalau kamu...

Update terbaru Instagram memperkenalkan fitur baru yaitu LIVE Video. Dalam fitur ini kamu dapat merekam diri kamu dan berinteraksi dengan followers kamu pada real-time. Nah, menarik kan? Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang fitur ini atau masih bingung bagaimana cara menggunakannya, tenang saja, karena File akan menjelaskan secara bertahap cara menggunakan dan memanfaatkan fitur ini.

 

Instagram LIVE?

Fitur Instagram sebelumnya, yaitu Instagram Stories, memberikanmu kebebasan untuk menaruh media apapun yang akan muncul di atas halaman Instagram kamu selama 24 jam. Karena kini Instagram memiliki algoritma yang mirip dengan Facebook, Instagram Story kamu akan terus ter-update dan akan membantumu untuk lebih mudah ditemukan oleh audience kamu di aplikasi Instagram mereka.

Instagram LIVE adalah fitur yang sangat membantu followers kamu untuk dapat selalu up-to-date dengan kamu. Namun harus diingatkan kalau video live kamu hanya dapat ditonton selagi kamu merekam. Setelah kamu menyelesaikan video live kamu, tidak ada lagi yang dapat menontonnya. Nah, ini adalah tampilan Instagram LIVE Video dari perspektif followers kamu.

 

1. Memulai Instagram LIVE

Untuk memulai siaran video kamu, pertama tekan “Your Story” yang terletak di atas feed kamu, yang memiliki gambar profilmu dan memiliki tanda (+) biru di sebelahnya. Atau kamu juga bisa meng-swipe ke kanan.

Ini akan membawa kamu ke kameramu dan memberikan 3 opsi fitur Instagram Stories: LIVE, NORMAL, dan BOOMERANG.

Pilihlah fitur LIVE dengan cara menekan atau meng-swipe. Nah, sebelum kamu memulai video kamu, cek dulu pengaturan video live kamu dengan menekan icon setting yang terletak di atas kiri. Lalu pastikan pengaturan sesuai dengan keinginan kamu. Dalam pengaturan ini, kamu dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat video kamu dan siapa yang dapat mengirim pesan ke video kamu.

Perlu kamu ketahui bahwa video live berbeda dengan Instagram Story, yaitu kamu tidak bisa menyimpan apa yang kamu rekam saat sedang live. Jika kamu ingin merekam siaran Instagram LIVE kamu, kamu harus menggunakan aplikasi smartphone yang dapat merekam layar kamu.

Nah, sebelum memulai video kamu, jika kamu ingin followers kamu melihat wajah kamu, jangan lupa untuk mengganti mode kamera ke kamera depan/selfie dengan menekan icon yang terletak di sebelah kanan tombol untuk memulai video live kamu. Satu lagi yang perlu diingat, kamu tidak bisa menggunakan fitur flash saat merekam.

Jika semua persiapan kamu sudah oke, saatnya kamu memulai video live kamu! Langsung saja tekan tombol “Start Live Video” dan kamu dapat memulai siaran kamu. Semua followers kamu akan diberi notifikasi bahwa kamu telah memulai sebuah Instagram LIVE Video.

 

2. Mengelola LIVE Videomu

Saat kamu sedang live ada beberapa hal yang bisa kamu lihat dan lakukan. Nah, pertama adalah bagaimana cara untuk melihat siapa saja yang menonton siaran kamu dengan cara menekan angka yang terletak di atas kiri. Di fitur ini kamu juga bisa meng-kick penonton yang tidak kamu inginkan untuk menonton siaran kamu.

Kamu juga bisa melihat siapa saja yang menontonmu dengan melihat di bagian bawah layar, dimana nama setiap penonton baru akan tertulis. Di sana penonton kamu juga bisa memberikan komentar dan kamu bisa menjawab mereka. Penonton juga bisa meng-like video kamu dan kamu bisa melihat banyak bentuk hati beterbangan di layar kamu.

Kamu juga bisa mematikan fitur komentar dari penonton kamu dengan menekan tombol tiga titik yang terletak di bawah kanan dan menekan tombol “Turn Off Commenting”.

 

3. Mengakhiri LIVE Videomu

Bila sudah waktunya kamu mengakhiri video siaran kamu, kamu tinggal menekan tombol “End” yang terletak di atas kanan layar kamu. Lalu kamu dapat melihat statistik dari Instagram Live Video Analytics, yang menunjukan berapa jumlah total viewers yang menonton video kamu. Info ini tidak bisa kamu lihat lagi jadi lebih baik kamu mengambil sebuah screenshot dari statistik ini.

 

Nah, jadi itu dia cara kamu bisa menggunakan Instagram LIVE Video. Fitur ini sangat berguna, apalagi untuk sebuah bisnis dan kegiatan pemasaran. Kamu bisa membuat siaran tentang sesuatu yang ingin kamu umumkan ke peminat kamu. Berikut adalah beberapa ide untuk video yang dapat kamu buat untuk bisnis kamu:

  • Product Launching
  • Behind the Scenes: cuplikan belakang layar mengenai kantor kamu, pekerjaan, dan sebagainya.
  • Live Q&A: Sesi tanya jawab live, menggunakan fitur komentar di LIVE Video.
  • Live Chat
  • Selebrasi keberhasilan di perusahaan kamu.
Bagikan ke sesama!
Categories
Tech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT