fbpx

Teknologi 5G & Keunggulannya : Download Video HD dalam Detik!

Halo, Sobat FILE! Bagi kamu yang menggunakan smartphone pasti tidak asing lagi dengan layanan jaringan internet 4G yang terdapat pada ponsel kalian. Nah, kabar kemunculan generasi penerusnya, teknologi 5G,...
teknologi 5g
Source : electronics.howstuffworks.com

Halo, Sobat FILE! Bagi kamu yang menggunakan smartphone pasti tidak asing lagi dengan layanan jaringan internet 4G yang terdapat pada ponsel kalian. Nah, kabar kemunculan generasi penerusnya, teknologi 5G, kini sedang ramai dibicarakan. Salah satu diantaranya kontroversi perusahaan teknologi Tiongkok Huawei yang sedang mengembangkan jaringan internet generasi ke-5 ini. Dan berujung pada blacklist Huawei di US.

Teknologi internet 5G merupakan generasi selanjutnya dari 4G.  5G menjanjikan kecepatan download 10 hingga 20 kali lebih cepat daripada kecepatan internet yang tersedia saat ini dan  kemungkinan akan diluncurkan pada awal tahun  2020 di beberapa negara seperti yang dikutip dari BCC . Nah, gimana nih Sobat FILE menarik kan?  Tapi tunggu dulu, selain meningkatnya kecepatan download apa lagi sih kelebihan dari teknologi internet 5G ini? Simak selengkapnya di bawah ini !

teknologi 5G

Source : www.uc.ac.id

Dilansir dari OpenSignal, Ian Fogg  yang menjabat sebagai VP analysis mengatakan bahwa apapun yang 4G dapat lakukan di smartphone,  dapat dilakukan lebih efisien lagi dengan 5G. Dengan pemanfaatan dari teknologi 5G memungkinkan manusia menjalankan sekelompok drone untuk melakukan misi search and rescue, pemantauan lalu lintas ,dan kebakaran.  Dimana semuanya dapat berkomunikasi secara wireless satu sama lain dengan stasiun utamanya melalui jaringan 5G.

Selain itu, teknologi 5G juga bisa meningkatkan pengalaman bermain kalian loh Sobat FILE! Karena dengan konektivitas yang sangat baik otomatis akan mengurangi resiko mengalami lagging saat kamu bermain game favoritemu. Lalu saat kamu ingin menghubungi kerabat terdekat ataupun sahabat menggunakan layanan Video call maka kualitas baik suara maupun video tidak akan mengalami penurunan kualitas sama sekali! Pada bidang otomotif, 5G akan sangat bermanfaat bagi kendaraan self-driving karena dapat mengakses data lalu lintas dan berkomunikasi satu sama lain tanpa adanya gangguan.

Nah, kalau begitu seberapa cepatkah teknologi 5G ini? Pada jaringan 4G LTE tercepat saat ini berkisar  45Mbps (megabit per detik), sedangkan internet sekarang saja masih berharap dapat mencapai 1Gbps (gigabit per detik, 1Gbps = 1.000Mbps).  Bayangkan kamu dapat mendownload film berkualitas High Definition hanya dalam hitungan waktu saja.

Kamu pastinya sekarang sudah tahu kan manfaat serta keunggulan teknologi 5G? Tapi bagaimana sih cara kerjanya? Teknologi 5G memiliki pita frekuensi yang lebih tinggi daripada generasi sebelumnya yaitu, 3.5GHz ( gigahertz) hingga 26GHz bahkan  bisa lebih dari tu! Dengan kapasitas yang lebih besar dalam mentransfer suatu data namun, di sisi lain panjang gelombangnya yang lebih pendek maka kemungkinan untuk terblokir oleh objek fisik menjadi lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Penting tidak sih teknologi 5G ini, Sobat FILE? Dengan dunia yang terus berubah dan umat manusia yang semakin bersifat konsumtif, terutama pada layanan streaming video maupun musik. Teknologi jaringan terbaru ini dapat mengatur ribuan perangkat secara bersamaan, dari ponsel hingga perangkat lainnya yang mengakses data secara masif.

Pertanyaan yang sering muncul apakah perangkat yang sekarang kita gunakan dapat menjalankan teknologi tersebut?  Jawabannya seharusnya memang begitu. Namun, Ian Fogg mengatakan bahwa  pembuat ponsel tidak mungkin melakukan kesalahan yang sama serta  hanya meluncurkan ponsel 5G hanya ketika jaringan baru siap yang mungkin dilakukan menjelang akhir 2019.   Jadi, Sobat FILE, bagaimana pendapatmu mengenai teknologi 5G ini? Sudahkah kamu tidak sabar untuk segera menikmatinya?

Baca Juga : Huawei Dilarang? Ini yang Perlu Kamu Ketahui!

 

Bagikan ke sesama!
Categories
KnowledgeTech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT