Perbedaan Photoshop dengan Illustrator

Hai FILE-readers! Kamu pasti udah pada tau kan yang namanya Photoshop? Tapi apa kamu tau yang namanya Illustrator? Pasti masih banyak FILE-readers yang belum tau kan? Atau mungkin cuma pernah...
Photoshop dengan Illustrator

Hai FILE-readers! Kamu pasti udah pada tau kan yang namanya Photoshop? Tapi apa kamu tau yang namanya Illustrator? Pasti masih banyak FILE-readers yang belum tau kan? Atau mungkin cuma pernah dengar doang tapi nggak ngerti pakenya gimana.

Nah, kali ini FILE bakal ngebahas tentang Photoshop dengan Illustrator nih! Tapi sebelumnya, kita harus tau dulu apa perbedaan Photoshop dengan Illustrator.

 

  1. Vector vs. Pixel

Vector adalah jenis gambar yang disusun berdasaran garis atau koordinatnya. Ciri-cirinya adalah warna objeknya yang terdiri dari satu warna atau gradient yang sederhana.

Pixel itu singkatan dari Picture Element. Pixel ini adalah jenis gambar yang disusun berdasarkan titik-titik kecil yang dihitung per inci. Ciri-cirinya adalah warna objeknya yang dapat memiliki satu warna sederhana atau gradient yang lebih bagus.

Cara mudah untuk membedakannya adalah dengan memperbesar gambarnya. Gambar pixel warnanya bakal “pecah”, karena titik-titik warnanya juga ikut membesar. Sementara Vector bila diperbesar, gambarnya nggak bakal pecah! Untuk lebih jelasnya teman-teman dapat melihat contoh di bawah ini:

Gambar vector (atas) dan pixel (bawah) beserta dengan pembesaran keduanya

 

  1. Illustrator ke Path, Photoshop ke Effect

Dalam Illustrator, kita bakal lebih sering membuat gambar daripada mengedit gambar seperti yang sering dilakukan di Photoshop. Dalam membuat gambar ini, kita bakal familiar dengan yang namanya pen tool dan path. Path bisa dikatakan garis-garis yang membentuk objek, yang dibuat dengan menggunakan pen tool.

Contoh penggunaan pen tool dan path

 

Sebenarnya, pen tool ini juga ada di Photoshop. Hanya saja hasilnya bakal beda jauh karena Photoshop lebih ditujukan untuk mengedit gambar dengan memberikan efek.

Perbedaan foto sebelum dan sesudah di-edit

 

  1. Kegunaan

Kalo bicara soal kegunaan, Photoshop dengan Illustrator punya kelebihannya masing-masing.

–  AI biasanya digunakan untuk membuat logo atau gambar berukuran besar karena pembuatan logo diwajibkan gambar vector agar dapat diperbesar tanpa membuat gambar pecah. Selain itu, file .psd (Photoshop) memiliki size yang lebih besar daripada .ai (Illustrator)

–  Karena Photoshop buat mengedit gambar, yah pasti digunakan buat memanipulasi gambar seperti menambahkan sayap pada foto kita.

–  Kalo buat menggambar, terserah kamu mau pilih yang mana karena hasilnya bisa berbeda sesuai dengan keinginan kita. Kamu juga bisa menggabungkan penggunaan keduanya lho!

Nah, sekarang kamu bisa ngebedain yang mana pixel dan vector kan? Coba tebak 2 gambar di atas!

Untuk tutorial AI tentang path, FILE bakal bahas minggu depan ya!

Bagikan ke sesama!
Categories
Knowledge
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT