Pentingkah Penggunaan Teknologi Blockchain?

Seperti yang sudah diprediksi teknologi yang akan tren pada 2017.  Sekarang setiap startup dan perusahaan mulai berlomba-lomba menggunakan teknologi bernama Blockchain. Teknologi Blockchain ini mulai digemporkan-gemporkan karena sifat prosesnya bersifat transparan dan...
Pentingkah Penggunaan Teknologi Blockchain?
Pentingkah Penggunaan Teknologi Blockchain?

Seperti yang sudah diprediksi teknologi yang akan tren pada 2017.  Sekarang setiap startup dan perusahaan mulai berlomba-lomba menggunakan teknologi bernama Blockchain. Teknologi Blockchain ini mulai digemporkan-gemporkan karena sifat prosesnya bersifat transparan dan aman. Nah, FILE kali ini akan membahas dari awal seperti apakah Blockchain itu, juga pentingkah penggunaan teknologi Blockchain ini untuk kamu?

 

1. Teknologi Blockchain Itu Apa?

Penggunaan teknologi Blockchain pertama kali diterapkan dalam penggunaan cryptocurrency atau mata uang yang tidak memiliki fisik, yaitu Bitcoin, yang pada tahun 2009 telah melahirkan metode transaksi yang terjadi tanpa harus menggunakan sistem perbankan yang ada.

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan buku besar dalam akuntansi? Nah, Blockchain ini unik, dikenal dengan sebutan open ledger atau buku besar terbuka yang dikelola oleh ribuan komputer. Di dalam setiap komputer yang tehubung, satu organisasi ataupun pihak yang berpartisipasi dengan jaringan database server tersebut dapat diaskes tanpa terkecuali yang merupakan kunci dari kekuatan Blockchain itu sendiri. Sehingga ketika kamu melakukan validasi atau verifikasi data apapun, maka hal itu dapat dilihat oleh semua orang yang terkait dengan sistem-mu.

 

2. Amankah Penggunaan Teknologi Blockchain?

Walaupun teknologi Blockchain ini bersifat transparan, kamu tidak perlu khawatir akan adanya serangan hacking, karena untuk membobolnya terdapat ribuan computer atau server yang mengatur sistem kamu. Jadi ketika salah satu server terkena serangan hacking, ketika menjalankan hasil yang berbeda dengan server lainya, maka server yang terkena serangan tersebut akan diabaikan.

Ditambah lagi ada perlindungan dengan pin public key dan private key saat mengaksesnya. Jadi jangan khawatir dengan keamanaan saat menggunakan Blockchain ini, karena hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang sudah terverifikasi dari siapa saja yang terkait dengan sistem yang telah kamu buat.

 

3. Apa Keuntungan Penggunaan Teknologi Blockchain?

Setiap data yang kamu masukkan ke dalam teknologi Blockchain akan terenkripsi dari awal hingga saat ini dengan keakuratan 100% akan tersimpan. Ketika sudah memasukkan data kedalam aliran teknologi Blockchain ini, data tersebut tidak dapat dirubah kembali, serta akses yang dimiliki banyak orang dapat terhindarnya pemalsuan data.

Sehingga Blockchain tidak hanya data keuangan saja yang dapat kamu masukkan, data pasien antar rumah sakit ke rumah sakit lain juga dapat menggunakan sistem teknologi Blockchain ini, bagaimana tidak? Misal kamu sakit dan kamu diberi diagnosis rumah sakit A yang kemudian dirujuk ke rumah sakit B, maka data diagnosis kamu akan 100% valid dengan waktu singkat sehingga dapat terhindarnya miskomunikasi apalagi hingga malapraktik.

Penerapan Blockchain ini juga digunakan Alibaba untuk membantu keamanan pangan di Cina untuk berkerja sama dengan PricewaterhouseCoopers, Blackmores, dan Australia Post terkait pangan palsu yang beredar dengan cara memverifikasi makanan asli dengan 443 juta pembeli aktifnya.

Penerapan Blockchain kini terus berkembang, ditambah semakin pesatnya perkembangan pada dunia fintech yang terus perkembangan dengan munculnya startup-startup baru ataupun dalam penerapan bisnis setiap harinya, ditambah negara Singapura yang memiliki cita-cita menjadi pusat fintech di Asia.

FINTECH : RANAH BISNIS YANG PERLU KAMU KETAHU

 

 

Jadi, sudah mengerti kan apa itu Blockchain? Apakah kamu tertarik menggunakan penerapan Blockchain pada business process-mu? Blockchain dapat membantu dalam menjaga setiap data yang kamu simpan, hingga keamanan dari setiap data kamu agar tetap terverifikasi dan tervalidasi 100% kapanpun dan dimanapun. Atau kamu ingin membuat startup yang mengedepankan penggunaan Blockchain? Jawabannya ada pada diri kamu.

Bagikan ke sesama!
Categories
BusinessFinanceTech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

TERKAIT