Indonesia Mengawinkan Emas dan Perak di eSports Asian Games 2018

Cabang olahraga elektronik atau yang lebih dikenal dengan sebutan eSports telah selesai digelar di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Cabang olahraga eSports pertama kali digelar di pentas olahraga terbesar...
eSports Asian Games 2018 - FILE Magz

Cabang olahraga elektronik atau yang lebih dikenal dengan sebutan eSports telah selesai digelar di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Cabang olahraga eSports pertama kali digelar di pentas olahraga terbesar se-Asia selama 1 minggu di BritAma Arena, dimana cabang olahraga eSports ini statusnya sebagai laga ekshibisi atau cabang olahraga yang merebutkan medali, namun tidak masuk ke dalam hitungan kontingen pemenang. Dalam ajang ini ada enam jenis game yang dipertandingkan dalam ekshibisi Asian Games 2018. Berikut daftar game tersebut.

 

1. Arena of Valor

AOV - FILEMagz

(sumber: aov.garena.co.id)

Di daftar pertama, ada AoV. AoV merupakan game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) mobile yang dikembangkan oleh studio Tencent Games. Game ini mempunyai grafik yang bagus, responsif, fitur-fitur yang keren dan support hampir ke seluruh chipset. Maka tidak aneh lagi kalau game ini sangat banyak peminatnya di seluruh Asia.

 

2. Clash Royale

Clash Royale - FILEMagz

(sumber: clashroyale.com)

Pada daftar kedua, terdapat Clash Royale, yaitu game yang menggabungkan permainan Real-Time Strategy (RTS), MOBA, Tower Defense, dan juga permainan kartu. Game terbaik Android pada tahun 2016 ini mempunyai misi yang harus dicapai dalam sebuah game, yaitu menghancurkan tower milik lawan. Walaupun terdengar mudah, tetap butuh strategi dan timing penempatan kartu untuk bisa menang.

 

3. Hearthstone

Hearthstone - FILEMagz

(sumber: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.blizzard.wtcg.hearthstone&hl=en_GB)

Selanjutnya ada Hearthstone, yang merupakan sebuah collectible card game yang mengambil setting di dunia Warcraft. Game yang dibuat oleh Blizzard Entertainment ini dapat dimainkan oleh dua orang atau multiplayer.

 

4. Starcraft 2

Starcraft - FILEMagz

(sumber: starcraft2.com)

Starcraft 2 merupakan sebuah game RTS yang dibuat oleh Blizzard Entertainment. Starcraft 2 kurang lebih masih membawa elemen-elemen yang ada di Starcraft seperti adanya 3 jenis races, yaitu Protoss, Terran dan Zerg. Namun Blizzard Entertainment tetap memberikan banyak fitur-fitur baru supaya lebih asik lagi untuk dimainkan.

 

5. PES 2018

PES 2018 - FILEMagz

(sumber: store.steampowered.com)

Daftar selanjutnya, ada game PES 2018. Pasti sudah tidak asing lagi di telinga para penggemar sepak bola. Para gamer bisa memainkan tim kesayangannya, baik klub maupun negara dalam sebuah pertandingan sepak bola. Game buatan Konami ini merupakan game sepak bola paling favorit dan populer di Asia sejak bernama Winning Eleven. Maka tidak heran kalau game satu ini dipertandingkan di Asian Games.

 

6. League of Legends

LoL - FILEMagz

(sumber: comicbook.com)

League of Legends merupakan game MOBA untuk PC yang sangat terkenal di dunia. League of Legends mengharuskan pemainnya untuk menghancurkan musuh untuk memenangkan pertandingan. Oleh sebab itu, harus pintar menyusun strategi dan berkomunikasi baik dengan tim supaya bisa raih kemenangan.

 

Hari pertama pagelaran cabang olahraga eSports dimulai dengan mempertandingkan AoV, dimana tim dari negara Cina mendapatkan medali emas, disusul oleh negara Cina – Taipei yang mendapatkan medali perak, dan negara Vietnam mendapatkan medali perunggu.

Di hari kedua, cabang olahraga eSports mempertandingkan Clash Royale dan League of Legends. Di hari itu, atlet Indonesia, Ridel Yesaya Sumarandak, berhasil mendapatkan emas pertama di cabang olahraga eSports Clash Royale setelah mengalahkan Cina dengan skor 3-1. Namun dengan kesuksesan atlet Indonesia di Clash Royale, tidak diikuti oleh tim League of Legends Indonesia karena mereka takluk di babak grup.

Di hari ketiga dan keempat, cabang olahraga eSports masih mempertandingkan League of Legend, yang dimana akhirnya negara Cina keluar sebagai juara, disusul oleh Korea Selatan dan Cina – Taipei diurutan kedua dan ketiga.

Hari kelima pagelaran cabang olahraga eSports pun mempertandingkan Starcraft 2, dan sesuai prediksi, Korea Selatan mendapatkan medali emas, disusul perak oleh tim dari negara Cina – Taipei dan medali perunggu oleh negara Vietnam.

Pagelaran hari keenam cabang olahraga eSports mempertandingkan Hearthstone, dimana Indonesia menambah pundi-pundi medali setelah Hendry Koentarto Handisurya takluk oleh negara Hongkong dalam perebutan medali emas.

Di hari terakhir pagelaran cabang olahraga eSports, akan dipertandingkan Pro Evolution Soccer 2018, dimana dengan sangat mengejutkan, negara Jepang keluar sebagai juara, disusul oleh negara Iran dan negara Vietnam diurutan kedua dan ketiga. Maka dari itu, negara Cina keluar sebagai juara dalam perolehan medali di cabang olahraga eSports dengan 2 medali emas dan 1 medali perak, disusul Indonesia dan Korea Selatan dengan 1 medali emas dan 1 medali perak sebagai peringkat kedua.

Chart eSports Asian Games 2018 - FILEMagz

(sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/ESports_at_the_2018_Asian_Games#Medal_table)

Nah, itu dia keseruan tim eSports Indonesia pada Asian Games 2018, sobat FILE! Semoga dengan hasil ini, tim eSports Indonesia bisa lebih semangat lagi dan bisa selalu mendapatkan prestasi yang lebih baik di kancah internasional.

 

Bagikan ke sesama!
Categories
Event NewsGamesHobby
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT