Cara Cepat Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

Ketika kamu mendapatkan pekerjaan baru, pasti kamu merasa semangat untuk berada di tempat dan suasana baru tetapi kamu juga akan merasa sulit karena kamu harus memulai semuanya dari awal...

Ketika kamu mendapatkan pekerjaan baru, pasti kamu merasa semangat untuk berada di tempat dan suasana baru tetapi kamu juga akan merasa sulit karena kamu harus memulai semuanya dari awal lagi. Saat berada di tempat yang baru, kamu perlu untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri terhadap kondisi yang baru. Semakin cepat proses adaptasi tersebut, performamu dalam bekerja pun akan menjadi lebih baik secara otomatis. Proses adaptasi juga merupakan salah satu kualitas yang akan mempengaruhi penilaianmu, hal-hal dibawah ini mungkin saja bisa membantumu beradaptasi lebih cepat di lingkungan kerja yang baru.

 

Fokus

Pertama-tama, kamu harus selalu fokus. Saat kamu berada di lingkungan baru, kamu pasti akan berkenalan dengan banyak hal baru. Bukan hanya berkenalan dengan orang-orang yang kamu temui di tempat itu, tapi kamu juga akan berkenalan dengan tugas-tugas kamu dan tempat kerjamu secara keseluruhan. Kamu harus memanfaatkan waktu tersebut sebaik-baiknya untuk bisa mengenal lingkungan kerja kamu dengan baik dan secara lebih mendalam. Untuk itu, kamu harus selalu fokus untuk menjalani masa perkenalan itu dengan sebaik mungkin.

 

Membagi Pekerjaan

Kamu mungkin saja akan merasa pusing dan terbebani saat mendapatkan tugas yang tidak biasanya kamu lakukan. Mungkin saja kamu tidak mengerti harus mulai dari mana terlebih dahulu. Untuk mempermudah menyelesaikannya, kamu bisa membagi pekerjaan itu menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.

Kamu perlu mencari tahu langkah-langkah apa saja untuk melakukan tugas tersebut. Setelah mengetahui gambarannya, kamu mulai bisa mengatur jadwal sesuai tingkat kesulitan dan kepentingan masing-masing bagian pekerjaan tersebut. Jika ada hal yang tidak kamu mengerti, jangan malu untuk bertanya. Lebih baik bertanya daripada apa yang kamu kerjakan keliru atau salah dan jika ada rekan yang memberikan bantuan, perhatikanlah dengan sebaik-baiknya.

 

Membuat Catatan di Kertas

Setelah kamu membagi pekerjaan menjadi lebih kecil, kamu harus mencatatnya di sebuah kertas, jangan hanya di pikiranmu saja. Menurut penelitian para ahli, menulis dengan tangan dapat membantu pemahaman yang lebih baik dan membantumu mengidentifikasi poin-poin penting dari pekerjaan. Beda halnya jika kamu mencatatnya di komputer atau smartphone, konsentrasimu akan secara mudah teralihkan dan seringkali kamu hanya akan memindahkan tulisan tersebut tanpa kamu pahami lagi.

 

Selalu Terbuka

Saat bekerja, kamu tidak akan selalu hanya mengerjakan kewajibanmu. Terkadang kamu akan mendapatkan pekerjaan lain dari senior atau atasan. Kamu tidak boleh mengeluh jika kamu mendapatkannya, karena dengan melakukannya dengan sepenuh hati, kamu akan mendapatkan hasil positif. Salah satu hasil positif tersebut adalah kepercayaan. Kamu akan lebih dipercaya oleh atasan dan senior kamu. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pelajaran baru dan juga pengalaman yang baru.

 

Jauhkan Hal Negatif dan Selalu Positif

Hal negatif dapat bersangkutan dengan banyak hal, salah satu contohnya adalah kebiasaan meng-gossip atau membicarakan keburukan orang lain. Jika kamu memiliki hal tersebut, sebaiknya kamu berusaha untuk menyingkirkan hal tersebut agar kamu bisa beradaptasi dengan lebih mudah. Hal buruk dapat menurunkan produktivitas kamu dan membawa dampak yang negatif untuk dirimu sendiri. Berbicara kurang sopan, berpakaian tidak sesuai tempatnya dan lainnya juga dapat menjadi hal negatif. Kamu harus berbicara sopan terhadap semua orang tanpa memandang status dan jabatan mereka. Komunikasi yang baik akan membawa kamu pada hubungan profesional dengan semua orang. Hal-hal yang positif pastinya juga akan memberikan dampak yang positif untuk kamu.

Lihat Juga: 17 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Setiap Harinya Untuk Menjadi Lebih Smart

Bagikan ke sesama!
Categories
InspirationProductivityTips & Trick
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT