Berikut 3 Cara Ide Bisnis Bisa Muncul!

Halo, Sobat FILE! Menurutmu, apa langkah pertama untuk memulai bisnis? Tentunya adalah menemukan ide bisnis yang akan kamu bangun, selain didampingi dengan motivasi, semangat, serta rasa percaya diri. Lalu,...
Berikut 3 Cara Ide Bisnis Bisa Muncul!
Berikut 3 Cara Ide Bisnis Bisa Muncul!

Halo, Sobat FILE! Menurutmu, apa langkah pertama untuk memulai bisnis? Tentunya adalah menemukan ide bisnis yang akan kamu bangun, selain didampingi dengan motivasi, semangat, serta rasa percaya diri.

Lalu, bagaimana sih cara mendapatkan ide tersebut? Marilah kita lihat 3 tipe cara menemukan ide bisnis, dilansir dari artikel oleh Dan Lewis, CEO dari Convoy Inc.

 

The Spontaneous Idea

Tipe ini merupakan ide bisnis yang kamu dapat secara spontan. Mungkin kamu sedang bekerja, atau sedang bercengkrama dengan teman-temanmu. Tiba-tiba kamu terpikirkan sebuah ide bisnis yang menurut kamu sangat cemerlang dan belum pernah terpikirkan sebelumnya. Kamu pun mencoba mencari ide bisnis yang telah kamu dapat tersebut di internet.

Setelah ditelusuri, ternyata ide ini telah ada sebelumnya. Kamu pun berpikir bahwa kamu dapat mengaplikasikan ide bisnis tersebut lebih baik dari mereka yang telah melakukannya. Setelah itu, kamu mendiskusikannya dengan beberapa teman atau kerabatmu. Kamu mulai menyadari beberapa kekurangan dari ide yang kamu miliki. Dan kamu pun mulai merasa bahwa kamu kurang mampu mengaplikasikan ide ini. Ditambah lagi jika kamu telah memiliki pekerjaan tetap, keputusan untuk membangun bisnis hanya dari ide yang kamu dapat secara spontan mungkin terasa sangat berbahaya dan not worth it.

 

The Insider Idea

Tipe yang ini adalah mungkin kamu telah bekerja selama bertahun-tahun di sebuah perusahaan dan selama bekerja, kamu menyadari ada celah atau kekurangan pada produk yang perusahaanmu produksi. Atau mungkin kamu terpikirkan fitur baru dan menarik yang sebenarnya dapat diaplikasikan pada produk tersebut. Kamu pun menyampaikan kekurangan atau ide ini pada pimpinanmu, namun tidak mendapatkan respon ataupun tindakan yang lanjut. Kamu pun berpikir untuk memperbaiki hal tersebut dengan membangun bisnismu sendiri dan memproduksi produk tersebut, namun dengan kualitas yang lebih baik dan memperbaiki kekurangan dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan dimana kamu bekerja sebelumnya.

Setelah itu, kamu akan berdiskusi dengan beberapa mitra kerjamu dan mengumpulkan informasi-informasi yang kamu butuhkan untuk memulai bisnis tersebut. Kelebihan dari tipe ini adalah, kamu sudah berpengalaman dalam bidang bisnis yang akan kamu bangun, dan telah memiliki posisi yang cukup baik untuk melakukan networking.

 

The Deliberate Idea

Pada tipe ini, kamu belum memiliki ide bisnis, namun kamu memiliki keinginan untuk memulai bisnis dan menjadi entrepreneur. Kamu mungkin sudah siap untuk berhenti dari pekerjaanmu, dan berusaha mencari ide bisnis yang tepat. Tipe yang pertama dan kedua adalah ketika orang-orang mendapatkan ide bisnis secara tidak sengaja atau tidak terencanakan sebelumnya.

Lihat Juga: Cara Meminimalkan Kegagalan Dalam Membangun Bisnis

Nah, dari sekian banyak jenis ide yang muncul tentu ada yang memikat di dirimu. Menurutmu jenis ide manakah yang muncul dari usahamu? Boleh tinggalkan komentar ya. Selamat mencari ide untuk usahamu!

Bagikan ke sesama!
Categories
Business
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT