BITCOIN: 7 FAKTA UNIK YANG PERLU KAMU KETAHUI

Kamu pastinya telah mendengar istilah Bitcoin yang sering dibicarakan belakangan ini. Istilah Bitcoin bukanlah hal yang asing lagi di telinga para tech savvy. Bahkan, para entrepreneur dan investor pun...

Kamu pastinya telah mendengar istilah Bitcoin yang sering dibicarakan belakangan ini. Istilah Bitcoin bukanlah hal yang asing lagi di telinga para tech savvy. Bahkan, para entrepreneur dan investor pun sering menjadikan Bitcoin sebagai topik diskusi. Untuk kamu yang belum mengetahui Bitcoin, sangat disayangkan bila kamu tertinggal tren yang satu ini.

Lihat Juga: Cara Mendapatkan Bitcoin

Secara singkat, Bitcoin adalah mata uang digital yang tidak dikendalikan oleh pihak manapun, baik bank maupun pemerintah. Bitcoin dibuat oleh “miners, yang menggunakan komputer dan hardware tertentu untuk memproses transaksi, mengamankan jaringan mata uangnya, dan memperoleh Bitcoin sebagai imbalannya. Bitcoin juga diyakini lebih aman digunakan dalam transaksi online. Hal ini didukung oleh Blockchain, yaitu sebuah teknologi yang mencatat transaksi cryptocurrency di dalam kasbuk digital secara publik.

Setelah 9 tahun kemunculannya, Bitcoin telah menjadi cryptocurrency dengan nilai tertinggi di dunia. Untuk mengenalnya lebih lanjut, inilah 7 fakta unik yang perlu kamu ketahui dari Bitcoin.

 

1. Penemu sebenarnya Bitcoin masih belum diketahui

Sejak awal kemunculannya pada tahun 2009, telah banyak spekulasi beredar mengenai siapa penemu sebenarnya dari Bitcoin. Satu-satunya petunjuk yang tersedia adalah pseudonym Satoshi Nakamoto dari sang kreator asli. Di tengah kebingungan ini, telah banyak pihak yang mengklaim bahwa dirinyalah sang kreator sesungguhnya. Sebut saja seorang entrepreneur dari Australia, Craig Wright, yang pada 2016 silam mengaku sebagai penemu asli dari Bitcoin. Hingga setelah ditelusuri lebih lanjut, terungkap bahwa segala argumen dan klaimnya tidak membuktikan apapun.

 

2. Transaksi pertama dengan Bitcoin

Pada tanggal 22 Mei tahun 2010 silam, seorang programmer bernama Laszlo Hanyecz membeli sejumlah Pizza dengan nilai mencapai 10.000 Bitcoin. Transaksi ini menjadi transaksi pertama yang dilakukan dengan Bitcoin. Tidak kalah mencengangkannya, mengingat 10.000 Bitcoin per Januari 2018 berada di kisaran 2 triliun Rupiah.

 

3. FBItcoin

Pemerintah Amerika Serikat pernah menjadi salah satu pemegang Bitcoin terbesar, yaitu pada tahun 2013 silam setelah FBI menutup Silk Road. Tempat dimana orang dapat membeli narkotika dan barang gelap tersebut dulunya mengantongi 144.000 Bitcoin. Setelah ditutup, FBI mengambil alih kepemilikan semua Bitcoin dari  situs dark net tersebut.

 

4. Lebih berharga daripada Disney

Pada akhir November 2017, nilai satu Bitcoin telah mencapai $10,000. Dengan jumlah yang telah beredar mencapai 16,7 juta unit, menyebabkan Bitcoin memiliki nilai keseluruhan ($167,156,585,840 per 28 November 2017) yang lebih tinggi daripada Disney, McDonald’s, bahkan IBM sekalipun.

 

5. Investasi cerdas

Salah satu investor Bitcoin yang paling ternama adalah si kembar, Cameron dan Tyler Winklevoss. Kedua lulusan Harvard tersebut pernah mengklaim bahwa Facebook kepunyaan Mark Zuckerberg sebenarnya berasal dari ide mereka. Pada tahun 2013 silam, mereka membeli 11 juta dolar Bitcoin, yang dipercayai mencangkup 1% dari seluruh Bitcoin yang ada di dunia. Ketika nilai Bitcoin mencapai 11 ribu dolar di awal Desember lalu, Winklevoss bersaudara memperoleh gelar sebagai milyarder Bitcoin pertama di dunia.

 

6. Kehilangan terbesar sepanjang sejarah

Pada awal 2014, Bitcoin mengalami kerugian yang signifikan setelah diduga terjadi peretasan pada Mt. Gox, salah satu tempat pertukaran Bitcoin. Bitcoin dengan nilai hampir mencapai 6 triliun Rupiah pada waktu itu berhasil dicuri. Setelah kejadian ini, muncul banyak pertanyaan mengenai keamanan dari mata uang digital ini.

Hal serupa juga dialami oleh investor Bitcoin lainnya, Erik Finman. Pada umurnya yang ke-14, Finman menginvestasikan seribu dolar Bitcoin, dan sekarang ia telah menjadi seorang jutawan!

 

7. Konsumsi biaya yang besar

Terdapat beberapa cara untuk memperoleh Bitcoin. Salah satunya adalah dengan melakukan mining. Proses mining membutuhkan perlengkapan khusus, serta sumber energi yang cukup besar. Hal ini menyebabkan bertambah besarnya beban energi diseluruh belahan dunia.

Bahkan, PowerCompare menyatakan bahwa Bitcoin mining telah mengkonsumsi energi listrik lebih banyak daripada 159 negara, termasuk didalamnya Irlandia dan mayoritas negara di benua Afrika. Dan sekarang, seluruh konsumsi listrik dari seluruh cryptocurrency berada dijalur peningkatan dimana diperkirakan pada 2018 ini akan lebih banyak menggunakan energi listrik dibanding keseluruhan Argentina.

 

Itulah 7 fakta unik dari Bitcoin. Di balik misteri penemunya, hingga nilainya yang luar biasa besar, Bitcoin masih hangat diperbincangkan oleh seluruh kalangan. Banyaknya pihak yang telah memperoleh keuntungan memperluas cangkupan Bitcoin ditengah masyarakat dunia. Apakah kamu sudah mulai tertarik untuk mulai berinvestasi pada Bitcoin?

Bagikan ke sesama!
Categories
BusinessFinanceKnowledge
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

advertisment
Newsletter

TERKAIT