Alasan Menunda Menabung Yang Harus Diwaspadai

Menabung merupakan sesuatu yang seharusnya dijadikan kebiasaan / hobi. Sama seperti hobi yang akan mendatangkan manfaat bagi para penggiatnya, menabung juga dapat memberikan manfaat untuk masa depan pihak penabungnya....

Menabung merupakan sesuatu yang seharusnya dijadikan kebiasaan / hobi. Sama seperti hobi yang akan mendatangkan manfaat bagi para penggiatnya, menabung juga dapat memberikan manfaat untuk masa depan pihak penabungnya.

Dengan memiliki tabungan, berarti kamu bisa menjamin hidup secara finansial untuk memenuhi kebutuhan yang bukan hanya untuk sekarang ini, tetapi juga yang akan datang.

Walaupun demikian, kesadaran untuk menabung masih sulit diterapkan oleh sebagian orang di Indonesia. Ada saja berbagai alasan yang membuat orang enggan untuk menabung.

Apabila uang hanya dijadikan sebagai pengeluaran, sebenarnya kamu sedang berada di finansial yang kurang baik.

Sama seperti bisnis, jika aset untuk berbisnis kedepannya malah mengalami penurunan dan tidak bertambah, maka bisnis kamu tidak akan bertahan lama.

Walaupun dengan menabung seakan-akan seperti “dibatasi”, tapi saat kamu memiliki banyak uang dengan pengaturan yang benar, kamu masih memiliki cadangan dari tabungan ketika uangmu habis.

Berikut 5 alasan mengapa kamu menjadi menunda-nunda untuk menabung:

1. “Saat Menabung Berarti Semuanya Terbatas”

 

Ada beberapa orang mengatakan bahwa orang yang rajin menabung adalah tipe orang yang pelit dan membosankan.

Terkesan seperti tidak dapat menikmati hidup. Makanan enak di mal, berbelanja produk fashion terbaru, hingga membeli gadget yang paling canggih tidak/jarang mereka sentuh.

Berhubungan dengan pola makan, jika hampir sebagian besar uang digunakan untuk menabung, berarti setiap harinya kita hanya bisa makan dengan menu yang sangat sederhana

Hal-hal tersebut salah besar. Yang benar adalah dengan menabung, kamu berkesempatan untuk memiliki hidup yang lebih baik dan juga lebih sejahtera. Hal yang harus dilakukan adalah mempelajari bagaimana mengelola keuangan dengan baik.

Di masa depan, anda dapat hidup dengan cara yang disuka, namun dengan budget yang masuk akal. Walaupun pendapatan tidak maksimal, namun jika ditabungkan, pendapatan tersebut akan lebih aman.

 

2. “Menabung Bisa Dilakukan Nanti, Saat Banyak Uang”

Orang sering berpikir bahwa menabung atau tidak yang lebih penting adalah kebutuhan harus terpenuhi setiap harinya. Dan berbicara soal kebutuhan, kebutuhan setiap individu tentunya berbeda.

Karena masa depan tidak bisa diprediksi secara pasti, sementara selalu ada kebutuhan yang harus terpenuhi. Sebaiknya, menabung dilakukan dari sekarang, tanpa berpikir lain waktu. Hidup tidak pasti, maka simpanlah sebagian besar uang untuk masa depan kamu.

 

3. “Saya Membutuhkan Sesuatu yang Perlu Dibeli”

Ini merupakan alasan yang sering dilontarkan orang yang menjalani hidup boros. Mengedepankan gaya hidup dibandingkan dengan pendapatan yang dimiliki. Biasanya pengeluaran akan banyak dalam hal mengisi perut.

Selalu makan di tempat yang nyaman seperti sebuah kafe dengan biaya yang rata-rata cukup tinggi dibandingkan dengan rumah makan sederhana yang sebenarnya tidak kalah jauh enaknya.

Selain itu, ke tempat fashion terbaru dan membeli pakaian yang menarik. Tabungan akan selalu habis jika keborosan ini tidak dikurangi.

4. “ Bulan Depan Akan Mendapat Uang Kembali”

Hal ini biasanya terbesit di kepala para karyawan yang bekerja di suatu perusahaan tertentu. Setiap bulannya mereka menerima gaji dengan hitungan yang stabil.

Namun karena banyaknya kebutuhan dan menjalani pola hidup yang kurang baik yaitu boros, maka gaji sebagian karyawan itu tidak pernah tersisa.

Saat habis, kamu masih merasa tenang karena bulan depan juga kamu akan mendapat gaji lagi. Dengan demikian, tentunya keinginan untuk menabung sangat dihindari.

 

5. “Sudah terlambat Bagi Saya untuk Menabung”

Menabung tidak pernah menjadi terlambat, jika orang sudah mengumpulkan banyak uang sejak dulu sampai sekarang. Namun karena tidak pernah mencoba menabung, maka apabila menabung dilakukan sebenarnya kamu akan menyadari bahwa menabung memang ada manfaatnya.

Ayo! Sisihkan Pendapatan Lebih Besar untuk Tabungan

Tidak usah berpikir panjang lagi untuk menyisihkan uang untuk ditabung ke lembaga keuangan pilihanmu.

Semakin banyak tabungan, maka kamu telah siap dengan segala risiko yang bisa terjadi pada masa yang akan datang sewaktu-waktu.

Dengan menabung kamu juga bisa mewujudkan cita-cita untuk bekal meraih kesuksesan di masa depan.

 

[Freddy]

Bagikan ke sesama!
Categories
Finance
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT