5 tips magang untuk mahasiswa tingkat akhir!

Halo, Sobat FILE! Bagi kamu seorang mahasiswa semester akhir, pasti kamu sering merasa bingung apa yang akan kamu lakukan setelah masa perkuliahan. Memiliki nilai yang bagus, belum cukup untuk...
Tempat magang

Halo, Sobat FILE! Bagi kamu seorang mahasiswa semester akhir, pasti kamu sering merasa bingung apa yang akan kamu lakukan setelah masa perkuliahan. Memiliki nilai yang bagus, belum cukup untuk diterima di perusahaan yang kamu inginkan loh! Oleh karena itu, kamu harus banyak mencari pengalaman, baik dalam bekerja maupun berorganisasi, agar bisa menjadi bukti bahwa kamu dapat mengimplementasikan ilmu yang kamu punya. Magang sendiri akan memberikan kalian kesempatan untuk mencoba menerapkan ilmu atau kemampuan yang kalian miliki, ke dunia professional sembari didampingi oleh orang yang sudah berpengalaman loh! Oleh karena itu, FILE sudah merangkum beberapa tips agar kamu bisa mendapatkan perusahaan magang yang tepat! Tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung kita simak kelima tips film magang ala FILE!

 

        1. Tentukan Tujuan Magang

tujuan magang

Tentukan tujuan magang kamu!

Kesalahan yang paling sering dilakukan sebagai mahasiswa tingkat akhir adalah, tidak mengetahui tempat magang yang sesuai dengan tujuannya. Sebagai contoh, banyak mahasiswa yang kecewa ketika magang, karena tempat magangnya tidak sesuai dengan harapan yang mereka kira. Oleh karena itu, tentukan tujuan magang kalian terlebih dahulu, baru kalian dapat memilih perusahaan yang dapat sesuai dengan tujuan kamu Sobat FILE! Jadi, jangan tergesa-gesa ketika hendak memilih perusahaan yang kalian inginkan ya!

 

        2. Konsultasi dengan Dosen atau Kakak tingkat

Konsultasi magang

Konsultasi magang kepada dosen ataupun kepada kating

Tidak bisa dipungkiri, kakak tingkat sudah melewati proses magang yang akan kita lalui. Serta, dosen merupakan orang-orang yang telah membantu banyak mahasiswa untuk mencari magang. Oleh karena itu Mereka pasti memiliki tips dan pengalaman yang menarik ketika melakukan proses pemilihan tempat magang. Maka, sebaiknya kamu  gali sebanyak-banyaknya informasi yang bisa kalian dapatkan dari kakak kelas maupun dosen kalian. Kalian bisa mulai dengan pertanyaan seperti perusahaan apa yang cocok untuk jurusan kalian, Apa yang harus dipersiapkan saat wawancara magang, Perusahaan apa saja yang bekerjasama dengan universitas kalian, atau bagaimana cara mempersiapkan CV dan portofolio yang baik untuk magang.

 

        3. Kumpulkan Informasi tentang Perusahaan yang kamu       

             inginkan

Kumpulkan informasi perusahaan

Kumpulkan informasi pada perusahaan magang yang kamu incar!

Terkadang, banyak mahasiswa yang tidak melakukan riset terlebih dahulu terhadap perusahaan yang ia lamar. Padahal banyak sekali aspek-aspek yang perlu kalian gali terlebih dahulu, agar kalian bisa bekerja dengan nyaman. Salah satu contoh aspek yang harus kalian cari adalah, bagaimana lingkungan kerja dari perusahaan tersebut, bagaimana cara perusahaan tersebut bekerja, Apa yang perusahaan itu kerjakan, dan masih banyak lagi. Kalian bisa mulai mencarinya di internet atau menanyakannya kepada kerabat sebelum menentukan akan melamar pada perusahaan tersebut atau tidak. Proses ini tidak hanya berguna untuk kenyamanan kerja kalian, tetapi juga untuk proses wawancara kerja kalian, karena tidak jarang pewawancara menanyakan tentang pengetahuan kita terhadap perusahan mereka.

 

        4. Persiapkan Dokumen yang diperlukan

Dokumen magang

Persiapkan dokumen untuk kamu magang

Dokumen juga merupakan hal yang penting untuk kalian para pelamar magang, Persiapkan CV (Curriculum Vitae), Portofolio, dan juga Transkrip nilai kalian. Biasanya ini merupakan dokumen-dokumen yang diperlukan oleh kebanyakan perusahaan. Siapkan terlebih dahulu agar kalian bisa memberikan dokumen kalian dengan baik.

 

        5. Make over” media sosial kalian

Rubah isi sosial media kamu!

Ubah isi sosial media kamu!

Banyak mahasiswa yang tidak sadar bahwa media social mereka masih berantakan. Dengan media sosial yang tertata rapi, kalian bisa memberikan image yang baik kepada perusahaan loh! Tidak jarang juga calon karyawan magang yang menaruh portfolio mereka pada media sosial. Jadi manfaatkan lah media social kalian dengan sebaik mungkin ya Sobat FILE!

Nah, Sobat FILE! berikut 5 tips yang bisa kamu terapkan sebelum kalian mencari magang. Magang bisa jadi titik penting di kehidupan karir kalian loh! Bagi kamu yang ingin mempersiapkan portofolio kamu untuk magang bisa dicek disini. Jika Sobat FILE memiliki tips untuk mendapatkan magang yang sesuai, Yuk, bagikan tips ala kamu di kolom komentar!

 

Bagikan ke sesama!
Categories
Productivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT