4 Cara Untuk Membuatmu Makin Percaya Diri

Tanyakan kepada setiap pengusaha sukses apa kunci sukses mereka, dan ketahuilah bahwa percaya diri termasuk dalam salah satu kunci sukses mereka. Itu karena pengusaha harus berhubungan dengan orang banyak,...

Tanyakan kepada setiap pengusaha sukses apa kunci sukses mereka, dan ketahuilah bahwa percaya diri termasuk dalam salah satu kunci sukses mereka. Itu karena pengusaha harus berhubungan dengan orang banyak, mengambil risiko tanpa keraguan, menjadi seorang pemimpi. Beberapa kriteria di atas memerlukan yang namanya percaya diri.

Kepercayaan terhadap diri bukan bawaan lahir, melainkan dapat dicapai melalui usaha dan niat yang kuat. Berikut adalah empat cara untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu.

1. Singkirkan Hidup Kamu dari Segala Hal Negatif

Jika kamu ingin hidup, hiduplah penuh sukacita dan positif, jangan pernah mengelilingi diri kamu dengan orang-orang negatif yang tidak membuatmu bahagia. Di hidup ini, pasti selalu ada orang yang menyebarkan kenegatifan ke kamu untuk menjatuhkanmu lagi dan lagi. Jangan biarkan orang-orang ini untuk menghilangkan kepercayaan diri kamu. Cobalah untuk menjauhkan diri dari orang yang tidak baik untuk kamu ataupun bisnis kamu.

 

2. Atur Hidup Kamu Sendiri

Buatlah peta jalan yang jelas di mana kamu berada saat ini, ke mana kamu ingin pergi, dan bagaimana menuju ke tempat. Hal ini akan membuamu lebih percaya diri dalam menjalankan setiap keputusan dan tindakan yang ada. Menuliskan tujuan kamu dalam bentuk to-do list harian, jadwal tugas mingguan, laporan kemajuan bulanan bisnis kamu, dan rencana bisnis tahunan kamu.

Dengan adanya pencatatan tersebut maka kamu akan lebih percaya diri pada kamu yang sekarang, karena kamu akan menyadari betapa jauh kamu telah melangkah dari waktu itu. Mempunyai catatan jelas itu penting, karena memberikan bukti bahwa kamu sudah maju, langkah demi langkah maju untuk mengejar visi kamu.

 

3. Jaga Kesehatan

Berhasil dalam bisnis memerlukan kerja keras, dan itu membutuhkan energi. Tingkatkan energi kamu dengan memperhatikan hal-hal penting: diet, latihan, dan istirahat. Makan makanan bergizi seimbang akan membuatmu merasa segar tiap saat dan selalu siap untuk tantangan apapun. Lakukanlah olahraga rutin untuk mengisi waktu luang kamu, baik yang kamu lakukan sendiri atau dengan teman-teman kamu. Pastikan kamu cukup tidur sesering mungkin sehingga kamu akan selalu bangun pagi dengan tubuh yang segar.

 

4. Latihan Berpose

Berikut ini adalah sesuatu yang dapat kamu lakukan detik ini juga yang akan membuatmu merasa lebih percaya diri. Ahli psikolog sosial Amy Cuddy menemukan bahwa kita dapat merasa lebih baik tentang diri kita sendiri hanya dengan mengubah posisi berdiri kita.

Nah, yang perlu kamu lakukan adalah kamu harus sering latihan untuk berpose layaknya seorang “jagoan”. Untuk jelasnya, ambil 5 menit di tiap pagimu untuk berpose depan cermin, untuk meningkatkan rasa percaya diri. Busungkan dada kamu, berdiri tegak, dan cobalah untuk berbicara dengan gerak gerik untuk menunjukkan kewibawaanmu.

Jika latihan ini kamu jalanini secara teratur, maka kamu akan lebih percaya diri dan lebih memahami potensimu yang sesungguhnya, yang kemudian akan bermanfaat bagi bisnis maupun kehidupan kamu.

 

Keyakinan adalah aset kamu yang paling penting, jadi jangan tunda. Ambil tindakan detik ini juga untuk mulai merasa lebih percaya diri.

Bagikan ke sesama!
Categories
Productivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT