3 Cara Ampuh Mendapatkan Kerja Secara Mudah

Banyak teman-teman di sekitar kita yang mungkin merasa clueless ketika mulai ingin memasuki dunia kerja setelah lulus kuliah. Mendapatkan kerja impian merupakan hal yang sulit. Hal ini didukung dengan...

Banyak teman-teman di sekitar kita yang mungkin merasa clueless ketika mulai ingin memasuki dunia kerja setelah lulus kuliah. Mendapatkan kerja impian merupakan hal yang sulit. Hal ini didukung dengan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2016 yang mengungkap jumlah pengangguran di Indonesia mencapai lebih dari 7 juta orang!

Banyak pertanyaan yang sering muncul di kepala kita ketika memikirkan tentang mencari kerja seperti:

  • Ke mana saya harus apply job?
  • Bagaimana saya tahu perusahaan sedang membuka lowongan kerja?
  • Apa saja lowongan kerja yang sedang di buka oleh perusahaan?
  • Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Tapi ternyata, pertanyaan-pertanyaan ini sangatlah mudah dijawab karena sebenarnya banyak sekali jalan atau cara untuk mendapatkan kerja.

Pada artikel ini kami akan membahas 3 cara ampuh agar kamu langsung mendapatkan kerja setelah lulus kuliah (bahkan pada saat masih kuliah!)

 

1. Riset Melalui Linkedin

Cara pertama yang paling mudah adalah melalui Linkedin. Linkedin merupakan social media yang bertujuan untuk mempertemukan orang-orang di dunia profesional dalam satu platform.

Banyak lowongan kerja yang dipublikasikan oleh perusahaan di Linkedin. Sehingga jika kamu ingin mendapatkan kerja melalui cara ini, segera buat account Linkedin-mu dan pastikan juga buat profilmu menarik para perusahaan di sana!

Mendapatkan kerja

Contoh Job Vacany di Linkedin

 

2. Melalui Situs Yang Menyediakan Lowongan Kerja

There are tons of them!

Pada tahun 2016 ini semakin banyak situs-situs baru yang muncul dengan tujuan membantu kamu untuk mencari kerja secara online. Yang hanya kamu butuhkan hanyalah koneksi internet dan design CV yang menarik.

(Anyway, Pada bulan Mei ini kamu bisa mengikuti Workshop Creative CV yang akan membuat CV kamu jauh lebih menarik dan powerful di mata perusahaan loh)

Berikut ini kami akan memberikan beberapa situs-situs yang menyediakan informasi lowongan kerja untukmu:

  1. Qerja
  2. Karejo
  3. JobStreet
  4. Jobsdb

Baca juga artikel 13 Situs Lowongan Kerja Terpopuler di Indonesia agar kamu memiliki lebih banyak referensi untuk mencari kerja.

 

3. Mendapatkan kerja melalui Job Fair di sekitarmu

Menurut kami mengikuti Job Fair merupakan cara terbaik untuk mengetahui dan mendapatkan kerja yang kamu inginkan, sebab banyak sekali benefit yang bisa kamu rasakan saat mengikuti Job Fair seperti:

  1. Kamu dapat berinteraksi langsung dengan berbagai perwakilan perusahaan.
  2. Berkenalan dengan Job Seekers lainnya untuk memperluas network­-mu.
  3. Sebagian besar job fair menyediakan booth untuk walk-in interview dengan perusahaan, sehingga kamu bisa langsung interview pada saat itu.

Walaupun banyak benefit yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti job fair, ada beberapa hal yang perlu diingat ketika datang ke Job Fair:

  1. Pastikan kamu memakai pakaian yang sopan dan formal.
  2. Bawalah CV yang menarik dalam bentuk softcopy dan hardcopy.
  3. Buatlah business card yang menarik untuk diberikan kepada perwakilan perusahaan.
  4. Riset tentang perusahaan-perusahaan yang hadir di Job Fair.

(Baca juga bagaimana kamu bisa meyakinkan perusahaan impianmu untuk menerima kamu lewat Job Fair di sini)

Banyak sekali event Job Fair yang dilaksanakan di Jakarta, bahkan hampir setiap bulan selalu diselenggarakan event Job Fair. Yang paling terdekat adalah BNCC Techo Fair pada tanggal 25 Mei – 2 Juni 2016 di Kampus Binus Anggrek, Kemanggisan.

Mendapatkan kerja

BNCC Techno Fair

Event BNCC Techno Fair ini terbagi menjadi 3 rangkaian acara yang meilputi:

1. Workshop Creative CV

Pada Workshop yang akan dibawakan oleh speaker yang langsung didatangkan dari perusahaan ini kamu dapat mempelajari bagaimana cara membuat CV yang menarik dan mengetahui apa saja yang kamu perlukan di dalam CV-mu sehingga nantinya CV-mu jauh lebih menarik dibandingkan orang lain di hadapan perusahaan impianmu!

2. Seminar Technology for Business

Tentunya kamu pasti merasakan jika perusahaan teknologi berkembang sangat pesat sampai hari ini. Nah pada seminar ini, kamu bisa mendapatkan insight yang sangat banyak dari speakers yang hadir yaitu Winston Utomo, CEO of IDNTimes dan Zakka Fauzan Muhammad, Head of Product of Bukalapak tentang bagaimana cara membangun perusahaan startup ataupun teknologi yang sedang berkembang di Indonesia saat. Penasaran banget kan apa saja yang akan mereka bicarakan?

3. Techno Job Expo

Pada Job Fair ini, akan hadir 32 perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan akan membuka lowongan kerja bagi teman-teman yang ingin berkarir di perusahaan teknologi. Banyak perusahaan startup yang akan hadir seperti Sociolla, KUDO, ASUS, Valuklik, dan masih banyak lagi perusahaan yang siap menerima kamu untuk bergabung di perusahaan mereka.

Oleh karena itu, pastikan kamu datang membawa CV dalam bentuk softcopy dan hardcopy serta jangan lupa untuk berpakaian rapi ya!

Kunjungi juga website BNCC Techno Fair untuk informasi lebih lanjut.

Bagikan ke sesama!
Categories
Event NewsProductivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT