9 Website Untuk Mahasiswa yang Mau Uang Tambahan

Menjadi seorang freelancer adalah hal yang banyak dilakukan mahasiswa sekarang ini. Mengasah skill profesional sejak awal merupakan hal yang penting untuk mahasiswa karena akan sangat berguna untuk karir mereka...
FILE Magz
FILE Magz

Menjadi seorang freelancer adalah hal yang banyak dilakukan mahasiswa sekarang ini. Mengasah skill profesional sejak awal merupakan hal yang penting untuk mahasiswa karena akan sangat berguna untuk karir mereka kedepannya. Pengalaman-pengalaman dan portofolio yang telah dilalui akan menjadi nilai tambah di dalam CV mereka ketika lulus dan mencari pekerjaan. Pekerjaan freelance ini merupakan bisnis yang menguntungkan kedua belah pihak. Para freelancer akan sangat senang mendapat proyek-proyek dari perusahaan untuk menambah pengalaman mereka dan perusahaan juga dapat meminimalisir budget mereka dengan meng-hire freelancer.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, banyak developer dan pebisnis teknologi yang memanfaatkan hal ini. Munculnya startupstartup berfungsi untuk menjadi platform bagi mahasiswa freelancer untuk mendapatkan proyek atau pekerjaan. Berikut ini 5 website yang menghubungkan freelancer dengan perusahaan di berbagai negara dan berbagai bidang.

 

1. Guru Privat

Website ini memiliki daftar guru privat yang ada di Indonesia. Setelah para pengguna mendaftar di website ini, mereka dapat mencari guru yang sesuai dengan kriteria mereka. Tidak hanya itu, semua orang juga bisa mendaftar untuk menjadi guru privat disini. guruprivat.com sangat cocok untuk mahasiswa yang ingin mengasah kemampuan mengajar mereka dan mendapatkan uang tambahan.

 

2. UpWork

Platform UpWork ini berisi tentang informasi-informasi pekerjaan di berbagai macam bidang seperti web developer, mobile developer, sales, marketing, designer, customer service dan masih banyak lagi. Dikarenakan banyaknya kemampuan yang dibutuhkan di website ini, kamu dapat menemukan banyak macam proyek dari yang berjangka pendek sampai yang berjangka panjang.

 

3. Freelance Writing Gigs

Freelance Writing Gigs merupakan tempat untuk para mahasiswa yang memiliki hobi menulis. Disini mereka dapat bertemu dengan editor, blogger, penulis, sampai penerbit yang akan memberikan brief tulisan secara real time agar mereka dapat belajar dan menjadi penulis yang lebih baik lagi.

 

4. 99 Designs

Website yang satu ini cocok untuk mahasiswa yang suka di bagian design. Di sini, tersedia banyak macam kategori untuk desain seperti logo, website, tas dan bahkan tato. Setiap klien di website ini akan memberikan revisi terhadap desain yang telah mereka request dengan cepat sehingga para designer akan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik.

 

5. Leaf Group

Website ini adalah platform untuk seseorang yang punya keahlian di dalam kreatifitas berbagai hal. Terdapat banyak bidang pekerjaan seperti fotografi, desain, tulisan, dan masih banyak lagi. Website ini terhubung dengan perusahaan-perusahaan besar di dunia dan memiliki tips-tips dalam bekerja untuk menambah wawasan.

 

6. College Recruiter

Website yang satu ini diperuntukan bagi kamu yang akan lulus atau baru saja lulus kuliah. Platform ini memiliki fitur untuk mahasiswa mengunggah portofolio dan CV untuk membuat proses mencari dan projek pekerjaan menjadi lebih mudah.

 

7. iFreeLance

Website iFreeLance hampir mirip dengan situs untuk freelancer lainnya secara keseluruhan. Namun, yang menjadi keunggulan dari iFreeLance adalah freelancer dapat menerima 100% dari projek yang mereka kerjakan tanpa dipotong biaya apapun atau pajak.

8. Project4Hire

Project4Hire menyediakan beragam kategori pekerjaan yang sesuai dengan spesifikasi para freelancer. Semakin spesifik informasi yang freelancer berikan maka akan semakin mudah perusahaan menemukan mereka untuk mengerjakan proyek.

 

9. Toptal

Website ini merupakan platform yang lebih serius untuk para freelancer karena banyak ratusan freelancer profesional di sini. Setelah mendaftar, para freelancer harus melewati tahap seleksi untuk bisa masuk di Toptal. Seleksinya tidaklah mudah tapi jika diterima, banyak perusahaan besar yang ingin mengontrak mereka.

Categories
Business

RELATED BY