5 Ekstensi Chrome untuk Meningkatkan Produktivitasmu Ketika Berselancar di Internet

Kamu sering tidak duduk di depan komputer atau laptop lalu kamu berjanji kepada diri kamu sendiri bahwa kamu ingin produktif? Tetapi secara tidak sadar 3 jam, 4 jam, 5...

Kamu sering tidak duduk di depan komputer atau laptop lalu kamu berjanji kepada diri kamu sendiri bahwa kamu ingin produktif? Tetapi secara tidak sadar 3 jam, 4 jam, 5 jam di depan komputer, lebih dari setengah waktu yang kamu habiskan itu, malah kamu gunakan untuk melihat social media dan berita online.

Semua itu ternyata sudah bisa diatasi dengan tools-tools. Kali ini FILE membawa kamu pada Chrome, tepatnya browser Google Chrome, untuk membantu kamu meningkatkan produktivitas kamu dalam berselancar di internet.

 

1. Mengatur Jadwal Menggunakan Momentum

source : OMG! Chrome!

Sering tidak kamu bingung menentukan prioritas mana yang harus kamu kerjakan lebih dahulu, mana yang menjadi fokus kamu hari ini? Untuk itu kamu perlu mencoba Momentum. Ekstensi Chrome yang berbentuk dashboard. Dimulai dengan jam, perkiraan cuaca, wallpaper yang indah, kata-kata quotes yang memotivasi hingga to-do list yang membantu kamu untuk menghindari multitasking yang dapat memecah fokus kamu.

Cukup registrasi dengan sekali klik lalu masukkan saja yang menjadi fokus utama kamu hari ini, lalu masukan to-do list kamu di sebelah kanan bawah pada new tab kamu, ketika selesai cukup ceklis, dan kamu bisa memasukkan kegiatan berikutnya sesuka kamu.

 

2. Fokuskan Dirimu dengan Gamification Forest

Untuk kamu yang suka kehilangan fokus di tengah produktivitas kamu, misalnya secara sadar ataupun tidak sadar menghabiskan waktu dengan membuka social media, dan hal lain yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan produktivitas kamu. Solusinya adalah Forest, ekstensi yang mengombinasikan timer Pomodoro bernuansa site blocker, dan gamification.

Sambil kamu beraktivitas, kamu memiliki 25 menit untuk menanam sebuah pohon dimana pohon tersebut bergantung kepada kita untuk menahan diri membuka website-website yang telah kamu masukkan ke dalam daftar hitam yang dapat mengganggu fokus kamu. Buat kamu yang berhasil menahan diri, pohon tersebut akan bertumbuh menjadi indah. Sebaliknya, jika kamu tidak berhasil fokus, pohon tersebut akan berahkir layu bahkan mati.

Kamu dapat mengintegrasikan ekstensi Forest pada Chrome kamu ini dengan perangkat Android, iOS, dan Windows Phone untuk mendapatkan fitur menarik lainya. Untuk versi premium-nya, setiap kamu berhasil fokus, kamu dapat membantu orang lain dengan memungkinkan kamu untuk menanam pohon sungguhan di Afrika.

 

3.Hindari Not Responding dengan The Great Suspender

Buat kamu yang berproduktivitas dengan membuka banyak program dan tab sekaligus pada browser kamu, pasti pernah mengalami komputer melambat hingga program atau aplikasi yang kamu gunakan menjadi not responding, dan sementara menunggu akhirnya malah menghentikan produktivitas kamu.

Untuk menghindarinya kamu bisa menggunakan The Great Suspender. Ekstensi pada Chrome ini akan membantu kamu membebaskan RAM dengan cara menonaktifkan tab yang sedang tidak kamu buka dengan waktu tertentu yang bisa kamu atur agar tidak mengonsumsi RAM kamu. Untuk mengaktifkannya kembali, kamu cukup kembali mengakses tab tersebut dan klik pada layar tersebut untuk melakukan reload. Jadi, jangan khawatir lagi ketika kamu membuka banyak tab. Komputermu tidak akan melambat hingga not responding.

 

4. Permudah Mengelola Email dengan Checker Plus

Apakah kamu tipe orang yang beraktivitas dengan menggunakan  banyak email sekaligus? Juga mengalami kesulitan menjaga fokus karena email pada kotak masuk berantakan, dan bukan tidak mungkin email penting jadi tidak bisa terlihat? Checker Plus dapat membantu kamu mengelola email yang kamu miliki tanpa harus membuka aplikasi atau halaman web dari email tersebut untuk membalas, menghapus, dan menyimpan pesan.

Dengan Checker Plus kamu tidak perlu khawatir kebingungan dengan banyaknya email yang kamu miliki. Kamu dapat mengatur notifikasi, shortcut keyboard, bahkan tampilan dari Checker Plus itu sendiri dapat membantu kamu lebih fokus dengan aktivitasmu ketika menggunakan email.

 

5. Simpan Bookmark Kamu Dalam Pocket

Sering menyimpan berbagai website buat kamu jadikan referensi produktivitasmu dalam bookmark? Pocket memberikanmu kemudahan untuk menyimpan seluruh informasi dalam 1 halaman website tanpa kamu harus mencarinya dari history atau bookmark pada browser kamu.

Cukup dengan mengklik tombol Pocket maka website tersebut akan tersimpan, dan itu dapat diintegrasikan dengan perangkat smartphone kamu, baik Android ataupun iOS sehingga memudahkan kamu untuk menyimpan dan mengakses setiap website yang kamu simpan.

 

[Apolos Avrialdo]

Categories
ProductivityTech Corner

RELATED BY