Strategi Brand Saat Ini : 4 Cara Bangun Bisnis dari Awal

Halo Sobat FILE! Kamu pasti sering menemui hal ini dimana-mana, ya, brand, alias merk atau citra yang melekat pada sesuatu baik itu sebuah produk, perusahaan maupun bisnis.  Nah, yang akan...
strategi brand

Halo Sobat FILE! Kamu pasti sering menemui hal ini dimana-mana, ya, brand, alias merk atau citra yang melekat pada sesuatu baik itu sebuah produk, perusahaan maupun bisnis.  Nah, yang akan dibahas kali ini adalah strategi brand seperti apa yang tepat untuk kamu dalam membangun sebuah bisnis. Banyak orang khususnya pembisnis masih menemui kesulitan dalam memahami brand dan seberapa pentingnya itu saat mulai membangun bisnis. Brand sendiri bukan hanya sebuah merk, karena bisa dibilang brand merupakan satu kesatuan yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan. 

Berikut FILE menyiapkan pembahasan mengenai 5 strategi untuk membangun brand bisnis kamu dari awal, yuk simak di bawah ini!

1. Tentukan Fokus dan Karakteristik Brand 

Menentukan fokus brand kamu merupakan sesuatu yang sangat penting karena akan sangat berpengaruh untuk membangun brand tersebut. Setelah itu, perlahan fokus tersebut pun akan membantu menciptakan karakteristik brand. Salah satu cara untuk menentukan karakteristik sebuah brand adalah dengan memperlakukannya seperti manusia.

Kamu sebagai pemilik bisnis perlu mempertimbangkan hal-hal seperti :

  • Seperti apa penampilan visual brandnya? 
  • Karakter brand seperti apa yang dapat membuat target audiens tertarik?

Hal-hal tersebut akan menentukan brand voice di media sosial atau jaringan internet lain yang brand kamu punya nantinya, sekaligus menentukan seperti apa penampilannya dari segi digital creative, baik itu desain maupun tulisan.

2. Spesifikkan Audience-mu

Bila kamu membangun sebuah brand, kepada siapa kamu tunjukkan produk tersebut? Kamu juga bisa menganalisa kompetitor yang menjual produk yang mirip sehingga kamu dapat mempelajari siapa audiens yang akan kamu targetkan

Ada banyak cara yang dapat membantu , antara lain:

  • Manfaatkan Google dengan menggunakan kata kunci pencarian yang berhubungan dengan produk yang kamu jual atau kategori produk dan analisa setiap kompetitor yang muncul di hasil pencarian tersebut.
  • Cari informasi sebanyak-banyaknya lewat forum maupun website.
  • Berbicaralah dengan orang-orang yang termasuk kriteria target audiens kamu dan tanyakan mereka mengenai brand apa yang menjadi preferensi mereka.
  • Menganalisis akun media sosial yang relevan dengan brand yang ingin kamu bangun dan cari tahu demografis orang-orang yang mengikutinya. 

3. Manfaatkan Sosial Media 

Menurut penelitian, ada sekitar 88,1 juta orang di Indonesia yang menggunakan internet secara aktif untuk sosial media mereka. Bisnis melalui sosial media pun semakin meraup untung apalagi Indonesia penduduknya sangat rajin mengakses internet. Jumlah itupun diperkirakan akan semakin bertambah setiap tahunnya. Dan jika kamu tidak memanfaatkan kesempatan ini, kamu akan kehilangan kesempatan untuk menambah jangkauan brand bisnis.

Sosial media merupakan cara terbaik untuk meningkatkan engagement dengan customer kamu. Untuk membangun brand bisnis lewat social media pun tidak membutuhkan biaya sepersenpun (kecuali kamu ingin menggunakan iklan untuk menargetkan customer di segmen tertentu). Karena yang dibutuhkan hanya bagaimana kamu mendeliver konten dengan baik.

4. Terus Berkembang

Membangun sebuah brand tidak boleh berhenti dan tetap konsisten. Kamu akan terus membentuk dan menumbuhkan brand setiap kali mendapatkan pelanggan baru dan mempelajari siapa mereka serta bagaimana caranya berinteraksi dengan mereka untuk meningkatkan engagement. 

Perlu disadari bahwa kamu harus menerima kenyataan bahwa kamu tidak akan pernah memiliki 100% kendali tentang bagaimana orang-orang mempersepsikan brand kamu. 

Oleh karena itu, jagalah reputasi brand di pasaran, terutama di hadapan pelanggan setia, sehingga kamu mampu menciptakan basis pelanggan yang loyal terhadap brand tersebut. 

Bagaimana Sobat FILE? Dengan begitu, kamu sudah tahu langkah-langkah apa saja yang perlu Anda jalani untuk membangun brand bisnis dari awal. Ayo mulai untuk membangun bisnis kamu sendiri!

Lihat Juga : 7 Tips Membuat Logo Bisnis yang Berkesan

Bagikan ke sesama!
Categories
Business
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia

    September 25 - September 26

TERKAIT