5 Rekomendasi Chrome Extension untuk Mahasiswa

Hai Sobat FILE! Kebanyakan dari kita pasti menggunakan Google Chrome sebagai browser utama kita dalam kehidupan sehari-hari. Kamu juga pasti tahu kalau di Google Chrome ada fitur yang bernama extension...

Hai Sobat FILE! Kebanyakan dari kita pasti menggunakan Google Chrome sebagai browser utama kita dalam kehidupan sehari-hari. Kamu juga pasti tahu kalau di Google Chrome ada fitur yang bernama extension plug-in atau lebih familiar dikenal sebagai chrome extensionChrome extension sendiri punya beragam jenis extension untuk setiap website yang berbeda, mulai dari extension untuk website tertentu seperti Youtube hingga extension yang dapat digunakan di website manapun.

Nah, kali ini, FILE punya beberapa rekomendasi chrome extension yang bakal berguna banget buat kamu untuk mengerjakan tugas ataupun untuk sekedar browsing! Yuk, langsung kita cek daftar extension-extension di bawah ini!

Grammarly

Grammarly, rekomendasi chrome extension untuk mahasiswa

Grammarly (Sumber: chrome.google.com)

Chrome extension yang satu ini bakal berguna banget buat kamu yang sering menulis ataupun sekedar untuk re-check grammar tulisan kamu. Eits, tapi harus kamu ingat ya bahwa Grammarly ini digunakan untuk pengecekan grammar bahasa Inggris, jadi belum bisa mengecek grammar tulisan kamu yang berbahasa Indonesia.

Cara kerja Grammarly ini tidak hanya sekedar mengecek dan mengubah loh, Sobat FILE. Grammarly akan meng-highlight tulisan kamu yang typo ataupun tidak sesuai grammar, lalu kamu bisa memilih untuk mengikuti anjuran Grammarly atau tidak. Jadi, kamu bisa sambil belajar grammar bahasa Inggris yang baik dan benar sambil mengoreksi kerjaan atau tugas kamu!

Untuk meng-install chrome extension Grammarly, kamu tinggal klik di sini ya!

Cite This For Me

Cite This For Me, rekomendasi chrome extension untuk mahasiswa

Cite This For Me (Sumber: chrome.google.com)

Rekomendasi chrome extension yang selanjutnya bakal jadi penyelamat kamu kalau kamu mendapat tugas atau kerjaan makalah yang butuh daftar pustaka. Terutama untuk kita yang masih belum hafal penulisan referensi secara APA style, Harvard style, dan style lainnya, Cite This For Me bagaikan jalan pintas super praktis!

Sambil browsing, kamu bisa langsung mengambil referensi dengan menggunakan chrome extension ini. Kamu bisa menggunakannya dengan meng-klik shortcut yang terdapat di pojok kanan atas Google Chrome kamu, kemudian kamu dapat memilih style referensi yang kamu inginkan. Setelah itu, Cite This For Me juga akan memberikan preview referensi yang kamu pilih, dan kamu tinggal menggunakannya deh! Lumayan menghemat waktu kamu untuk daftar pustaka ataupun paper yang harus disertai referensi, ‘kan?

Untuk meng-install chrome extension Cite This For Me, kamu bisa klik di sini ya!

GoFullPage

GoFullPage (Sumber: chrome.google.com)

Rekomendasi chrome extension yang satu ini berguna banget buat kamu yang mau mengambil screenshot suatu website ataupun konten kerjaan kamu! Sistem kerjanya mirip dengan long screenshot di smartphone, tetapi yang satu ini khusus untuk browser

Dengan sekali klik, kamu dapat meng-screenshot satu halaman penuh website tanpa harus repot! Setelah itu, kamu bisa men-download hasil screenshot tersebut dalam bentuk PNG ataupun PDF. Sayangnya, untuk fitur crop dan screenshot edit, kamu hanya bisa menggunakannya apabila kamu menggunakan versi premiumnya.

Meskipun begitu, fungsi gratis dari chrome extension ini sudah cukup membantu ‘kan? Sisanya bisa kamu edit sendiri menggunakan fitur dari PC/Laptop kamu untuk urusan cropping dan lain-lain.

Untuk meng-install chrome extension GoFullPage ini, bisa kamu klik di sini ya!

Save as PNG

Save as PNG (Sumber: chrome.google.com)

Chrome extension Save as PNG bakal berguna buat kamu yang banyak mengerjakan tugas atau kerjaan seputar gambar atau referensi. Kamu pasti bete banget ‘kan kalau lagi mau mengambil referensi untuk sekedar dikirim ataupun untuk bikin moodboard, lalu ternyata gambarnya nggak bisa kamu save? Nah, rekomendasi chrome extension yang satu ini akan jadi penyelamat kamu, Sobat FILE!

Salah satu kelebihan chrome extension ini nggak terbatas pada kemampuannya untuk menyimpan gambar tertentu aja lho! Gambar yang di-save juga akan tersimpan dalam bentuk PNG, yakni file type memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan JPEG/JPG. Namun, perlu diingat ya, kalau kamu menggunakan gambar itu di karyamu, jangan lupa perhatikan copyright dan jangan lupa berikan credit pada pemilik/pencipta gambar tersebut!

Untuk link install chrome extension Save as PNG ini, sudah FILE cantumkan di sini ya!

AdBlock

AdBlock (Sumber: chrome.google.com)

AdBlock berfungsi untuk menghilangkan pop-up ads yang sering muncul saat kita membuka website tertentu. Pastinya kita akan merasa terganggu ‘kan ketika berkunjung ke suatu website yang terus-menerus memunculkan pop-up ads setiap kita mengklik sesuatu? Banyaknya ads ketika sedang browsing sudah menjadi salah satu hal yang paling dibenci orang-orang, apalagi kalau ads-nya menghalangi konten yang sedang kita baca. Nah, AdBlock ini bisa menjadi solusi jitu supaya konten-konten di layar Chrome kamu nggak terhalang oleh ads yang super nyebelin!

Sekedar informasi, kebanyakan ads tersebut sebenarnya dapat membawa keuntungan bagi website yang memberikan informasi ataupun konten secara gratis. Jadi, kalau jumlah ads yang muncul di suatu website tidak terlalu mengganggu, matikan Adblock kamu untuk men-support website-website tersebut ya!

Untuk meng-install chrome extension Adblock, kamu bisa klik di sini ya!

 

Nah, itulah lima rekomendasi chrome extension dari FILE untuk kamu para mahasiswa! Semoga extension-extension di atas betul-betul bermanfaat dan dapat membantu kamu ya! Semoga dengan rekomendasi chrome extension dari FILE, kerjaan kamu jadi lebih mudah dan kamu bisa jadi lebih produktif! 

Kalau ada teman kamu yang harus tau lima chrome extension ini, jangan lupa share artikel ini untuk mereka ya! Happy working, Sobat FILE!

Bagikan ke sesama!
Categories
Tech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT