fbpx

Seberapa Pentingnya Sih Skill IT di Era Digital?

Halo, Sobat FILE! Di era digital seperti sekarang ini, siapa sih yang tidak mengenal teknologi? Teknologi bahkan sudah menjadi bagian erat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Buktinya,...
Seberapa Penting Sih Skill IT di Era Digital?

Halo, Sobat FILE! Di era digital seperti sekarang ini, siapa sih yang tidak mengenal teknologi? Teknologi bahkan sudah menjadi bagian erat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Buktinya, banyak atau bahkan hampir semua perusahaan sudah mulai beralih ke dunia digital. Sebagai contoh, munculnya perusahaan-perusahaan startup, sampai memulai berbisnis dengan media sosial. Pastinya semua ini tidak akan bisa terjadi tanpa adanya campur tangan dari teknologi ya.

Sebagai contoh, pada sekitar awal tahun 2000an, ponsel bukan merupakan suatu hal yang mudah untuk didapatkan. Kalau kamu ingin menelpon seseorang saja, kamu harus pergi ke warung telepon (WARTEL) terlebih dahulu. Namun, siapa sangka kalau sekarang kita bisa menelpon orang bahkan dari tempat tidur? Dari contoh tersebut, dapat dibuktikan bahwa perkembangan teknologi melaju dengan sangat cepat.

Pesatnya perkembangan teknologi pastinya tidak terlepas dari kemampuan di bidang IT ya, Sobat FILE. Nah, pentingnya skill IT di masa depan tidak terbatas untuk perkembangan teknologi saja loh! Ada banyak manfaat penting lainnya yang bisa didapatkan dari skill IT. Kira-kira, apa saja ya pentingnya skill IT di masa depan? Yuk, kita simak pembahasannya berikut ini!

 

1.      Melindungi dari serangan siber

Melindungi dari serangan siber

Melindungi dari serangan siber

Kejahatan dapat terjadi dalam bentuk apapun dan dimanapun, termasuk di dunia maya. Ditambah dengan semakin berkembangnya teknologi, artinya semakin rentan pula kejahatan yang dapat terjadi. Nah, disinilah pentingnya skill IT mengambil peran.

Perusahaan, tanpa adanya keamanan siber yang kokoh, pasti akan lebih mudah terserang oleh hacker. Dengan adanya bantuan dari tim sekuritas IT, infrastruktur dari perusahaan tersebut akan lebih aman. Cara untuk meningkatkan keamanan siber dari suatu perusahaan dapat dilakukan berbagai macam cara. Perusahaan bisa menerapkan anti-virus, menggunakan firewall, atau cara lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

 

2. Meningkatkan produktivitas perusahaan

Meningkatkan produktivitas perusahaan

Meningkatkan produktivitas perusahaan

Tanpa adanya teknologi yang mendukung, kinerja atau produktivitas dari perusahaan pasti akan sangat berkurang. Jika produktivitas dari sebuah perusahaan menurun, perusahaan tersebut pun akan kesulitan untuk melakukan pengembangan, sehingga membuat perusahaan tersebut stagnan.

Sebagai contoh, perusahaan A menerapkan teknologi untuk mengembangkan bisnisnya dan perusahaan B memilih untuk melakukannya dengan cara manual dan lebih tradisional. Perusahaan A menggunakan berbagai dukungan teknologi dalam kegiatan operasional perusahaan, misalnya Google Drive untuk menyimpan data-data mereka, Gmail untuk saling berkomunikasi, dan Trello untuk memantau perkembangannya. Sementara itu, perusahaan B masih menggunakan buku untuk mencatat data-data mereka, juga tidak ada pemantauan pekerjaan menggunakan aplikasi apapun. Ketika diharuskan untuk mencari suatu dokumen atau me-restore suatu data, kinerja perusahaan A pastinya akan lebih cepat dibandingkan perusahaan B, bukan?

Dari contoh tersebut, kita bisa mengetahui bahwa skill IT juga berperan penting untuk meningkatkan produktivitas perusahaan ya.

 

3. Mengelola data semakin mudah

Mengelola data semakin mudah

Mengelola data semakin mudah

Nah, mungkin poin kali ini sudah kamu pahami dengan cukup baik ya. Apalagi di zaman yang serba digital ini, seluruh aktivitas kita pasti tidak terlepas dari keterlibatan teknologi. Mulai dari bercakap-cakap, menelpon kerabat, mencari informasi, hingga mengelola data yang dulunya harus dilakukan dengan manual, kini bisa kita lakukan secara online berkat perkembangan teknologi.

Kamu pastinya mengenal aplikasi-aplikasi seperti Google Drive, iCloud storage, dan Dropbox ‘kan? Nah, deretan aplikasi ini merupakan salah satu penerapan teknologi yang dikenal sebagai cloud storage. Dengan adanya cloud storage, pengelolaan berbagai macam data, mulai dari dokumen sampai gambar, dapat dilakukan dengan mudah, fleksibel, dan tentunya aman.

 

4. Membantu mengembangkan bisnis

Membantu mengembangkan bisnis

Membantu mengembangkan bisnis

Pastinya kamu sudah tidak asing ‘kan dengan online store? Istilah seperti ini tentunya tidak mungkin ada bila teknologi tidak berkembang seperti sekarang ya. Dulu, setiap orang harus keluar rumah untuk bekerja, baik itu untuk membuka toko, membeli barang, atau kegiatan-kegiatan lainnya. Namun, dengan adanya teknologi yang berkembang seperti sekarang ini, kegiatan-kegiatan di atas bahkan bisa kamu lakukan sambil menonton TV.

Malah sebaliknya, bila kamu tidak mengikuti perkembangan teknologi tersebut, bisa saja bisnis kamu tidak berkembang. Promosi door to door sudah kurang efektif sekarang. Sudah tiba waktunya bagi para pegiat bisnis untuk beralih ke online. Oleh karena itu, pentingnya skill IT di masa depan termasuk untuk membantu mengembangkan bisnis.

 

5. Banyak lapangan pekerjaan di bidang IT

Banyak lapangan pekerjaan

Banyak lapangan pekerjaan di bidang IT

Untuk poin kelima ini, kamu pastinya sudah tidak bertanya-tanya ya apa alasannya. Kita bisa melihat bahwa banyak sekali hal yang dapat kita lakukan dengan skill IT. Mulai dari merancang dan membuat aplikasi android, mengelola database, sampai merancang jaringan komputer. Melihat banyaknya bidang yang membutuhkan skill IT, tidak heran apabila lapangan pekerjaannya semakin luas ya, Sobat FILE.

Dikutip dari kominfo.go.id, setidaknya kini start up di Indonesia sudah berjumlah ratusan hingga ribuan. Tentunya kamu tahu kan bahwa startup sebagian besar bergerak di bidang teknologi? Nah, karena itulah lapangan pekerjaan di bidang IT pun semakin luas. Apalagi jika kita mengingat bahwa tidak hanya start up yang memerlukan tenaga profesional di bidang IT, tetapi juga perusahaan-perusahaan lainnya.

 

6. Membuat orang semakin kaya akan informasi

kaya akan informasi

Membuat orang semakin kaya akan informasi

Bila kita ingin mencari sesuatu, sekarang internet adalah jawabannya. Dengan adanya keberadaan internet, mencari informasi bukan lagi hal yang sulit. Dengan adanya internet, kita pun dapat memperkaya ilmu dan pengetahuan dengan mudah. Tidak hanya bersumber dari situs web ataupun blog, informasi dan ilmu pengetahuan pun dapat kita peroleh dari video-video pembelajaran seperti online course. Melalui online course, setiap orang dari kalangan manapun dapat mempelajari ilmu apapun. Dengan begitu, ilmu bukan lagi menjadi hal yang terbatas bagi orang-orang tertentu.

Nah, keenam poin di atas merupakan beberapa contoh pentingnya skill IT di masa depan. Pastinya poin-poin di atas sudah sangat cukup untuk membuat kamu semakin tertarik belajar IT ‘kan? Untuk membantu kamu mempelajari skill IT, FILE punya rekomendasi online course yang bisa kamu ikuti nih!

Bagi kamu yang ingin memiliki skill IT, kamu bisa banget nih mampir ke Coding Studio! Di sana, kamu dapat mempelajari berbagai macam skill IT yang pastinya berguna untuk keenam poin yang sudah disebutkan sebelumnya. Beberapa materi yang bisa kamu dapatkan di Coding Studio meliputi programming, digital marketing, hingga cyber security. Nah, tunggu apa lagi, Sobat FILE? Yuk, langsung tingkatkan skill IT kamu dengan Coding Studio!

Bagikan ke sesama!
Categories
KnowledgeTips & TrickUncategorized
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT