Orang Produktif Vs Orang Sibuk, Kamu yang Mana?

Bagi kamu yang memiliki banyak kegiatan, sudah kuliah, ada organisasi, ada pekerjaan pula. Pasti teman-temanmu suka berkata demikian, “Ah, sok sibuk lu!”. Iyalah, rapat bisa, kerjaan selesai semua, giliran...

Bagi kamu yang memiliki banyak kegiatan, sudah kuliah, ada organisasi, ada pekerjaan pula. Pasti teman-temanmu suka berkata demikian, “Ah, sok sibuk lu!”. Iyalah, rapat bisa, kerjaan selesai semua, giliran diajakin jalan nggak bisa terus. Mungkin di benakmu terpikir, “Yang penting masih lebih baik dari pada mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang).” Tapi, pernahkah kamu me- review, sebenarnya dengan banyaknya kegiatan tersebut kamu tergolong orang produktif atau orang sibuk? Yuk cari tahu, agar kamu bisa jelaskan ke teman-temanmu kalau nyatanya kamu adalah orang produktif.

 

1. Prioritas

source : OnGoingPro

Perbedaan yang paling signifikan antara orang produktif dan orang sibuk dilihat dari prioritas. Setiap hari, ada saja aktivitas yang harus kamu lakukan. Tapi, kalau kamu tergolong orang produktif, kamu hanya akan memprioritaskan beberapa hal, karena kamu tahu mana yang terpenting untuk dikerjakan terlebih dahulu. Jika kamu tergolong orang sibuk, kamu akan berpikir semua itu penting, sehingga banyak hal yang akan kamu prioritaskan.

 

2. YES or NO

Orang sibuk, pasti selalu katakan ‘YES’ untuk setiap ajakan rapat, jalan, atau yang lainnya, sehingga memadatkan aktivitas kamu dalam sehari penuh. Tapi kalau kamu orang produktif, pasti tahu kapan harus berkata ‘YES’ , kapan harus berkata ‘NO’. Kamu harus ingat kalau kamu juga butuh jeda waktu untuk beristirahat, karena jika pada akhirnya kesehatanmu drop, kamu malah tidak bisa mengerjakan apapun.

 

3. Berpikir Sebelum Bertindak

source : Pexels

Coba kamu flashback ke belakang, apa yang kamu lakukan sebelum mengambil tindakan. Kalau kamu berpikir dua kali sebelum bertindak, berarti kamu orang produktif. Terkadang memang ada keputusan yang harus dipikirkan matang-matang hingga akhirnya kamu yakin bahwa keputusanmu itu benar. Tapi kalau kamu bertindak tanpa berpikir panjang lebar dan mengukur resikonya, kamu tergolong orang sibuk.

 

4. Fokus atau Multitasking?

source : Pexels

Setiap orang punya caranya sendiri dalam mengerjakan sesuatu. Ada yang bisa melakukan pekerjaan hanya jika dia fokus, dan ada yang ingin cepat-cepat semuanya selesai sehingga dia mengerjakan berbagai jenis pekerjaan sekaligus. Pada dasarnya, multitasking dapat merusak otak, dan itu merupakan ciri orang sibuk. Kalau kamu orang produktif, kamu akan fokus pada satu pekerjaan, karena dengan cara itu pula pekerjaan bisa terselesaikan dengan baik dan efektif.

 

5. Titik Fokus

source : Pexels

Kali ini, yang dibahas adalah akar permasalahan suatu pekerjaan. Kamu akan berfokus pada gambaran besarnya jika kamu tergolong orang produktif. Kebalikannya, kamu akan fokus pada detail dari setiap poin yang ada jika kamu tergolong orang sibuk.

 

6. Delegasi Tanggung Jawab

source : Pexels

Dalam sebuah tim, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat mendelegasikan tugas dengan baik kepada bawahannya. Orang produktif tahu itu. Mendelegasikan tugas bukan berarti melempar tanggung jawab begitu saja, kamu bisa menceritakan detailnya terlebih dahulu kepada partner yang akan kamu delegasikan. Namun, orang sibuk akan mengambil semua tanggung jawab tersebut dan mengerjakannya sendirian, karena dia percaya atas kemampuannya. Kenyataannya, itu hanya akan membuat dirimu lelah!

 

7. Time Management

source : Pexels

Ini hal terpenting buat kamu yang punya banyak kegiatan. Jika ingin menjadi orang produktif, belajarlah untuk mengalokasikan waktumu sedemikian rupa agar semua prioritas dapat kamu kerjakan tanpa waktu yang bertabrakan. Jangan lupakan juga luangkan waktu untuk berefleksi dan merencanakan sesuatu. Tapi jika kamu ingin tetap jadi orang sibuk, kamu akan menghabiskan waku hanya untuk bekerja, bekerja, dan bekerja.

 

8. To Do List

source : Pexels

Di zaman serba teknologi ini, banyak aplikasi yang memudahkan kamu untuk mencatat To Do List. Kamu bisa mencatat di HP, laptop, ataupun secara tertulis di kertas. Biasanya, orang produktif hanya menulis To Do List secara singkat dan yang penting saja. Tapi jika kamu orang sibuk, kamu akan memadatkan poin To Do List hingga terlihat banyak sekali aktivitas yang harus kamu kerjakan.

 

9. Goals?

source : Pexels

Apapun tidak ada artinya jika tidak ada tujuan. Pertanyaan ini harus kamu tanyakan pada dirimu sendiri. Orang produktif akan selalu memiliki tujuan ketika dia beraktivitas. Sedangkan orang sibuk hanya akan menjadi orang yang task-oriented atau sekedar menjalankan tanggung jawab tanpa tujuan. Ketika sudah selesai, ya sudah.

 

Jadi, kamu termasuk yang mana? Orang sibuk atau produktif? Jika masih tergolong orang sibuk, cobalah terapkan hal-hal yang membuat kamu menjadi orang produktif. Itu akan membantumu dalam melakukan pekerjaanmu sehari-harinya dan kamu tidak dikatakan “sok sibuk” lagi sama temanmu.

Bagikan ke sesama!
Categories
Productivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT