Sepatu yang Dapat Mengencangkan Talinya secara Otomatis

Pernahkah kamu menonton film yang berjudul “Back to the Future”? Dalam film yang keluar pada tahun 1985 ini, banyak ide dan konsep gadget yang diimpikan untuk ada pada masa...

Pernahkah kamu menonton film yang berjudul “Back to the Future”? Dalam film yang keluar pada tahun 1985 ini, banyak ide dan konsep gadget yang diimpikan untuk ada pada masa depan. Salah satu dari gadget yang ada di dalam film itu adalah sebuah sepatu yang dapat mengencangkan dirinya sendiri secara otomatis pada kaki pemakainya. Nah, bagaimana kalau ternyata sepatu tersebut sekarang sudah ada di dunia nyata? Nike telah membuat sepatu yang terinspirasi oleh film “Back to the Future”, yaitu sepatu yang dapat mengencangkan talinya sendiri ke kaki kamu secara otomatis bernama Nike Mags. Sepatu ini memiliki teknologi yang sama dengan sepatu HyperAdapt Nike tetapi dengan desain berbeda yang lebih menyerupai sepatu yang ada di film tersebut.

Nah, bagaimana cara Nike Mags ini dapat mengencangkan dirinya secara otomatis? Walaupun terlihat rumit, tapi sistemnya sebenarnya sangat sederhana loh. Sistem pengencangan otomatis ini terdiri dari 2 bagian yang berbeda , di bagian kaki dan di bagian pergelangan kaki.

Di bagian telapak sepatu, terdapat mesin pengencang otomatis tersebut yang menarik tali sepatunya. Mesin ini bergerak dengan motor kecil yang  memutar sebuah poros penggerak bergigi 2. Nah, gigi tersebut memberikan tenaga untuk kedua sabuk yang melekat ke tali sepatu tersebut dan menariknya.

Sistem yang terdapat di bagian pergelangan kaki menggunakan mekanisme yang berbeda dan akan berada di belakang tendon achilles kamu. Mekanisme ini menggunakan pegas penggulung yang melilit poros dan akan menarik tali di bagian pergelangan kaki. Sabuk tetap terikat dengan ketat dikarenakan adanya mekanisme penguncian, yang dapat direnggangkan dengan sistem kontrol sepatu.  

Mekanisme penarikan tali ini dipicu dengan massa tubuh kita sendiri. Di tumit sepatu terdapat sebuah sensor yang men-detect massa tubuh kamu. Setelah ter-detect, secara otomatis sistemnya berjalan dan mengencangkan tali sepatu kamu. Walaupun otomatis, kekencangan tali sepatumu tetap bisa di setting secara manual loh. Di sepatunya terdapat 2 tombol, merah dan hijau. Jika ingin mengencangkan lagi, kamu bisa menekan tombol hijau. Sedangkan untuk merenggangkannya kamu dapat menekan tombol merah.

Nah, menarik bukan teknologi baru dari Nike ini? Mungkin di waktu kedepan banyak gadget yang bahkan lebih canggih lagi yang akan diproduksi.

Bagikan ke sesama!
Categories
Tech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT