Lakukan Hal Ini Agar Besok Lebih Produktif!

Lakukan Kegiatan Produktif Ini untuk Pagi Hari yang Lebih Baik!

Setiap orang pasti memiliki rutinitas yang berbeda di pagi hari setiap harinya. Kebiasaan yang dilakukan seseorang di pagi hari biasanya akan mempengaruhi orang tersebut sepanjang hari. Oleh karena itu,...

Setiap orang pasti memiliki rutinitas yang berbeda di pagi hari setiap harinya. Kebiasaan yang dilakukan seseorang di pagi hari biasanya akan mempengaruhi orang tersebut sepanjang hari. Oleh karena itu, sebuah pagi yang produktif akan membuat hari seseorang menjadi lebih produktif lagi. Berikut ini adalah langkah-langkah kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan sebelum kamu tidur agar keesokan harinya lebih menyenangkan!

 

Tidur

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki kebiasaan tidur kamu. Waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah tujuh hingga sembilan jam per hari. Jika kurang, konsentrasi kamu akan menurun dan mengantuk sehingga secara langsung produktivitas kamu juga akan menurun. Tetapi jika lebih pun akan menjadi hal yang tidak baik. Terlalu banyak tidur akan berdampak ke mood kamu dan juga dampak negatif lainnya yang harus kamu hindari.

Jika kamu mengalami kesulitan tidur, kamu bisa melakukan beberapa hal ini:

  • Olahraga ringan sebelum tidur
  • Mendengarkan musik
  • Minum susu hangat
  • Mandi air hangat

 

Bersiap Untuk Besok

Sebelum tidur, kamu dapat menyisihkan sedikit waktu untuk mempersiapkan diri misalnya menyiapkan baju, buku-buku dan sepatu untuk kuliah atau kerja untuk besok. Ini akan membuat kamu menjadi lebih nyaman karena kamu tidak perlu terburu-buru sebelum pergi.

Selain itu, sarapan pagi juga hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Sarapan dapat memberikan kamu cadangan energi untuk dipakai sepanjang hari. Jangan lupa menyiapkan hal-hal kecil lainnya seperti dompet, tas, kunci, dan kebutuhan lainnya agar tidak tertinggal.

 

Beres-Beres Rumah

Faktanya, rumah yang berantakan akan membuat pagimu terasa kurang menyenangkan. Saat malam hari, alangkah baiknya jika kamu menyisihkan waktu untuk membereskan rumah seperti meletakkan barang-barang di tempatnya, mencuci piring agar tidak menumpuk dan membereskan tempat tidur sebelum tidur. Selain untuk meningkatkan mood kamu, beres-beres rumah akan membuat tempat tinggal menjadi lebih bersih dan sehat.

 

Bayangkan Esok Hari

Sebelum tidur, kamu dapat menyisihkan waktu untuk membayangkan bagaimana hari mu keesokannya dalam hal yang positif dan produktif. Terdengar sedikit aneh, tetapi visualisasi positif ini dapat mempengaruhi mood kamu sebelum tidur agar siap menghadapi esok hari. Hal ini sangat jarang dilakukan karena kebanyakan orang akan berpikir tentang kemacetan, kesibukan, dan kelelahan yang akan dilalui keesokan hari.

 

Evaluasi Diri

Belajar dari kesalahan adalah cara belajar yang paling efektif karena kamu akan mencari tahu apa yang harus kamu lakukan agar tidak mengulang kesalahan itu lagi. Kamu dapat mengevaluasi diri kamu dengan beberapa pertanyaan seperti:

  • Apa yang sudah saya berhasil lakukan dengan baik pada hari ini?
  • Hal baik apa yang sudah saya lakukan hari ini? Bagaimana saya melakukannya lagi?
  • Apakah ada kesalahan yang saya lakukan?
  • Apakah ada yang harus saya perbaiki atau saya tingkatkan?

Setelah itu, kamu dapat mengetahui apa yang harus kamu evaluasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi keesokan harinya. Untuk menjadi lebih produktif, energi positif ini akan sangat membantu.

 

Selalu Bersyukur

Berdasarkan hasil beberapa studi, bersyukur atas apa yang sudah kita alami ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur kamu. Bersyukur juga dapat meningkatkan mood kamu dan mengurangi stres. Cobalah melakukan hal ini sebelum tidur, selain kamu dapat mengevaluasi diri kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik, kamu juga akan mendapatkan jam istirahat yang lebih optimal.

Beberapa hal tersebut akan membantu meningkatkan produktivitas kamu keesokan harinya. Tidak akan berdampak langsung jika dilakukan sebentar tetapi jika sudah menjadi kebiasaan, tentunya akan mempengaruhi hidupmu. Apa kamu mempunyai tips yang lainnya?

Bagikan ke sesama!
Categories
Productivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT