fbpx

7 Pekerjaan Paling Dibutuhkan 5 Tahun Kedepan, Pekerjaanmu?

Halo, sobat FILE !  Seiring berjalannya waktu, pasti kita sadar bahwa persaingan di dunia kerja juga semakin ketat. Akan tetapi, yang perlu kamu ingat juga adalah semakin banyaknya bidang-bidang...
Pekerjaan yang Dibutuhkan 5 Tahun Kedepan di Dunia Kerja
Pekerjaan yang Dibutuhkan di Dunia Kerja (Sumber : unsplash.com)

Halo, sobat FILE !  Seiring berjalannya waktu, pasti kita sadar bahwa persaingan di dunia kerja juga semakin ketat. Akan tetapi, yang perlu kamu ingat juga adalah semakin banyaknya bidang-bidang pekerjaan yang baru dibuka! Misalnya saja, pekerjaan di bidang UI/UX seperti UI/UX Designer, juga di bidang data seperti Data Analyst. Nah, dengan semakin banyaknya lapangan pekerjaan yang dibuka, sudahkah sobat FILE menemukan profesi yang cocok dengan minat dan kemampuan kamu? Atau malah banyaknya pilihan yang ada membuat kamu semakin bingung? Untuk membantu kamu menentukan pilihan, yuk simak beberapa pekerjaan yang akan banyak dibutuhkan 5 sampai 10 tahun ke depan!

 

Programmer

programmer

Programmer (Sumber: unsplash.com)

Pastinya sobat FILE sudah tau ya bahwa programmer merupakan salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan saat ini. Fakta bahwa teknologi masih dan akan terus berkembang membuat profesi yang satu ini masih akan sangat diperlukan dalam 5 sampai 10 tahun ke depan. Di Indonesia sendiri, kita dapat melihat bahwa segala sesuatunya mulai dilakukan secara digital, mulai dari komunikasi sampai pembayaran. Dari alasan tersebut, pastinya kamu sudah dapat menebak peran besar seorang programmer dalam dunia kerja kan?

 

Data Scientist

data scientist

Data Scientist (Sumber: unsplash.com)

Dari namanya saja, kamu pasti sudah bisa menebak bahwa pekerjaan ini akan banyak berhubungan dengan data. Mengingat bahwa suatu perusahaan pasti membutuhkan banyak data untuk berbagai macam kegiatan operasionalnya, perusahaan pasti akan sangat membutuhkan seseorang yang handal di bidang ini. Tidak hanya berkutat dengan data, seorang data scientist juga dapat menjadi penentu keputusan di perusahaan loh! Karena dari data-data yang telah dikumpulkan, seorang data scientist bisa saja menemukan solusi yang akan diimplementasikan oleh perusahaan. Kabarnya, gaji pekerjaan ini juga lumayan besar nih, sobat FILE! Seorang data scientist yang baru bekerja saja bisa mendapatkan gaji sebesar 10 sampai 20 juta.

 

Network Architect

network architect

Seorang Network Architect yang Sedang bekerja (Sumber: justscience.in)

Jika kalian bekerja sebagai Network Architect kalian akan ditugaskan untuk mendesain, membangun, sekaligus mengetes jaringan yang telah dibuat. Selain itu, seorang network architect juga wajib memastikan bahwa infrastruktur jaringan tersebut mampu memberikan performa yang maksimal bagi penggunanya. Seseorang yang baru terjun di bidang ini biasanya digaji sekitar 4 hingga 8 juta, dan pastinya bisa bertambah sesuai dengan pengalaman kerjanya.

 

IT Support

IT support

IT Support (Sumber: systemforce.co.uk)

Tugas utama seorang IT Support adalah membantu segala jenis masalah teknis yang mungkin saja terjadi di perusahaan tempat ia bekerja. Setiap perusahaan pasti menggunakan software dan hardware, sehingga setiap perusahaan juga pasti membutuhkan seorang IT Support untuk menanggulangi permasalahan atau kerusakan di kedua perangkat tersebut. Sobat FILE, kamu perlu tau bahwa pekerjaan ini memiliki waktu yang sangat tidak menentu. Mengingat bahwa kerusakan dapat terjadi kapan saja, seorang IT Support juga diharuskan untuk siap siaga kapanpun dibutuhkan. Dengar-dengar, gaji yang dapat diperoleh dari profesi ini berkisar antara 3 juta dan bahkan bisa mencapai 9 juta tergantung dari kemampuan kalian.

 

UI/UX Designer

ui, ui/ux, ux, ui/ux designer, ux designer, ui designer

UI/UX Designer (Sumber: butterflylabs.com)

Nah, kalian yang sudah membaca artikel sebelumnya tentang UI/UX pasti sudah tidak asing lagi dengan profesi yang satu ini. Sesuai dengan namanya, seorang UI/UX Designer bertanggung jawab untuk membuat desain mock-up yang menarik untuk sebuah website. Walaupun tugas utamanya mendesain, tetapi seorang UI/UX Designer juga perlu mengerti bagaimana cara mengaplikasikan desain tersebut ke website atau aplikasi mereka. Tanpa sedikit pemahaman terkait pemrograman website atau aplikasi, UI/UX designer tentunya akan kesulitan untuk mengimplementasikan desain yang telah mereka buat. Jika tidak bisa diimplementasikan, tentu saja desain yang sudah dibuat sedemikian rupa akan sia-sia saja, bukan?

 

Marketing Consultant

marketing consultant, marketing

Marketing Consultant (Sumber: unsplash.com)

Jika dari tadi kita membahas pekerjaan yang berhubungan dengan IT, maka kali ini kita akan membahas pekerjaan yang tidak termasuk dalam bidang IT. Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya sebuah perusahaan tidak akan bisa berjalan jika produknya tidak dipasarkan. Pemasaran produk itu sendiri juga tentunya tidak akan efektif apabila dilakukan dengan asal-asalan. Nah, di sini lah peran seorang marketing consultant.

Seorang marketing consultant memiliki tugas utama untuk menyusun strategi pemasaran perusahaan. Tidak sembarang menyusun strategi, seorang marketing consultant harus pandai menganalisa bisnis agar strategi marketing ke depannya dapat mencapai hasil yang diinginkan dengan biaya yang tidak berlebihan. Untuk dapat menjalankan tugasnya itu, biasanya seorang marketing consultant diharuskan memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif.

 

Penerjemah

penerjemah, translator

Penerjemah (Sumber: cyclopea.com)

Mungkin beberapa dari kalian ada yang bingung, apa benar seorang penerjemah dibutuhkan dalam beberapa tahun ke depan? Jawabannya adalah iya. Seperti yang kita ketahui, kerja sama antarperusahaan sudah banyak terjadi. Kerja sama antarperusahaan yang terjadi juga tidak hanya di tingkat lokal ataupun nasional, tetapi sudah mencapai tingkat internasional. Di sini lah peran seorang penerjemah dibutuhkan.

Sebagai contoh, perusahaan A ingin melakukan ekspansi ke Jepang, tetapi mereka tidak mempunyai tenaga kerja yang mengerti bahasa Jepang. Pastinya akan sulit bukan untuk menjalankan bisnisnya? Dengan adanya penerjemah, pastinya perusahaan akan lebih mudah untuk menjalankan bisnisnya, karena lebih mudah juga bagi mereka untuk berkomunikasi. Tidak hanya membantu dalam menjalankan bisnis, adanya penerjemah juga dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya di ranah internasional kan?

 

Nah, itulah beberapa pekerjaan yang akan sangat dibutuhkan 5 sampai 10 tahun ke depan. Namun, bukan berarti pekerjaan-pekerjaan lainnya tidak dibutuhkan ya, sobat FILE. Setiap profesi yang ada pasti memiliki perannya masing-masing, juga saling melengkapi satu sama lain. Dari beberapa pekerjaan di atas, adakah yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu? Atau kamu mau merekomendasikan profesi lainnya yang menurut kamu juga akan dibutuhkan beberapa tahun ke depan? Jangan ragu-ragu untuk membagikan informasinya di kolom komentar ya, sobat FILE!

Bagikan ke sesama!
Categories
Business
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT