5 Cara Meningkatkan Kemampuan Membaca

Membaca merupakan salah satu hal yang cukup penting bagi seluruh individu karena dapat menambah pengetahuan dan banyak informasi yang didapatkan. Salah satu fakta menarik bahwa orang yang sering membaca...

Membaca merupakan salah satu hal yang cukup penting bagi seluruh individu karena dapat menambah pengetahuan dan banyak informasi yang didapatkan. Salah satu fakta menarik bahwa orang yang sering membaca dapat terhindar dari penyakit Alzheimer atau melemahnya daya ingat otak.

Pada era teknologi sekarang, kita dapat membaca tidak hanya dari buku, melainkan dari gadget yang kita miliki pun juga bisa karena inilah salah satu budaya masyarakat modern.

Nah, membaca memang bisa kita lakukan diwaktu-waktu yang kita inginkan seperti saat sengggang ataupun saat kita akan mengahapi ujian sekolah dan sebagainya.

Ada beberapa cara efektif untuk meningkatkan kecepatan membaca tanpa menghilangkan inti dari bacaan tersebut. Lalu, bagaimana cara membaca dengan cepat?

Mengoptimalkan Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri

Otak kiri menempatkan kegiatan membaca pola analisis, harfiah, dan linear. Otak kanan mampu memahami berbagai macam simbol dan parsial serta mudah menangkap makna intuitif dan metafor.

Jika kita dapat mengoptimalkan kedua fungsi otak tersebut dengan baik, maka kita akan dapat membaca lebih efektif dan efisien waktu.

Membaca secara Runtut Bahan Bacaan

Membaca secara runtut dari kiri kekanan akan melatih mata untuk melihat deretan kata dan kalimat dengan cepat dan juga dapat memungkinkan untuk membaca kalimat yang penting.

Mengikuti Baris Kalimat dengan Jari

Cara ini cukup efektif bagi pelajar untuk membaca dengan cepat. Cobalah untuk meletakkan jari di kalimat dari kiri kekanan dan mata akan mengikuti jari kita. Bisa juga dengan menggunakan lidi, pensil, dll.

Membiasakan Mata Terlibat Rute Membaca

Membiasakan mata untuk terlibat dalam rute bacaan yaitu dari kiri ke kanan serta kemudian kebawah dan diawali dari kiri lalu kekanan secara berulang akan melatih mata dan otak untuk dapat membaca lebih cepat.

Gunakan Pencahayaan yang Cukup

Keitka membaca ada baiknya kita membaca ditempat yang terang dan cukup sinar agar lebih mudah untuk membaca. Hal ini dapat membantu kita untuk melihat kata-kata lebih jelas dan mempercepat bacaan kita.

Dari lima cara diatas dapat kita terapkan dikehidupan sehari-hari saat membaca. Mulailah dengan membaca dengan efektif dan efisien waktu agar kita bisa mendapatkan lebih banyak ilmu dalam waktu yang lebih singkat.

 

[Rafif F]

Bagikan ke sesama!
Categories
Productivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT