5 Alasan Kenapa Kamu Harus Magang di Perusahaan Startup

Apakah kamu Mahasiswa? Sudah berapa semester yang telah kamu lewati? Bagi para mahasiswa, khususnya semester akhir, istilah magang sudah tidak asing lagi. Pertanyaannya sekarang, sudahkah kamu menentukan target perusahaan...

Apakah kamu Mahasiswa? Sudah berapa semester yang telah kamu lewati? Bagi para mahasiswa, khususnya semester akhir, istilah magang sudah tidak asing lagi. Pertanyaannya sekarang, sudahkah kamu menentukan target perusahaan magangmu? Pasti beberapa ada yang menargetkan perusahaan dengan jumlah karyawan yang besar, kantor yang elit dan berkelas, dan perusahaan dengan kesibukan yang bermacam-macam. Kesimpulannya, banyak sekali mahasiswa yang lebih mengincar nama besar sebuah perusahaan dibanding pengalaman yang akan didapat saat magang. Padahal startup kecil yang hanya memiliki puluhan atau belasan orang karyawan saja juga tidak boleh kamu sepelekan, sebab ada banyak sekali keuntungan besar yang didapat jika magang di startup. Berikut beberapa alasan mengapa magang di startup memberi banyak manfaat bagi mahasiswa.

 

1. Tanggung Jawab Kamu Dilibatkan secara Langsung

source : Entrepreneur

Jika magang di sebuah perusahaan berskala besar, kemungkinan kamu bahkan tidak mengenal pimpinan perusahaan bisa saja terjadi. Tetapi dalam sebuah startup, hal ini jarang sekali ditemukan. Karena hanya memiliki belasan orang tim kerja, mahasiswa magang akan bertemu dan bahkan bekerja bersama semua tim yang ada di sana. Lingkup kerja yang kecil justru membuat semua orang menjadi dekat dan saling bergantung satu sama lainnya. Maka, hubungan formal yang terbatas pada sekat jabatan pun terhindari, karena startup tidak dijalankan dengan aturan sekaku itu.

Pada umumnya startup akan memberikan kesempatan kepada kamu untuk terlibat secara langsung dan memiliki tanggung jawab yang hampir sama dengan pekerja lainnya di sana. Tak hanya itu, mahasiswa dituntut untuk mandiri dan bertanggung jawab secara penuh atas pekerjaan yang ditangani olehnya. Mahasiswa magang akan benar-benar merasakan bagaimana dunia kerja itu sesungguhnya, sehingga kemampuan kamu dapat diterapkan di lapangan kerja. Sungguh menyenangkan bukan?

 

2. Kamu Bisa Belajar Banyak Hal Mengenai Perusahaan

source : CS&A Crisis

Lingkup kerja yang kecil membuat kamu sebagai mahasiswa magang bisa melihat langsung bagaimana tim dalam startup bekerja dan menyelesaikan proyek. Pengalaman besar inilah yang tentu tidak bisa kamu dapatkan ketika magang di perusahaan besar, sebab kamu hanya akan di tempatkan di sebuah departemen tertentu, dimana kamu hanya bisa berinteraksi dan bekerja bersama orang-orang di departemen tersebut saja. Ketika kamu bekerja di satu departemen perusahaan besar, kamu hanya akan diberikan tanggung jawab kecil yang tentunya akan membuatmu mendapat pengalaman kecil pula.

 

3. Banyak Hal Baru yang Akan Kamu Kenal Sekaligus

Setiap perusahaan pasti menggunakan banyak teknologi dan aplikasi yang mendukung kegiatan kerja mereka dalam praktiknya. Dan ketika kamu magang di sebuah departemen perusahaan besar, maka kesempatan mempelajari aplikasi pasti akan dibatasi oleh aplikasi apa yang digunakan di departemen tersebut. Berbeda dengan startup, hampir semua aplikasi bisa digunakan dan dipelajari dengan cepat. Startup memberi kamu kesempatan untuk mempelajari banyak hal, terutama yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan, dan ini keuntungan yang baik bagi kamu yang magang di perusahaan startup, karena kamu akan memiliki segudang ilmu yang belum tentu bisa didapat dari magang di perusahaan besar sekalipun.

 

4. Kamu Akan Bekerja Bersama Orang-Orang Berbakat

Magang di startup akan membuatmu mendapatkan pengalaman bekerja yang menyenangkan, kamu akan menemukan orang-orang berbakat dengan motivasi tinggi berkumpul bersama-sama, dan kamu akan bekerja bersama mereka. Kamu dapat melihat dan bahkan terlibat dalam proyek yang ditangani oleh orang-orang ahli di bidangnya. Bisa saja, orang-orang berbakat tersebut merupakan pendiri dari startup itu sendiri. Bayangkan bagaimana rasanya bekerja bersama mereka dengan konsep kerja yang unik dan menyenangkan.

 

5. Kamu Akan Bekerja di Lingkungan dan Suasana Kerja yang Nyaman

source : Pinterest

Mungkin ini tidak asing lagi. Ya, lingkungan dan suasana kerja perusahaan startup akan jauh lebih nyaman dibanding di perusahaan besar. Entah itu dari segi ruangan yang berbeda dibandingkan dengan perusahaan besar, maupun dari segi pekerjaan. Desain kantor yang unik dan fasilitas permainan bahkan bisa kamu temukan di kantor startup. Pekerjaan yang wajib kamu tuntaskan bukan hanya akan kamu tanggung jawabkan secara penuh, namun perusahaan startup akan memberikan kamu kebebasan bagaimana cara kamu menuntaskannya. Berikan yang terbaik dan tim akan melihat prestasi kamu atas apa yang telah kamu kerjakan. Mahasiswa magang akan memiliki kesempatan luas untuk memulai, mempelajari, dan memperbaiki pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya. Jika kamu mengalami kesulitan pun, tidak perlu khawatir karena orang-orang akan dengan senang hati membantumu.

 

Jadi, sudahkah kamu tertarik untuk magang di perusahaan startup? Kamu akan mendapatkan segudang pengalaman yang lebih dibandingkan magang di perusahaan besar.

 

BNCC TECHNO CAREER

Bertepatan dengan keinginan besar kamu magang di perusahaan startup, pada tanggal 13-14 Juni 2017 di Foodcourt Binus Anggrek mendatang, Bina Nusantara Computer Club akan mengadakaan “BNCC TECHNO CAREER”, yaitu sebuah Techno Job Expo dimana puluhan perusahaan startup akan menawarkan sejumlah lowongan pekerjaan bagi kamu yang ingin magang maupun bekerja disana. So tunggu apalagi? Cek Technocareer.bncc.net untuk info lebih lanjutnya!

Bagikan ke sesama!
Categories
BusinessEvent News
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT