UXID Conference 2018 : Berbagai Keseruan di Tokopedia Tower

Halo Sobat FILE, UXID mengadakan UXID Conference 2018 pada tanggal 4-5 Oktober lalu di Tokopedia tower. UXID (UX Indonesia) adalah sebuah komunitas terbuka, nirlaba (non-profit), untuk mereka yang tertarik...

Halo Sobat FILE, UXID mengadakan UXID Conference 2018 pada tanggal 4-5 Oktober lalu di Tokopedia tower. UXID (UX Indonesia) adalah sebuah komunitas terbuka, nirlaba (non-profit), untuk mereka yang tertarik dengan user experience (pengalaman pengguna) di Indonesia yang dijalankan secara sukarela.Semua orang yang ingin belajar UX seperti seorang designer UX yang ingin menambah ilmu pengetahuannya tentang UX ataupun yang baru pertama kali dan sedang belajar UX dapat mengikuti acara UXID Conference 2018.

Pelibatan design UX dari seluruh proses memperoleh dan mengintegrasikan produk, termasuk aspek branding, desain, kegunaan dan fungsi. Pada hari pertama,diawali dengan opening ceremony kemudian dilanjutkan Keynote Presentation oleh Linda Sessa dari perusahaan XL dengan tema “Design From Within: Lessons Learnt on the Road to Creating an In-house Digital Shop”.

Peserta bisa  memilih kegiatan yang diikuti sesuai dengan apa yang ingin dipelajari. Ada 2 tipe kegiatan yaitu Panel Discussion dan Parallel Talks. Panel Discussion melibatkan sekelompok orang yang berkumpul untuk membahas topik di depan peserta dengan moderator yang memandu diskusi dan memunculkan pertanyaan penonton, dengan tujuan informatif serta menghibur.

Panel Discussion di ruangan auditorium dan dibagi menjadi 2 sesi, yaitu Panel Discussion 1 pukul 13.15 – 14.30 dengan tema “UX in Fintech” oleh Peterjan Van Nieuwenhuzen(Jenius), Fadilla Thourizqa Zain(Amartha), Fadhel Adam, (OVO) dan Kaspar Situmorang(BRI) dengan moderator Naning Utoyo. Panel Discussion 2 pukul 14.45 – 16.00 dengan tema “UX in Agriculture” oleh Farid Inawan (JALA) , Walesa Danto(LimaKilo) dan Jim Oklahoma(iGrow) dengan moderator Arie.

Jika peserta tidak tertarik dengan panel discussion maka peserta dapat memilih Paralel Talks yaitu melibatkan satu pembicara membahas topik dengan waktu 30 menit didepan peserta disertai dengan tanya jawab antar pembicara dan peserta . Paralel Talks dibagi menjadi 2 ruangan yaitu Green Room dan Pink Room.

Di Green Room Terdapat 4 Parallel talks . Parallel talks 1 pukul 13.15 – 13.45 dengan tema “Designing a Design Team” oleh Monica Halim(GO-JEK) . Parallel talks 2 pukul 14.45 – 15.15 dengan tema “Street Smart Design Leader” oleh Michael Liem(Tokopedia).Parallel Talks 3 pukul 14.45 – 15.15 dengan tema “Gringgo, integrating ideas,technology and social impact to tackle waste problem” oleh Febriadi Pratama(Gringgo).Parallel Talks 4 pukul 15.30 – 16.00 dengan tema“Verifying UX hypothesis by Prototyping” oleh Kim Jin Sun(LINE).

Di Pink room Terdapat 4 Parallel talks . Parallel Talks 1 pukul 13.15 – 13.45 dengan tema “Building and Growing UX Team” oleh Chooake Wongwattanasilpa(DBS). Parallel Talks 2 pukul 14.45 – 15.15 dengan tema “Democratization of Healthcare Through Innovation and Midwives Empowerment” oleh Abraham Auzan(TeleCTG & Sehati).Parallel Talks 3 pukul 15.30 – 16.00 dengan tema “Improving Services to Farmers through Innovation” oleh Hannah Rubio(Grameen Foundation).

Sesudah peserta mengikuti kegiatan sesuai dengan apa yang ingin  apa yang dipelajari dan ditutup dengan Keynote presentation di Auditorium dengan tema “Advancing Space Exploration with User Experience Design” oleh Marijke Jorritsma(NASA Jet Propulsion Laboratory)

Hari kedua, peserta memilih kembali kegiatan yang akan diikuti yaitu Communal Activities,kegiatan sekelompok orang dalam menyampaikan pendapat/ide tentang User Experience untuk membangun kebersamaaan dan memperluas konseksi. Communal Activities diadakan 09.00 – 11.00 di auditorium.

Peserta bisa memilih kegiatan Workshop, kegiatan memecahkan suatu permasalahan tertentu dengan jalan berdiskusi ataupun saling memberikan pendapat antar satu anggota dengan anggota lainnya mengenai UX yang dipimpin oleh pembicara. 

Workshop dimulai pukul 09.00 – 11.00 dibagi menjadi 5 ruangan. Di ruangan Yellow Room membahas“Crafting a User Interview Plan” oleh Naning Utoyo(SP Group). Di ruangan Orange Room membahas “UX Writing: How to Create App Content That ‘Speaks’ to the Users” oleh Galih Pambudi(Go-Jek). Di Blue room membahas “Introduction to Usability and AB Testing” oleh Melody Budiono(Blibli.com). Di Green room membahas “Design Sprint: Evolving Your Ideas to be More Desirable, Viable, and Feasible in 2-3 Days.” oleh Borrys Hasian(Singtel). Di Purple Room membahas “Influence Through Immersion: A Look at Immersive Practices That Will Help You Win Over Your Stakeholders” oleh Asif Baki(Google).

Workshop diadakan kembali pukul 13.15 – 15.15 di 5 ruangan. Di Yellow Room  membahas “User Research 101: From Core Research Tools to Personas and Customer Journeys” oleh (Pedro Custódio, PT. XL Axiata Tbk). Di Purple room membahas “Building Design System for managing design consistency and high-functioning team” oleh Stevanus Christopel(Tokopedia). Di Green Room membahas “When to Use Which User Research Methods” oleh Yoel Sumitro(Bukalapak). Di Orange Room membahas “Role-Playing future scenarios of healthcare services in Indonesia” oleh Abraham Auzan(TeleCTG & Sehati). Di Blue Room membahas “UX Prototyping – Making Prototype and Defining the Successful Metrics” oleh Anton Chandra(Go-Jek).

Selain itu, peserta dapat memilih kegiatan keynote presentation di auditorium pukul 13.15 – 13.45 membahas “How to Stay Sane as A Designer in Hyper-Growth Company?” oleh Albert (Traveloka) dan pukul 15.00 – 15.30 membahas Design Leadership to Drive Innovation” oleh Borrys Hasian, Singtel. Dipenghujung acara ditutup dengan Keynote Presentation pukul 16.30 – 18.00 membahas “Turning the Ship: Designing a Movement to Take Google Global” oleh Asif Baki, Google.

Semua pihak dalam acara UXID Conference 2018 pulang membawa ilmu pengetahuan tentang UX yang berguna bagi kehidupan.

 

Bagikan ke sesama!
Categories
Event News
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT