Trend Digital Marketing 2019 yang Wajib Diketahui!

Halo, Sobat FILE! Digital Marketing atau pemasaran secara digital saat ini sudah semakin umum, didukung pula dengan perkembangan dan pertumbuhan startup serta tingkat penetrasi internet masyarakat Indonesia yang terus meningkat...
trend digital marketing

Halo, Sobat FILE! Digital Marketing atau pemasaran secara digital saat ini sudah semakin umum, didukung pula dengan perkembangan dan pertumbuhan startup serta tingkat penetrasi internet masyarakat Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya. Sehinggga sudah banyak bisnis yang memilih untuk menghabiskan dana pemasaran lewat digital, karena jangkauan yang luas namun tepat sasaran. Maka dari itu pekerjaan sebagai digital marketer hingga kedepannya pun memiliki prospek karir yang menarik. Namun dunia digital selalu berubah mengikuti arus perkembangan zaman. Karena itu pebisnis maupun marketer harus selalu up-to-date terhadap trend digital marketing.  Mengetahui arus trend yang paling tepat untuk diterapkan pada business model mereka.

Digital marketing sendiri pun terus berkembang seiring tingginya minat, sehingga kini variasi metode atau teknik pemasaran secara digital ini semakin banyak. Bagi sebagian besar orang bahkan masih tidak memahami istilah seperti SEO, SEM, Facebook Ads, dan sebagainya. Trend digital marketing  tidak hanya dalam cakupan itu. Ada banyak yang dapat dipelajari lagi secara lebih spesifik, dan barang kali trend ini dapat diterapkan bagi kamu yang sedang merintis karir baik sebagai pebisnis ataupun marketer!

1. Video Marketing

Hasil gambar untuk video marketing

Source : ProceedInovative.com

Kamu tentunya sadar bahwa saat ini tiap platform online baik Youtube, Vidio.com hingga Instagram sekalipun memiliki fitur video untuk dinikmati bahkan ada yang menggunakan konten video itu sebagai fokus utama. Menurutmu kenapa?

Berdasarkan data dari Proceed Inovative.com ditemukan beberapa fakta menarik mengenai tingkat penetrasi user terhadap brand lewat konten video. Kamu dapat membacanya lewat infografik di bawah ini!

Video marketing facts

Bisa dilihat bahwa konten video sangat diminati oleh pengguna internet dan jauh lebih efektif untuk mengenalkan sebuah produk atau brand, disamping itu pula biaya produksi akan lebih murah.

Namun tantangannya dalam video marketing ini sendiri adalah bagaimana kamu sebagai pebisnis atau marketer mengeksekusinya. Jika kamu mengeksekusi dengan baik serta menghadirkan konsep dan kreativitas yang khas. Dapat dipastikan user yang terjangkau oleh kontenmu akan mengenal brandmu bahkan bagusnya lagi melakukan aksi seperti share atau purchase.

Dan pastinya lagi trend video marketing ini akan semakin umum seiring perkembangan teknologi. Jadi jika kamu belum menggunakan konten video sebagai alat promosi digitalmu, ini saat yang tepat untuk kamu memulainya!

2. Voice Marketing

Gambar terkait

Source : SEOpresseor.com

“Hey Siri”, “Ok, Google”, dua panggilan ini pasti sudah tidak asing bagi kamu dong. Ya, Siri maupun Google Assistant sangat memudahkan orang-orang untuk semakin efektif, dan salah satu halnya adalah dalam voice search. Dimana kamu tidak perlu lagi mengetik kata untuk mencari sesuatu di internet.

Namun tren ini diprediksi akan memengaruhi algoritma lagi kedepannya, terutama SEO. Mungkin di Indonesia sendiri fitur voice search belum dimanfaatkan secara maksimal tapi tentunya kamu sebagai seorang pebisnis atau marketer sudah harus siap untuk mengantisipasi hal ini.

O ya, membicarakan voice marketing, saat ini kamu tentu cukup akrab dengan sebuah akun bernama Tempat Bercakap atau sering mendengarkan podcast yang berisi insight inspiratif di platform seperti Spotify atau Joox. Beberapa perusahaan melihat peluang dan memanfaatkannya karena melihat tingginya minat terhadap konten semacam itu. Tentunya kamu bisa sekaligus mengenalkan produk atau brandmu dan memberikan edukasi dengan tren konten voice marketing.

Bicara soal podcast, Indonesia punya platform podcast-on-demand sendiri loh yang bernama Inspigo. Kamu yang tengah memulai hidup sukses wajib untuk mendengar ilmu-ilmu dari para praktisi di bidangnya. Untuk tahu lebih lanjut Inspigo seperti apa, kamu dapat mencek artikel di bawah ini!

Inspigo : Platform untuk Anak Bangsa Menemukan Inspirasi

 

3. Artificial Intelligence 

trend digital marketing, artificial intelligence in digital marketing

Source : e-intelligence.in

Sadar atau tidak teknologi ini perlahan sudah diterapkan di beberapa bidang, dan kemungkinan besar bidang pemasaran digital juga akan mulai mengadopsi kecerdasan buatan untuk semakin memudahkan proses pengolahan data atau durasi respon.

Hal ini didukung dengan data dari Forrester’s Global State of Artificial Intelligence Online Survey yang menunjukkan 57 persen perusahaan menggunakan AI untuk meningkatkan pelayanan dan pengalaman konsumen. Hasilnya menakjubkan, AI mampu meningkatkan pelayanan konsumen dan penjualan produk hingga 44 persen. Oleh karena itu banyak perusahaan mempertimbangkan tren Artificial Intelligence karena dapat menghemat pengeluaran perusahaan.

4. Omnichannel Marketing

trend digital marketing, omnichannel

Source : Tech Funnel

Kata omnichannel sendiri masih asing bagi sebagian besar orang, omnichannel marketing dalam kata lain merupakan model promosi lintas channel. Dimana ini sering digunakan untuk peningkatan kemudahan dan kenyamanan konsumen secara online atau offline.

Misalnya saja seorang konsumen mengunjungi websitemu dan membeli produk, namun karena beberapa alasan, konsumen tidak dapat melakukan transaksi pembayaran. Untungnya bisnismu menawarkan layanan COD (cash on delivery) sekalian mengantarkan produk.

Tentu ini akan membuat konsumenmu merasa bahwa bisnismu menawarkan layanan yang mengutamakan kenyamanan dan kepraktisan dalam transaksi pembelian. Ternyata hal semacam ini dapat menimbulkan dampak baik, riset yang dilakukan Invesp menunjukkan bahwa bisnis yang menggunakan strategi omnichannel marekting bisa meningkatkan engagement pelanggan hingga 89%.

Well, jadi tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan salah satu trend digital marketing ini di brand kamu.

5. Chatbot Marketing

trend digital marketing,chatbot for marketing

Source : wedevs.com

Dalam beberapa tahun ini popularitas serta pengunaan chatbot untuk bisnis terus meningkat dan bakal diprediksi akan terus bertumbuh tiap tahunnya. Ini karena kemampuan chatbot yang dapat menangani pertanyaan demi pertanyaan umum untuk calon konsumen dengan cepat. Selain cepat, chatbot punya keunggulan dimana dapat membantu suatu brand untuk meningkatkan engagement sekaligus menghemat waktu dan uang.

Tentu trend digital marketing satu ini akan terus diminati oleh pebisnis dan marketer karena banyak keunggulan, apalagi chatbot yang merupakan sebuah program mampu melayani pelanggan 24 jam. Sebagai seorang yang ingin brandmu semakin dikenal karena kualitasnya, tentu kamu perlu memperhatikan customer service yang cepat agar target pasarmu selalu puas.

6. Instagram Stories

trend digital marketing,instagram stories business

Source : blog.hootsuite.com

Berbisnis dan mempromosikan suatu produk atau brand di zaman ini sudah tidak sulit, banyak platform yang telah menunjang terutama sosial media. Kamu juga pasti merasakannya kan? Sebagai salah satu pengguna sosial media itu sendiri, sering kali kamu menemukan konten iklan baik di sela-sela home atau timeline bahkan sekarang sudah merambah ke fitur stories yang dimiliki rata-rata platform sosial media.

Menurut Paul Webster, Product Marketing Manager Instagram Asia-Pacific, bahwa Instagram stories dinilai optimal karena konsumsinya 32% lebih cepat dibandingkan feed. Itu menjadi salah satu alasan kenapa Instagram stories menjadi incaran pebisnis ataupun marketer untuk menaruh konten brandnya.

Ditambah dengan data pengguna Instagram di Indonesia yang mencapai hingga 53 juta orang, kamu dapat menjangkau potensi sebanyak itu lewat stories pula. Apalagi sekarang banyak fitur seru di stories yang dapat kamu kreasikan untuk membuat konten menarik. Agar target pasarmu tertarik dan terekspos dengan brandmu bahkan membeli bisnis yang kamu tawarkan!

7. Influencer Marketing

trend digital marketing, oberlo, influencer marketing

Source : Oberlo.com

Kamu yang menjadi pebisnis ataupun marketer harus selalu memposisikan dirimu sebagai target konsumenmu pula. Jika kamu direkomendasikan seseorang yang kamu kenal dan sukai, kamu pasti akan lebih percaya untuk membeli sebuah produk kan?

Nah itulah yang dinamakan taktik Influencer Marketing. Pekerjaan sebagai influencer kini sudah semakin umum sejak sosial media ramai digunakan. Dan sepertinya masih akan terus dibutuhkan. Buktinya saja Influencer Marketing masih menjadi salah satu trend digital marketing pada tahun ini.

Hal ini didukung data yang dilansir dari Markeeters, bahwa 8 dari 10 konsumen lebih condong percaya pada rekomendasi orang yang mereka kenal sehingga tingkat kecenderungan konsumen membeli produk semakin tinggi.

Influencer yang dimaksud pun bisa siapa saja, dan dia memiliki sekelompok besar pengguna internet sekiranya cocok dengan target pasar brand yang dimiliki. Jika brand atau produkmu adalah sebuah usaha tentang kopi, kamu harus menjangkau seorang influencer yang identik terkenal karena menyukai kopi pula.

8. Inbound Marketing

inbound marketing, trend digital marketing

Source : tinobusiness.com

Sebenarnya teknik ini sudah ada sejak 2006, namun perlahan-perlahan kembali mendapatkan popularitasnya lagi di era serba digital.

Tapi sebenarnya apa sih Inbound Marketing itu, menurut Panduanim.com, 

“Inbound Marketing adalah strategi pemasaran modern dimana kita berupaya agar calon konsumen lah yang tertarik ingin mencari kita. Ini dilakukan dengan cara menyediakan konten-konten yang mampu menarik perhatian dan mendorong mereka untuk menjadi kustomer.”

 

 

 

 

 

Wah, ternyata ada teknik digital marketing yang seperti itu ya? Tapi bagaimana tuh cara agar calon konsumen yang mencari atau mungkin akan terus kembali untuk mengecek konten yang dimiliki sebuah brand ?

Caranya sederhana. Kamu yang akan menjadi seorang pebisnis atau marketer fokus saja untuk menyediakan konten berkualitas yang bermanfaat bagi potensial konsumen. Ditambah lagi Inbound Marketing sangat sesuai di era digital dimana sarana penunjang seperti Blog, Sosial Media, Search Engine Marketing, Content Marketing, Email Marketing, dan lain-lain serba tersedia.

Konsumen yang sudah melek digital pun saat ini memanfaatkan internet dan mesin pencari untuk memperoleh informasi. Ini juga yang ikut memainkan peran kenapa Inbound Marketing menjadi sangat populer.

Nah, demikian trend digital marketing yang wajib kamu ketahui pada tahun 2019 ini. Semoga trend ini dapat kamu terapkan dalam bisnis atau cara promosimu, Sobat!

Salah satu kunci dalam mengejar mimpi dan kesuksesan adalah dengan fleksibel dalam melihat peluang dan tren. Mengingat bahwa perkembangan digital selalu berubah termasuk pula trend digital marketing itu sendiri kamu pun secara tidak langsung diharuskan untuk bisa adaptif dengan trend-trend baru yang muncul.

Dengan begitu, konten promosi yang dibuat akan relevan dengan kondisi dan situasi terkini. Hal yang perlu diingat juga untukmu bahwa semakin tinggi tingkat kesesuaian suatu konten, maka konten itu akan semakin mudah menjangkau target pasar sehingga peluang pun pasti lebih besar.

Jika artikel ini bermanfaat, share konten FILEMagz agar yang lain ikut teredukasi juga ya, Sobat!

Bagikan ke sesama!
Categories
Business
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia

    September 25 - September 26

TERKAIT