fbpx

5 Tren Bisnis 2020 yang Bakal Viral!

Halo, Sobat FILE!  Tidak terasa ya tahun 2019 sudah hampir berakhir, dan sebentar lagi tahun 2020 akan menghampiri. Apakah kamu sudah menentukan resolusi untuk tahun 2020? Apakah salah satu resolusimu...
tren bisnis 2020, trend bisnis 2020
Tren Bisnis 2020 (Sumber: freepik.com)

Halo, Sobat FILE! Tidak terasa ya tahun 2019 sudah hampir berakhir, dan sebentar lagi tahun 2020 akan menghampiri. Apakah kamu sudah menentukan resolusi untuk tahun 2020? Apakah salah satu resolusimu adalah untuk membawa bisnismu ke tingkat selanjutnya?

Jika iya, maka artikel ini memang untuk kamu! Ketika membuka bisnis, salah satu hal yang paling penting adalah untuk mengetahui apa yang diinginkan pasar. Dengan mengetahui demand pasar, bisnis kita akan lebih mudah berkembang. Nah, kira-kira, tren bisnis apa saja ya yang sesuai dengan minat pasar di tahun 2020? Yuk, langsung kita simak di bawah ini!

Content Creator

content creator, vlogger, video editing

Proses pembuatan video

Di dunia yang serba digital seperti saat ini, salah satu tren bisnis yang banyak diminati orang ialah content creator. Hampir semua brand menggunakan jasa content creator untuk mengurus akun media sosial mereka. Tapi, sebenarnya apa sih content creator dan pekerjaannya apa saja?

Content creator sendiri merujuk kepada orang-orang yang membuat konten di media sosial, baik itu dalam bentuk gambar, video, maupun audio. Pilihan konten yang dibuat pun sangat bervariasi dan tidak terbatas, mulai dari eksperimen sains sampai kisah-kisah travelling. Mungkin kamu juga sudah familiar dengan istilah blogger dan juga vlogger. Nah, kedua profesi tersebut merupakan profesi yang berada di lingkup content creator.

Selain gaji yang lumayan besar, bisnis content creator juga tergolong cukup fleksibel loh, Sobat FILE! Selain bebas untuk memilih jam kerja, seorang content creator juga tidak terikat dengan peraturan yang ketat. Cocok banget nih untuk kalian yang punya waktu luang dan memiliki kreativitas lebih!

Online Store

online shop. online shopping, online store, marketplace, e-commerce

Online Shop (Sumber: invent.id)

Seiring dengan berkembangnya marketplace dan e-commerce di Indonesia, semakin tinggi juga nih kesempatan kita untuk membuka bisnis online store pada zaman sekarang. Kamu bisa membuka online store di marketplace ataupun di media sosial. 

Kamu bingung mau membuat produk apa? Nah, kamu tidak perlu khawatir, karena untuk membuka sebuah bisnis, kamu tidak harus memiliki produk sendiri lho. Kamu bisa menggunakan metode dropship, yaitu dengan menjual produk milik supplier atau toko lain. Selain itu, kamu juga bisa menjual barang barang bekas yang sudah tidak kamu pakai. Seperti tagline milik salah satu e-commerce terkenal, yang penting Mulai Aja Dulu!

Digital Marketer

digital marketing, digital marketer

Data statistik

Kamu mengerti tentang sosial media dan suka dengan marketing? Kalau iya, mungkin tren bisnis yang ketiga ini akan menarik perhatianmu. Apabila marketing konvensional memasarkan produk melalui iklan pada majalah, koran, atau bahkan billboard, maka digital marketing memindahkan seluruh proses tersebut ke ranah digital. Digital marketer, yaitu seseorang yang melakukan digital marketing, akan memasarkan produk melalui iklan pada website, media sosial, atau bahkan melalui email.

Digital marketer melakukan keseluruhan proses marketing secara digital, baik itu dari segi konten, website, customer service, dan sebagainya. Digital marketer juga bertugas untuk menganalisa dan mengedukasi pelanggan terhadap sebuah brand atau produk. Jadi, bukan hanya sekedar promosi, digital marketer juga membantu sebuah brand untuk dikenal oleh lebih banyak orang secara digital.

Seperti yang kita tahu, perubahan digital telah berdampak pada hampir seluruh aspek kehidupan kita, termasuk bisnis. Munculnya berbagai sarana untuk melakukan bisnis online akan membuat bisnis-bisnis membutuhkan jasa para digital marketer untuk membantu meningkatkan bisnis mereka. 

Translator/Penerjemah

translator, penerjemah

Diskusi sekelompok orang

Pada era globalisasi seperti saat ini, komunikasi dengan orang-orang dari luar negeri tidak bisa kita hindari. Nah, maka dari itu, bisnis yang satu ini sungguh dibutuhkan agar komunikasi dengan orang yang berasal dari luar negeri terjalin dengan lancar. Apalagi di Indonesia, perkembangan ekonomi yang pesat seperti saat ini membuat banyak investor-investor asing datang dan membutuhkan penerjemah baik untuk melakukan komunikasi maupun negosiasi.

Bingung bahasa apa yang harus kamu pelajari? Nah, berdasarkan data yang diambil dari Babbel Magazine (2019), bahasa Mandarin, Inggris dan Spanyol merupakan tiga bahasa utama yang paling banyak penggunanya. Ketiga bahasa ini bisa banget nih jadi opsi untuk kamu yang tertarik untuk menjadi penerjemah!

Business Advisor

business advisor

Business Advisor

Eits, kalau kita berbicara soal bisnis, pasti ada tantangan dan strategi yang harus dihadapi dengan baik bukan? Dengan banyaknya kompetitor dalam suatu bidang bisnis, penting bagi sebuah bisnis untuk menggunakan jasa business advisor. Kira-kira tugas seorang business advisor itu apa ya?

Sebagai business advisor, kamu akan menganalisis strategi bisnis, baik secara marketing maupun finansial. Analisis tersebut ditujukan untuk menentukan perencanaan investasi, strategi marketing, serta kesempatan dalam funding. Mungkin teknologi yang sudah maju dapat memberikan data statistik dari suatu perusahaan, tetapi teknologi tersebut tetap tidak dapat melakukan analisis dan menyusun strategi. Di sini lah business advisor berperan penting, terutama dalam bisnis yang berkaitan erat dengan customer.

Itulah 5 tren bisnis 2020 yang dapat membantumu menentukan prospek bisnis kamu. Tren bisnis manakah yang berhasil menarik minat kamu, Sobat FILE? Atau bahkan, mungkin kamu sudah mempersiapkan bisnismu sendiri untuk tahun 2020? Bagikan di kolom komentar ya!

Bagikan ke sesama!
Categories
BusinessInspirationTips & Trick
4 Komentar di artikel ini.
  • foundries
    26 January 2020 at 2:12 pm
    Tinggalkan Komentar

    Ԍood day! Do you use Twitter? I’d like to follow you if that would be okay.
    I’m definitely enjoying your bloց and look
    forward to new updates.

  • online women fashion stores
    15 February 2020 at 9:44 pm
    Tinggalkan Komentar

    You actually make it seem so easy with your presentation but I find this matter
    to be actually something which I think I would never understand.
    It seems too complicated and very broad for me. I’m looking forward for your next post, I will try to get the hang of it!

  • digress
    23 February 2020 at 9:34 am
    Tinggalkan Komentar

    Way cоol! Some very valid points! I appreciate
    you pеnning this post and also the rest of the site is extremely good.

  • Click to Website
    23 February 2020 at 12:33 pm
    Tinggalkan Komentar

    Thanks for finally talking about >5 Tren Bisnis 2020 yang Bakal Viral!
    – FILE <Loved it!

  • Tinggalkan Komentar

    *

    *

    Newsletter

    TERKAIT