fbpx

Tips untuk kamu yang ingin memulai investasi saham!

Halo, Sobat FILE! Investasi saham pada masa kini banyak diminati oleh anak muda lho! Dengan berinvestasi, kamu dapat memperoleh keuntungan serta hak milik atas perusahaan dari persentase saham yang...
Investasi saham

Halo, Sobat FILE!

Investasi saham pada masa kini banyak diminati oleh anak muda lho! Dengan berinvestasi, kamu dapat memperoleh keuntungan serta hak milik atas perusahaan dari persentase saham yang kamu beli. Namun, bagaimana sih cara investasi saham yang baik? Nah bagi kamu yang ingin tahu cara investasi saham yang baik, FILE sudah menyiapkan beberapa tips yang dapat kamu gunakan sebagai tahapan awal untuk berinvestasi saham. Tanpa menunggu lebih lama lagi, mari kita simak artikel berikut!

1.  Mulai dari kecil

Yap! Pertanyaan yang sering muncul bagi kamu yang ingin memulai investasi saham. Berapa modal yang harus disiapkan untuk memulai investasi saham? Jawabannya adalah mulailah dari kecil terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir potensi kerugian yang kamu dapatkan. Tentunya kamu perlu beradaptasi dalam menganalisa suatu saham, bukan? Jika kamu sudah yakin dengan analisa kamu, maka kamu dapat menambahkan modal kamu sedikit demi sedikit.

2. Kontrol emosi dalam pemilihan saham

Kontrol emosi kamu agar tidak mengalami kerugian

Salah satu faktor banyak orang yang rugi dalam berinvestasi saham adalah karena tidak bisa mengontrol emosi dengan baik. Dengan emosi yang tidak stabil, maka kamu tidak dapat menganalisa suatu saham dengan baik loh! Hal ini akan berujung dengan kerugian yang tentunya tidak ingin kamu dapatkan bukan?

3. Pilih Saham yang Terdapat di Indeks LQ45 atau IDX30

Indeks saham yang dikeluarkan oleh bursa efek indonesia adalah ukuran statistik perubahan harga dari kumpulan saham yang ada. Nah, terdapat banyak sekali indeks saham yang dikeluarkan oleh bursa efek indonesia. Namun, jika kamu bingung mau memilih saham apa yang ingin dibeli, maka kamu bisa menggunakan indeks LQ45 atau IDX30 sebagai acuan. Karena saham yang masuk ke dalam indeks tersebut, merupakan saham yang memiliki likuiditas yang tinggi serta memiliki fundamental yang baik dan pastinya cocok untuk kamu yang baru terjun di dunia investasi.

4. Beli ketika harga sedang turun

Banyak orang beranggapan bahwa, jika harga saham sedang turun, maka momen tersebut adalah waktu buruk untuk membeli suatu saham. Hal ini tidaklah benar, karena saham yang sedang turun tentu akan kembali naik, dan bisa menghasilkan kamu keuntungan yang lebih maksimal. Namun, perlu diperhatikan juga, sebaiknya kamu jangan asal dalam membeli saham yang sedang turun. Karena bisa saja saham tersebut akan turun lebih jauh, sehingga bisa menghasilkan kerugian yang tidak kamu duga.

5. Hindari untuk membeli satu jenis saham

Terdapat banyak sektor saham yang bisa kamu pilih untuk berinvestasi, salah satunya iala perbankan. Namun, jangan berinvestasi dalam satu sektor saja, karena bisa saja kedepannya sektor tersebut akan mengalami penurunan yang cukup dalam, sehingga mengakibatkan kerugian yang cukup tinggi. Oleh karena itu, hindari menanamkan modal hanya pada satu jenis saham tertentu, untuk mengantisipasi berbagai faktor eksternal dan internal yang akan menyebabkan harga saham kamu mengalami penurunan.

6. Tidak Berhenti Belajar

tips investasi saham tidak berhenti belajar
Jangan pernah berhenti untuk belajar

Semakin muda memulai berinvestasi, maka semakin banyak waktu yang tersedia untuk belajar. Di dalam dunia investasi, terdapat dua analisa umum yang dapat kamu pelajari, yaitu analisa fundamental dan analisa teknikal. Dengan mempelajari dua tipe analisa ini, maka kesempatan kamu untuk mendapatkan keuntungan akan semakin besar. Oleh karena itu, jangan mudah puas dengan hasil yang telah kamu dapatkan sekarang, tingkatkan terus ilmu kamu agar semakin mahir dalam berinvestasi saham!

Nah, Sobat FILE! Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan jika ingin memulai investasi saham. Jangan mudah menyerah dalam berinvestasi. Karena, salah satu jalan bagi kamu yang ingin meraih kebebasan finansial, adalah dengan berinvestasi. Bagi kamu yang memiliki tips lain untuk memulai investasi saham, boleh banget nih! Untuk memberikan tipsnya di kolom komentar. Serta, bagi kamu yang ingin mengetahui aplikasi apa saja yang bisa kamu gunakan untuk berinvestasi maka kamu bisa cek artikelnya disini dan jangan lupa untuk mengikuti terus perkembangan instagram FILE disini. See you on next artikel!

Bagikan ke sesama!
Categories
BusinessFinance
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT