fbpx

Platform Chatbot for Business : Buat Chatbot dalam Hitungan Menit!

Halo, Sobat FILE! Bagi kamu yang suka bisnis, pastinya sudah tahu dong kalau dunia bisnis itu luas banget! Dunia bisnis yang dulunya banyak diisi oleh orang-orang berpengalaman berumur 30...
platform chatbot
Source : Adweek.com

Halo, Sobat FILE! Bagi kamu yang suka bisnis, pastinya sudah tahu dong kalau dunia bisnis itu luas banget! Dunia bisnis yang dulunya banyak diisi oleh orang-orang berpengalaman berumur 30 tahun ke atas pun, sekarang sudah banyak dipenuhi oleh anak-anak muda. Banyak anak-anak muda yang terjun ke dunia bisnis membawa ide-ide kreatif mereka, ataupun mencoba berbisnis hanya sekedar untuk menambah uang saku dengan cara membuka online shop.

Nah, banyaknya orang yang ingin terjun ke dunia bisnis ini pastinya membuat persaingan semakin ketat dong? Apalagi online shop, banyak sekali online shop yang menjual barang yang sama sehingga kamu harus bekerja ekstra memuaskan pembeli agar mereka tetap setia belanja di tokomu.

Karena itu, sekarang banyak orang yang mecari partner untuk menjalankan bisnis mereka. Dengan adanya partner, kerjaan kamu dapat selesai dengan lebih cepat dan pastinya dapat lebih maksimal. Mungkin sekarang kamu berpikir dimana kamu bisa mencari partner dengan mudah untuk membantu bisnismu. Tenang Sobat FILE! Sekarang bukan manusia saja lho yang dapat kamu jadikan partner, tapi sekarang robot pun bisa membantu meringankan pekerjaan kamu!

Robot yang dimaksud adalah chatbot! Chatbot adalah sebuah program komputer yang dapat kamu jadikan asisten untuk membantu menangani chat-chat customers yang berdatangan atau untuk menyampaikan informasi tentang bisnismu dengan lebih cepat. Mendengar kata program komputer, mungkin kamu berpikir chatbot hanya bisa dibuat oleh orang yang memiliki kemampuan di bidang IT. Tapi ternyata tidak, Sobat FILE! Kamu yang tidak memiliki pengalaman apapun terkait dunia IT, ternyata juga bisa lho membuat chatbot sendiri!

Cara membuatnya pun gampang banget, Sobat FILE! Sekarang, sudah banyak platform yang dapat kamu manfaatkan untuk membuat chatbot sendiri. Kamu hanya perlu mengikuti step-step yang ada dan chatbot pun dapat langsung kamu pakai. Berikut platform-platform yang dapat kamu gunakan:

1. EVA

Hasil gambar untuk eva chatbot

Source : www.eva.id

Dengan EVA, kamu dapat membuat chatbot yang berfungsi untuk mengelola komunitas, mempermudah transaksi, customer service dan sebagainya. Kelebihan dari EVA adalah chatbot dapat belajar dari pemiliknya dengan metode chat yang praktis atau melalui halaman console. Chatbot dapat menyimpan pengetahuan baru yang diberikan oleh pemilik yang akan disimpan di Knowledge Center Chatbot.

Jika kamu menggunakan EVA, kamu akan mendapatkan 1000 respon atau kredit chat gratis, lho! Jika kredit chat kamu sudah habis, kamu cukup membayar 70 ribu rupiah per 10 ribu respon tanpa ada biaya pengembangan chatbot. Saat ini, EVA dapat berfungsi di beberapa aplikasi messenger yaitu Telegram Messenger, Facebook Messenger, dan LINE.

2. BJtech

Source: www.imgrum.pw/tag/bjtech

BJtech menawarkan kemudahan dalam membuat chatbot yang membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja. Kamu hanya perlu mengisi tujuan dan fungsi chatbot yang kamu inginkan, merancang alur percakapan, dan mengkonfigurasi chatbot melalui aplikasi messenger. Gampang banget kan, Sobat FILE? Saat ini, BJtech sudah dikonfigurasi melalui Facebook, Telegram, Twitter, dan LINE. Jika kamu pengguna pertama, kamu dapat menggunakan platform ini secara gratis dan kemudian akan dikenakan biaya sebesar 50 ribu rupiah perbulan.

3. Vutura

platform chatbot

Source : vutura.io

 

Vutura menyediakan platform untuk membuat chatbot-mu sendiri tanpa perlu pengetahuan teknis. Vutura memiliki keunggulan yaitu dapat membuat chatbot dengan karakter tertentu. Selain itu, Vutura juga menyediakan page documentation yang lengkap sehingga kamu dapat dengan mudah mengintegrasikan chatbot­-mu di aplikasi chat pilihanmu. Saat ini, Vutura mampu terhubung dengan LINE, Telegram, Facebook, dan website.

4. Chatfuel

Hasil gambar untuk chatfuel

Chatfuel merupakan chatbot platform untuk Facebook Messenger yang akan memandu kamu step by step dalam membuat chatbot yang kamu inginkan dengan mudah, karena interface-nya yang rapi dan mudah dimengerti. Kamu dapat mengedit respon serta menambahkan konten dengan hyperlink sederhana. Chatfuel juga menyediakan beberapa paket dengan kelebihan masing-masing, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

5. Engati

Hasil gambar untuk engati

Source: www.engati.com

Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Engati, mulai dari proses pembuatan yang hanya memerlukan waktu 10 menit hingga fitur-fitur menarik seperti voice feature, intelligent paths, analytics, private labelling, dan masih banyak lagi. Selain itu, Engati juga tersedia di 12 platform yang berbeda seperti WhatsApp, Messenger, Telegram, LINE, Fiber, Skype, Slack, Website, dan lain-lain.

 

 

Bagikan ke sesama!
Categories
AppsBusinessTech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT