Inilah Cara Tepat untuk Menjadi Mahasiswa Produktif!

Hai, sobat FILE! Menjadi seorang mahasiswa produktif tidaklah mudah, kebanyakan dari mahasiswa banyak dihadapkan dengan berbagai tugas, sehingga akan merasa mempunyai sedikit waktu untuk mengerjakan tugas perkuliahan. Kamu juga...

Hai, sobat FILE! Menjadi seorang mahasiswa produktif tidaklah mudah, kebanyakan dari mahasiswa banyak dihadapkan dengan berbagai tugas, sehingga akan merasa mempunyai sedikit waktu untuk mengerjakan tugas perkuliahan.

Kamu juga sering merasa pusing karena di akhir pekan masih banyak tugas yang belum terselesaikan, sehingga membuat waktu bersenang-senang bersama sahabat menjadi sangat berkurang. Meningkatkan produktivitas dan mengatur waktu sebaik mungkin merupakan hal terpenting untuk menjadi seorang mahasiswa produktif. Nah, berikut cara tepat untuk menjadi mahasiswa produktif, yang perlu kamu ketahui!

 

Merencanakan Waktu Pengerjaan Tugas

FILEMagz-Mahasiswa Produktif(Sumber: Freepik)

(Sumber: Freepik)

Sebaiknya sebelum kamu mengerjakan tugas, kamu harus merencanakan waktu pengerjaan. Sebagai mahasiswa produktif, kamu dapat memilah tugas yang bisa dikerjakan terlebih dahulu agar kamu tidak menjadi mahasiswa deadliner. Jika kamu mengerjakan tugas dengan waktu yang mendadak, akan ada saja permasalahan yang mucul. Seperti, gagal meng-upload tugas, printer bermasalah, dan lainnyaMerencanakan waktu pengerjaan tugas bertujuan agar kamu dapat menggunakan waktu sebaik-baiknya, juga agar dapat mengerjakan tugas berikutnya.

 

Abaikan Gangguan dalam Pengerjaan Tugas

(Sumber: Freepik)

Biasanya mahasiswa sangat mudah sekali terganggu fokusnya saat mengerjakan tugas, dan hal ini harus bisa kamu abaikan agar dapat menyelesaikan tugas tepat pada waktunya.

Gangguan yang biasa di alami mahasiswa antara lain:

  • Notifikasi gadget pada media sosial, games, dan lainnya
  • Teman yang malas, seperti teman yang mengajak kita agar bermain dan melupakan tugas

Sebagai mahasiswa produktif, sebaiknya hal tersebut harus bisa kamu abaikan terlebih dahulu dalam pengerjaan tugas, agar tugas yang telah diberikan tidak terbengkalai begitu saja.

 

Mengatur Waktu Belajar

(Sumber: Freepik)

Sebagai mahasiswa produktif, kamu harus pandai dalam mengatur waktu belajar dengan mengisi waktu jeda kelas dengan baik. Terkadang akan banyak sekali jeda waktu yang diberikan, sebaiknya kamu bisa mengisi jeda waktu tersebut dengan hal yang bermanfaat. Seperti bertukar pikiran dengan teman tentang materi yang dipelajari di kelas, atau kamu dapat berkunjung ke perpustakaan bersama teman kamu, agar kamu juga dapat beristirahat sejenak.

BACA: INILAH KUNCI UNTUK MENJAGA KEUTUHAN TIM

 

Mengatur Waktu Olahraga

(Sumber: Kata.co.id)

Gejala yang sering dialami mahasiswa adalah sering terjangkit penyakit. Seperti flu, batuk, dan demam, yang membuat mahasiswa merasa kurang fit. Ini disebabkan karena kurangnya berolahraga. Dengan berolahraga secara teratur, kamu dapat sekaligus meningkatkan produktivitasmu, karena berolahraga dapat meningkatkan stamina dan konsentrasi. Sebagai mahasiswa produktif, setidaknya kamu dapat berolahraga minimal 3 kali seminggu selama minimal 30 menit.

 

Mengatur Kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

(Sumber: Freepik)

Dengan mengikuti UKM, kamu memiliki peluang lebih besar untuk mendapat lebih banyak teman, serta jaringan hubungan yang lebih luas lagi. Dalam kegiatan UKM, kamu juga dapat belajar banyak yang belum tentu diajarkan di kelas, seperti berlatih kepercayaan diri dengan berbicara di depan umum, dan lainnya.

Namun, biasanya tugas kuliah akan berbentrokan dengan kegiatan UKM. Begitu juga sebaiknya, kamu dapat mengatur waktu kegiatan UKM itu di hari apa saja, agar tugas kuliahmu tidak terbengkalai. Apalagi jika sampai tugas kuliah tidak kamu kerjakan karena kegiatan UKM.

 

Mengatur Waktu Istirahat

(Sumber: Freepik)

Kebiasaan dari kebanyakan mahasiswa adalah waktu tidur yang terlalu malam. Waktu istirahat yang baik sekurang-kurangnya 7 jam semalam. Namun, kebiasaan mahasiswa apabila tidak ada kelas di pagi hari justru digunakan untuk istirahat hingga siang. Sebaiknya kebiasaan dalam bangun pagi harus tetap terjaga, karena dengan bangun pagi, kamu memiliki waktu yang cukup untuk mandi, sarapan dan bersiap-siap berangkat ke kampus. Dengan mengatur waktu istirahat, dapat meningkatkan kosentrasi dalam belajar dan produktivitas sebagai mahasiswa.

Bagikan ke sesama!
Categories
InspirationProductivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT