Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Membeli Nintendo Switch

Belakangan, Nintendo sempat tertinggal dengan kedua saingan beratnya, Sony yang memiliki Playstation 4 dan Microsoft yang memiliki Xbox One. Setelah Wii U, Nintendo merangkul Nvidia untuk membesut konsol terbarunya,...

Belakangan, Nintendo sempat tertinggal dengan kedua saingan beratnya, Sony yang memiliki Playstation 4 dan Microsoft yang memiliki Xbox One. Setelah Wii U, Nintendo merangkul Nvidia untuk membesut konsol terbarunya, Nintendo Switch yang dirilis pada tanggal 3 Maret 2017.

Jenis warna Nintendo Switch tersedia dalam 2 varian, Biru-Merah Neon dan Abu-abu.

Dalam 1 kotak Nintendo Switch, kamu akan mendapatkan sejumlah gear berikut ini:

Namun jika kamu merasa belum puas, kamu bisa membeli aksesoris lainnya seperti:

Nintendo Switch yang dibanderol dengan harga 6,5 juta rupiah, menawarkan spesifikasi berikut:

Bodi 102 x 239 x 13,9 mm, 398 gram

Prosesor NVIDIA Tegra

GPU NVIDIA Maxwell

RAM 4 GB

Storage 32 GB, microSD up to 2 TB

Layar LCD 6,2 inci (1.280 x 720 pixel)

Kamera N/A

Baterai 4.310 mAh

Sistem Operasi Switch OS

Jaringan WiFi, Bluetooth

Sensor Brightness, accelerometer, gyroscope

 

Kelebihan

1. Portable Banget

Sesuai namanya, Nintendo Switch menggambarkan bentuk konsol yang dapat diubah, terbukti Nintendo Switch bikin kamu bisa gaming dimana saja, karena selain ringan, tablet tersebut bisa disesuaikan dengan tempat dimana kamu akan bermain. Pasalnya, Nintendo Switch dapat dimainkan dengan 3 mode berikut ini:

TV Mode

source : LoadScreen

 

Handheld Mode

source : Ars Technica

 

Tabletop Mode

source : Fenix Bazaar

 

2. Gameplay Inovatif

Semua orang tahu tradisi Nintendo dalam melahirkan perangkat game yang kreatif dan inovatif seperti Wii, Wii U, dan handheld 3Ds. Selain handheld mode, Nintendo Switch juga dapat dimainkan dengan menggerakan badan secara aktif seperti Wii. Berikut beberapa judul game yang hadir di konsol ini:

  • The Legend of Zelda: Breath of the Wild
  • Super Mario Odyssey
  • Splatoon Switch
  • Mario Kart Switch
  • Just Dance 2017
  • Holiday 2017 Sonic Game
  • Dragon Quest X
  • Dragon Quest XI
  • Steamworld Heist
  • dan masih banyak lagi.

3. Joy-Con Ajaib

Nintendo Switch punya sebutan sendiri untuk kontrolernya, Joy-Con. Dengan ukuran super mini, konsol ini membebaskanmu menggunakannya dengan berbagai cara. Mau dipasang di kiri dan kanan tablet, dijadikan seperti kontroler pada umumnya, ataupun dilepas dan dibawa kesana kemari. Dilengkapi sensor cahaya, accelerometer, gyroscope dan vibrator bikin kontroler ini bisa mendeteksi pergerakan kamu.

 

Kekurangan

1. Layar Kurang Maksimal

Walaupun dapat digunakan dimana saja, layar tablet Nintendo Switch masih memiliki kekurangan, di antaranya layar tersebut masih menggunakan panel LCD yang memantulkan bayangan sehingga mengganggu tampilan saat kamu bermain di luar ruangan.

2. Bukan Tablet Multimedia

Tanpa dock dan joy-con nya, sekilas Nintendo Switch memang seperti tablet pada umumnya, namun konsol ini tidak dilengkapi fitur browser, media player, ataupun fitur tablet lainnya seperti PS Vita, dikarenakan rentan pembajakan. Padahal jika kaya akan fitur, mungkin konsol ini akan laku keras karena selain memberikan pengalaman gaming yang menarik, konsol ini juga dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

 

Tidak ada konsol yang sempurna, di satu sisi, Nintendo Switch menawarkan pengalaman bermain game yang tidak terbatas oleh tempat. Kamu bisa bermain di rumah menggunakan TV atau bermain on-the-go di luar rumah. Konsol ini juga dapat kamu mainkan dengan atau tidak menggerakan anggota tubuh. Namun kamu tidak dapat menggunakannya untuk keperluan lain di luar game. Jika ke depannya Nintendo bisa menggandeng banyak developer, rasanya Nintendo Switch akan menjadi konsol yang menarik bagi para casual gamer.

Nah, jika kamu merasa puas dengan fitur yang ditawarkan dan tertarik untuk membelinya, kamu bisa menonton video first look dan presentasinya yang memberikanmu banyak informasi untuk membulatkan tekadmu.

Ketika kamu sudah memutuskan untuk membeli, langsung saja ke situs web resminya!

Bagikan ke sesama!
Categories
GadgetGamesTech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

TERKAIT