Ayo Intip GPU Terbaru, Nvidia RTX 2080/TI!

Halo, sobat FILE! Di zaman yang modern ini, bidang teknologi hardware komputer menjadi salah satu bidang yang paling berkembang. Dilihat dari kegunaannya, hardware komputer tentunya sama pentingnya dengan software komputer...
Nvidia RTX 2080/TI - FILE Magz

Halo, sobat FILE! Di zaman yang modern ini, bidang teknologi hardware komputer menjadi salah satu bidang yang paling berkembang. Dilihat dari kegunaannya, hardware komputer tentunya sama pentingnya dengan software komputer dalam peran masing-masing. Salah satunya untuk menjalankan suatu komputer agar dapat berfungsi sebagaimana semestinya.

Salah satu komponen hardware yang penting dalam suatu komputer adalah sebuah GPU (Graphical Processing Unit), atau unit pemroses grafik. Sebuah GPU berperan paling besar dalam tugas-tugas yang berkaitan dengan grafik, seperti gaming, image and graphic rendering, GPU mining, dan lain-lain. Tanpa sebuah GPU, semua proses grafik akan dilakukan oleh CPU (Central Processing Unit), yang dapat menambah beban kerja yang besar ke CPU.

 

GPU Nvidia RTX 2080/TI

Baru-baru ini, keluarlah sebuah GPU terbaru dari Nvidia, perusahaan ternama pembuat GPU, yaitu Nvidia RTX 2080/TI. Produk keluaran terbaru ini merupakan sebuah next-gen GPU, dan saat ini merupakan flagship dari Nvidia.

Nvidia RTX 2080/TI - FILE Magz

Sumber: wccftech.com

GPU yang satu ini dibangun dengan arsitektur Turing, dengan platform terbaru RTX. GPU ini memiliki fitur ray-tracing graphics pertama kali di dunia, dan didampingi dengan dengan AI atau kecerdasan buatan Tensor Cores. Tentunya akan memberikan sebuah level grafik yang sangat realistis. Spefisikasi dari GPU ini adalah sebagai berikut:

  • 4.352 CUDA Cores,
  • 1.350 MHz Base Clock,
  • 1.635 MHz Boost Clock,
  • 11GB GDDR6 VRAM (video memory),
  • 14Gbps Memory speed,
  • Dual-slot form factor,
  • 2 x 8-pin Power connectors,
  • 3 x DisplayPort 1.4, 1 x HDMI 2.0, 1 x USB-C Ports.
Nvidia RTX 2080/TI - FILE Magz

Sumber: Neowin

Performa Benchmark GPU

Nvidia RTX 2080/TI juga dibuat dengan bilik uap yang menutupi PCB (Printed Circuit Board) secara kesuluruhan. Menurut Nvidia, desain ini dapat membuat GPU ini tetap dingin dan dapat bekerja dengan diam. Walaupun performa benchmark dari GPU ini belum dapat diterbitkan dengan resmi, kita dapat melihat performa dari GPU ini dengan menjalankan beberapa video game PC. Demonstrasi ini pernah dilakukan pada saat acara Nvidia’s GeForce Gaming Celebration di Gamescom 2018Demonstrasi tersebut memainkan video game seperti: Shadow of the Tomb Raider dalam resolusi 4K dengan 60 fps (frames per second) keatas; Battlefield V dan Metro: Exodus, dalam settingan Ultra dan resolusi 4K yang mencapai 100 fps keatas.

 

Nvidia RTX 2080/TI - FILE Magz

Sumber: techradar.com

Nvidia RTX 2080/TI - FILE Magz

Sumber: KotakGame

Tentunya, GPU ini merupakan salah satu yang paling baru dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang mengagumkan, yang dapat memberikan pengalaman gaming yang terbaik. Nah, bagaimana sobat FILE? Jika kamu tertarik, bila mulai pre-order loh; GPU raksasa ini dijual dengan harga mulai dari USD $1,199 atau setara dengan sekitar Rp 17.870.000.

Baca Juga: Android Pie 9.0 dan Fitur yang Perlu Kamu Ketahui!

Bagikan ke sesama!
Categories
GamesHobbyTech CornerTech News
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT