Terbaru! Kini Laptop dan PC Kamu Bisa Gunakan Fingerprint

Jika kamu pengguna laptop dengan merek tertentu, kalian pasti sudah tidak asing dengan Synaptics. Ya, Synaptics adalah perusahaan touchpad dan touchscreen, kali ini mereka memperkenalkan produk terbaru mereka. Pada...

Jika kamu pengguna laptop dengan merek tertentu, kalian pasti sudah tidak asing dengan Synaptics. Ya, Synaptics adalah perusahaan touchpad dan touchscreen, kali ini mereka memperkenalkan produk terbaru mereka. Pada ajang Computex 2016 yang telah digelar minggu lalu di Taiwan, Synaptics telah memperkenalkan USB fingerprint.

Dongle USB fingerprint ini bisa menambahkan sistem keamanan yang lebih baik untuk desktop atau laptop yang tak dilengkapi dengan sensor fingerprint. Dongle USB ini bekerja seperti sensor fingerprint yang terdapat pada smartphone, yang tujuan utamanya untuk membuka kunci perangkat dengan sidik jari si pemilik.

Teknologi fingerprint sudah masuk ke dalam perangkat mobile. Hal ini dipopulerkan oleh Apple yang merilis iPhone 5s dengan fitur Touch ID. Sejak saat itu, berbagai vendor smartphone mulai menyematkan fitur ini ke dalam smartphone mereka. Tak hanya ponsel high-end saja, tetapi ponsel low-end kini juga menggunakan fitur fingerprint.

Berbeda dengan smartphone, sensor fingerprint masih menjadi fitur baru untuk perangkat PC dan laptop. Jadi tidak heran hanya segelintir laptop yang memiliki fitur ini. Namun bagi kalian yang ingin mencoba fitur ini, jangan takut karena harus membeli laptop baru. Kalian tetap dapat mencoba fitur ini dengan laptop kalian.

Dengan menggunakan dongle mungil yang diperkenalkan oleh Synaptics, Kamu bisa menambahkan sistem keamanan fingerprint scanner pada perangkat PC atau laptop. Namun perlu dicatat, USB fingerprint dari Synaptics didesain untuk sistem biometrik di Windows versi terbaru.

Cara penggunaannya sangat mudah, Kamu hanya perlu memasukkan Dongle ini ke port USB, maka kamu akan mendapatkan pengaturan keamanan dan kemudian bisa mengakses keamanan laptop kamu dengan sensor tersebut. Synaptics sendiri berencana akan memulai produksi kuartal keempat pada tahun 2016.

 

[Angeline Gunawan]

Bagikan ke sesama!
Categories
Tech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT