fbpx

3 Cara Jitu Tetap Fokus dan Terlepas dari Gangguan Gadget

Halo, Sobat FILE! Kamu pastinya sering merasa konsentrasi teralihkan saat sedang ingin fokus melakukan sesuatu, baik mengerjakan tugas, belajar dan lain sebagainya. Hal yang paling sering membuat konsentrasimu buyar...
cara tetap fokus

Halo, Sobat FILE! Kamu pastinya sering merasa konsentrasi teralihkan saat sedang ingin fokus melakukan sesuatu, baik mengerjakan tugas, belajar dan lain sebagainya. Hal yang paling sering membuat konsentrasimu buyar pasti karena pikiranmu ingin selalu meraih gadget untuk mengetahui notifikasi pesan atau sekedar cek story di Instagram hingga lupa waktu. Dan jadinya, sesuatu yang ingin kamu kerjakan jadinya tertunda. Kamu pasti berharap agar punya cara tetap fokus dari segala gangguan tersebut kan?

Nah, FILE punya 3 cara tetap fokus  yang dapat membantumu terlepas dari gangguan gadget. Yuk simak bacaannya di bawah!

Matikan gadget selama bekerja atau belajar

Sudah pernah melakukan cara mengatasi kecanduan gadget yang satu ini? Salah satu hal yang membuat kita susah berkonsentrasi adalah penggunaan gadget. Adanya rasa ingin memeriksa notifikasi atau hanya sekedar melihat-lihat sosial media dapat membuat produktivitas jadi terganggu.

Secara otomatis pastinya setiap orang langsung membuka aplikasi tersebut bahkan bisa menghabiskan waktu selama 10 menit atau bahkan lebih karena keasyikan. Tidak berhenti sampai disitu, kamu akan berpindah dari satu app ke app yang lain. Notifikasi instagram sudah selesai ditelusuri, ada notifikasi dari Youtuber yang kontennya tak bisa dilewatkan. Nah, kalau begitu kapan kamu mulai bekerja atau belajarnya?

Coba mulai matikan gadget selama bekerja atau belajar agar dapat lebih berkonsentrasi sehingga tidak perlu selalu memeriksa gadget. Bereskan semua hal yang mengharuskan kamu menggunakan gadget. Kabari orang-orang terdekatmu, kalau kamu sedang ingin fokus. Bila perlu, pasang status OFF atau Sedang Focus di layanan chat yang kamu punya agar tidak ada yang menghubungi atau khawatir karena kamu sedang tidak bisa dihubungi.

  Gunakan Tools yang Dapat Membantumu Konsentrasi

Ternyata ada beberapa tools atau app yang didesain khusus untuk meningkatkan konsentrasi loh, Sobat FILE! Salah satunya adalah Forest.

forest, cara tetap fokus, cara produktif

Source : id.techinasia.com

Forest adalah sebuah app yang cukup unik. App ini mengajak kamu untuk meletakkan gadget dan fokus kepada apa yang lebih penting dalam hidupmu seperti bekerja atau belajar. Begitu kamu menginstall dan mengaktifkan aplikasi ini, kamu akan mulai menanam pohon virtual berdasarkan waktu kamu jauh dari gadget.

Semakin lama kamu jauh dari gadget, semakin besar pohon virtual yang kamu tanam. Pohon akan mati jika kamu keluar dari aplikasi. Untuk mulai menanam, kamu bisa mengatur seberapa lama kamu ingin jauh dari gadget, dari 10 menit hingga 120 menit. Setelah itu tap Plant, jika kamu ingin menggunakan smartphone lagi, tap Give Up untuk keluar.

Kalau sering menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membuat hutan virtual yang berisi “pohon” catatan waktu penggunaan smartphone. Tujuan dari app ini yaitu merawat pohon virtual hingga tumbuh sebesar mungkin. Nah, aplikasi ini sangat pas untuk kamu yang ingin fokus selama 1-2 jam untuk belajar atau bekerja. Selain itu kamu juga bisa mengembangkan pola pikir untuk melestarikan hutan loh!

Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan App Store!

Simpan Gadget Jauh-Jauh dari Penglihatanmu

Jika saat bekerja atau belajar kamu letakkan gadget di area yang bisa terlihat oleh matamu, keinginan untuk mengecek gadget lebih besar dibandingkan kamu simpan jauh-jauh dari penglihatanmu. Kamu juga merasa lebih tenang dan santai tanpa ada dorongan untuk tahu notifikasi atau update apa saja yang baru saja kamu lewatkan.

 

Nah, begitulah 3 cara yang dapat kamu langsung terapkan Sobat FILE! Semoga dapat membantu kamu untuk meningkatkan fokus! Atau kamu punya cara jitu lain? Share dan komen artikel ini jika menurut kamu bermanfaat!

Bagikan ke sesama!
Categories
Productivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia

    September 25 - September 26

TERKAIT