fbpx

Berikut 5 Orang Yang Paling Berpengaruh di Bidang IT!

Halo sobat FILE! Pasti dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan berbagai macam teknologi yang memudahkan pekerjaan kita. Nah tentunya teknologi tersebut tidak langsung muncul dalam 1 hari saja. Banyak sekali...
5 Orang Yang Paling Berpengaruh di Bidang IT
5 Orang Yang Paling Berpengaruh di Bidang IT

Halo sobat FILE! Pasti dalam kehidupan sehari-hari kita menggunakan berbagai macam teknologi yang memudahkan pekerjaan kita. Nah tentunya teknologi tersebut tidak langsung muncul dalam 1 hari saja. Banyak sekali perkembangan yang dilalui sehingga jadilah teknologi yang membuat kita semakin berkembang. Nah, di dalam bidang IT tentunya banyak sekali orang yang turut bersumbangsih terhadap perkembangan IT sehingga menjadikan dunia kita menjadi lebih baik lagi. Berikut ini FILE akan membahas 5 orang yang paling berpengaruh di bidang IT.

1. Steve Jobs

Salah satu orang yang paling berpengaruh di dunia komputer saat ini adalah Steve Jobs.  Dia merupakan salah satu pendiri perusahaan yang kini tetap ternama, yakni Apple. Steve Jobs sendiri dilahirkan di San Fransisco pada tahun 1955 dan sejak remaja dia telah menunjukkan minat yang besar di dunia komputer. Sewaktu dia magang di Hewlett-Packard (HP), dia bertemu dengan Steve Wozniak, yang juga merupakan co-founder dari Apple. Dari perusahaan yang mereka dirikanlah muncul berbagai macam inovasi di bidang teknologi, khususnya di bidang komputer. Meski Steve Jobs meninggal pada tahun 2011 akibat penyakit kanker yang dihidapinya, tetapi jasa dan peninggalan tetap kita rasakan hingga sekarang.

2. Tim Berners-Lee

Jika seandainya Google perlu berterimakasih dengan seseorang, maka Tim Berners-Lee adalah jawabannya. Dia adalah salah satu pencetus dot com, atau arti lainnya adalah internet yang seperti kita ketahui sekarang. Pada tahun 1990, Tim Berners-Lee mencetuskan internet yang digabung dengan konsep hypertext sehingga muncullah World Wide Web (WWW) yang mengubah tatanan dunia.

Pada Desember 1980, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek berdasarkan konsep dari hypertext, untuk mempermudah membagikan dan mengubah informasi diantara ilmuwan. Sembari itu, dia juga membuat sistem prototip yang bernama Enquire. Lalu pada tahun 1984 ia bergabung ke Cern. Cern adalah salah satu node Internet terbesar di Eropa pada masa itu dan dia melihat potensi di hal tersebut.

Pada akhirnya pada tahun 1991 dia membuat website pertama di dunia yang masih berjalan hingga sekarang. Semenjak itulah perkembangan WWW semakin besar dan Berners-Lee sama sekali tidak memungut biaya ataupun mempatenkan penemuannya. Berkat jasanya itulah, dia menjadi orang yang paling berpengaruh di bidang IT.

3. Bill Gates

Ketika kita mendengar nama Bill Gates, tentu kita akan mengaitkannya sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Jasa Bill Gates tentunya sangat besar yang menjadikannya orang yang paling berpengaruh di bidang IT. Sebagai pendiri dari Microsoft, cara Bill Gates memadukan teknologi dan bisnis sangat penting sehingga membuat berbagai macam teknologi menjadi terjangkau bagi masyarakat.

Sejak kecil Bill Gates memang sudah menaruh minat di bidang komputer. Pada tahun 1973, Bill Gates masuk ke Universitas Harvard dan dari situ dia menemukan rekan bisnisnya yakni Steve Ballmer. Dari Microsoft itulah, Bill Gates beserta kawannya menciptakan sistem operasi Windows yang kini digunakan oleh ratusan juta komputer di seluruh dunia.

4. James Gosling

Jika Steve Jobs dan Bill Gates drop-out dari kuliahnya, maka hal sebaliknya terjadi untuk James Gosling. James Gosling merupakan salah satu orang yang paling berpengaruh di bidang IT. Dia sendiri menyelesaikan kuliahnya di bidang computer science dan memberikan inovasi dalam segi teknis. Jasanya yang paling terkenal yaitu membuat dan mengembangkan Java, salah satu bahasa pemrograman yang didesain dengan mempertimbangkan perkembangan internet dan bisa dikembangkan di berbagai macam aplikasi. Hingga kini, banyak sekali program yang jalan dalam bahasa Java dan tentunya kita bisa berterimakasih kepada James Gosling untuk hal itu.

5. Linus Trovalds

Salah satu orang yang paling berpengaruh dalam perkembangan teknologi saat ini adalah Linus Trovalds. Linus Trovalds sendiri adalah pencipta dari sistem operasi Linux, salah satu sistem operasi yang terbuka untuk umum (open-source). Berkat ciptaannya, banyak sekali teknologi yang dijalankan dengan sistem operasi berbasis Linux. Salah satunya adalah Android. Selain Linux, Linus Trovalds juga membuat sistem version-control yang dikenal sebagai Git. Dengan Git, programmer semakin mudah melakukan kolaborasi dengan sesama dan pengaruhnya dalam dunia IT masih terasa hingga sekarang.

Baca juga: 5 Bahasa Pemrograman Yang Patut Kamu Pelajari di Tahun 2018!

Jadi berikut dia 5 orang yang paling berpengaruh di bidang IT. Apakah kamu mengidolakan salah satu diantara mereka? Berikan komentarmu dibawah!

Bagikan ke sesama!
Categories
KnowledgeTech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia

    September 25 - September 26

TERKAIT