Berikut 5 Framework UI Terbaik Yang Patut Kamu Coba!

Halo sobat FILE! Tentunya saat kamu sedang membangun sebuah website, kamu membutuhkan suatu framework untuk membangun website yang kamu inginkan. Salah satu framework yang perlu kamu tentukan yakni framework UI (User Interface). Jika kamu...

Halo sobat FILE! Tentunya saat kamu sedang membangun sebuah website, kamu membutuhkan suatu framework untuk membangun website yang kamu inginkan. Salah satu framework yang perlu kamu tentukan yakni framework UI (User Interface). Jika kamu belum tahu, framework UI ini penting agar website yang ditampilkan ke pengguna lebih menarik dan meningkatkan kepuasan pengguna. Nah, dari sekian banyak framework UI yang ditawarkan, berikut 5 yang patut kamu ketahui ataupun kamu bisa pelajari!

1.  Bootstrap

Salah satu framework UI terpopuler di dunia adalah Bootstrap. Karena populernya Bootstrap di kalangan frontend developer, tentunya kamu bisa menemukan berbagai macam dokumentasi yang membantu kamu mengembangkan website dengan Bootstrap. Oleh karena itu, jika kamu mau mengikuti arus mainstream Bootstrap bisa menjadi pilihanmu!

2. Foundation oleh Zurb

Foundation by ZURB (Sumber: Sitepoint)

Foundation by ZURB (Sumber: Sitepoint)

Salah satu “pemain” framework UI yang tak kalah pamornya adalah Foundation oleh ZURB. Framework UI ini merupakan salah satu framework yang cocok digunakan di dunia profesional. Selain itu Foundation juga memiliki dokumentasi yang lengkap dan juga disokong oleh perusahaan ZURB sehingga kamu tidak perlu khawatir jika ingin menggunakannya. Adapun framework UI ini telah digunakan oleh website-website terkenal di dunia seperti Facebook, National Geographic, dan banyak lainnya.

3. Semantic UI

Semantic UI (Sumber: Sitepoint)

Dari sekian banyak framework UI yang tersedia, Semantic UI adalah salah satu framework terbaik yang bisa kamu gunakan. Karena framework ini bisa “membahagiakan” para programmer dengan struktur framework yang mudah dibaca dan dimengerti. Jika kamu bisa bahasa Inggris, seharusnya kamu bisa langsung membuat website dengan Semantic!

4. Pure oleh Yahoo!

Pure by Yahoo! (Sumber: Sitepoint)

Pure by Yahoo! (Sumber: Sitepoint)

Jika kamu membutuhkan komponen yang sedikit untuk frontend website-mu, maka Pure.css cocok digunakan untuk framework UI website-mu. Framework yang dikembangan Yahoo! ini sangat ringan dan hanya dibangun dengan bahasa CSS saja. Jika kamu ingin membuat website-mu sederhana dengan komponen dasar, maka gunakanlah framework ini.

5. UIkit oleh YOOtheme

UIKit oleh YOOtheme (sumber: Sitepont)

UIKit oleh YOOtheme (sumber: Sitepont)

Yang terakhir di dalam list ini ini adalah UIkit oleh YOOtheme. Walaupun tidak sepopuler dengan framework lainnya, UIkit tetap menawarkan fungsionalitas yang baik dengan dokumentasi yang kuat. Selain itu framework ini juga sering digunakan untuk tema WordPress loh! Jadi jika kamu ingin mencoba sesuatu hal yang berbeda, kamu bisa mulai mencoba menggunakan UIkit!

Baca juga: 5 Bahasa Pemograman yang patut kamu pelajari!

Jadi itu dia 5 framework UI yang bisa kamu gunakan saat kamu mengembangkan website yang diinginkan. Pada akhirnya penentuan framework untuk proyekmu tergantung dari tujuan dan arah website kamu sendiri. Jadi tidak ada istilah framework yang jelek, sisanya tergantung kebutuhanmu saja! Apakah kamu tahu framework  lainnya yang patut dicoba? Tinggalkan komentarnya di bawah ya! Happy coding sobat!

Bagikan ke sesama!
Categories
KnowledgeTech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT