NETIQUETTE : AYO BELAJAR BAGAIMANA MENJADI NETIZEN YANG BIJAK!

Media sosial sudah semestinya dimanfaatkan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan menyebarkan konten-konten positif, bukan? Sayangnya, beberapa pihak memanfaatkannya untuk menyebarkan informasi yang mengandung konten negatif. Jika hal tersebut dibiarkan,...
NETIQUETTE : AYO BELAJAR BAGAIMANA MENJADI NETIZEN YANG BIJAK!

Media sosial sudah semestinya dimanfaatkan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan menyebarkan konten-konten positif, bukan? Sayangnya, beberapa pihak memanfaatkannya untuk menyebarkan informasi yang mengandung konten negatif. Jika hal tersebut dibiarkan, dikhawatirkan akan membahayakan kita kedepannya.

Tentunya di dalam dunia maya, kita pun juga harus bisa menjaga sikap dan perilaku sebagai warga internet yang biasa disebut netizen yang baik dan benar.

Nah, walaupun di dunia maya kita diberikan kebebasan untuk mengekspresikan diri kita, akan tetapi bukan berarti kita bebas melakukan semuanya tanpa memikirkan hal-hal yang ditimbulkan. Sejak tahun 2008, seperti yang kita tahu bahwa Indonesia telah memberlakukan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang mengatur seluruh informasi dan transaksi elektronik atau teknologi informasi secara umum lainnya. Oleh karena itu tentunya kamu harus menerapkan netiquette sebaik mungkin agar bisa menjadi netizen yang baik dan benar.

Apa sih itu Netiquette? Netiquette itu sendiri merupakan singkatan dari internet ethiquette, atau etika dalam berinternet. Nah etika ini adalah acuan bagi para netizen untuk menggunakan internet, yang berhubungan dengan batasan dan cara-cara apa saja sih yang baik dalam menggunakan internet.

Sebelum kita membahas Netiquette lebih lanjut, Tahukah kamu Literasi digital adalah salah satu softskill yang paling dibutuhkan di abad ke 21? Nah, etika berinternet adalah salah satu bagian dari pengembangan diri yang harus kamu miliki loh. Disini FILE akan memberi tahu kamu mengenai apa saja aturan dasar dalam Netiquette agar kamu bisa menjadi netizen yang bijak!

Menjadi pribadi yang selalu berlapang dada

Untuk menjadi netizen yang bijak, kita harus menanamkan mindset bahwa kita adalah manusia. Dan tentunya manusia seringkali melakukan kesalahan bukan? Jadi, jika kita menemukan netizen lain yang melakukan kesalahan sekecil apa pun itu, kita harus bisa berlapang dada untuk memaafkannya sebagai netizen yang baik dan benar.

Semua netizen adalah manusia!

Sebelum melakukan suatu tindakan di dunia maya, coba bayangkan bagaimana perasaanmu jika kamu yang menjadi objek tindakan tersebut. Di dalam bertingkah laku di internet, kamu jangan melakukan apapun kepada orang lain yang nggak akan kamu lakukan ke diri kamu sendiri ya.

Dunia maya juga sama seperti dunia nyata.

Di dunia nyata, jika kalau kamu adalah warga negara teladan yang patuh dan taat dengan aturan, sudah seharusnya kamu juga menjadi netizen yang serupa dengan di dunia nyata. Walaupun sebutannya dunia maya, tetapi juga ada aturan yang mengaturkan seperti di dunia nyata!

Jika ada flame, kamu harus paling depan untuk meredakan!

Seringkali Flame alias adu argumen tanpa membatasi emosi sudah menjadi makanan sehari-hari bagi para netizen. Nah, Jika pada saat tersebut terjadi dan kamu berada dalam situasi tersebut, jangan sampai kamu ikut-ikutan ya. lebih baik menjadi penengah dari mereka yang sedang berdebat tersebut.

Berperilakulah sesuai dengan common sense yang ada

Jika kita perhatikan lagi, Netiquette ada dikarenakan common sense manusia untuk dapat berperilaku yang baik dan saling menghormati satu sama lain. Sehingga bisa menyelaraskan aturan yang ada dalam menggunakan internet. Tapi bukan berarti aturan di suatu negara bisa sama di negara lain. Bisa jadi  sesuatu yang kamu anggap biasa aja di negara kamu merupakan sesuatu yang nggak sopan oleh netizen dari negara lain, maka dari itu harus banyak membaca dan terus berperilaku bijak ya di dunia maya!

Kamu di dunia maya dianggap representasi di dunia nyata

Nah, untuk representasi itu sendiri tidak selalu membahas soal pencitraan. Di dunia maya, kamu harus bisa menciptakan personal branding berdasarkan kegiatan apa yang kamu lakukan. Jangan sampai kesempatan dikarenakan isi dari sosial media kamu yang tidak baik.

Jangan salah gunakan kemampuan lebih yang kamu punya.

Kamu tentu bisa saja mempunyai kemampuan yang lebih dibanding para pengguna internet lainnya. Tapi, jangan sampai kamu salah gunakan kelebihan yang kamu punya untuk hal-hal yang melanggar aturan, ya!

Jaga privasi orang lain

Banyak kasus pelanggaran hukum yang terjadi di karenakan tidak bisa menghormati privasi orang lain. Untuk mengantisipasi adanya pelanggaran privasi, tentunya kamu juga butuh teknologi yang medukung. Zaman sekarang, segala sesuatu di-password-in aja tidak cukup. Jadi lakukan hal-hal yang membuat akun kamu bisa terjaga dengan baik ya.

Jangan sebarkan pengetahuan yang tidak terjamin kebenarannya

Ini yang paling penting! Hoax itu bisa berakibat fatal ke diri kamu. Di dunia maya, tentu banyak orang-orang yang clueless serta bertanya ke berbagai banyak forum mengenai sesuatu. Jika kamu ingin membantu dan memberikan informasi, berikanlah informasi yang sumbernya jelas dan terpercaya. Serta jangan suka menyebarkan informasi yang belum tahu kebenarannya ya, dikarenakan akan sangat merugikan diri kamu dan orang lain.

Untuk menjadi bijak di sosial media, harus dimulai dari diri sendiri. Bijak atau tidaknya seseorang dapat kita lihat dari kebiasaan yang dilakukannya setiap saat di dunia maya. Kamu harus membiasakan 9 Netiquette diatas agar kamu bisa menjadi netizen yang disukai banyak orang. Lalu bagaimana? Sudah siap menjadi netizen yang bijak?

Baca Juga : 9 Pelajaran Berharga Pengusaha Terkaya di Dunia : Jeff Bezos

 

Bagikan ke sesama!
Categories
Inspiration
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT