8 Tips untuk Mengatur Keuangan di Usia 20-an

Di saat kamu lulus kuliah dan mencari kerja, perihal keuangan akan menjadi rintangan yang besar. Dengan adanya banyak tagihan, gaji yang tak menentu, dan gaya hidup yang baru, kamu...

Di saat kamu lulus kuliah dan mencari kerja, perihal keuangan akan menjadi rintangan yang besar. Dengan adanya banyak tagihan, gaji yang tak menentu, dan gaya hidup yang baru, kamu memiliki hanya ruang yang kecil untuk melakukan kesalahan. Nah, karena itulah File akan memberikan kamu 8 tips untuk membantu kamu agar keuangan kamu tetap optimal.

 

1. Lifestyle

Kemungkinan besar, pekerjaanmu yang baru akan mendorong kamu untuk mengganti gaya hidupmu menjadi lebih “mahal”. Mungkin kamu perlu menyiapkan pakaian-pakaian yang terlihat profesional, membeli transportasi baru, atau mulai memakan makanan yang dijual di area kantor, dan sebagainya. Maka itu, akan lebih baik jika kamu tetap menjaga gaya hidup seorang mahasiswa. Dengan mempertahankan gaya hidup ini kamu bisa menghemat banyak hingga kamu dapat menguasai keuangan kamu dengan lebih baik.

 

2. Tempat Tinggal

Sekitar 85% dari mahasiswa yang lulus kembali tinggal bersama keluarga mereka. Jadi, kamu bisa juga mencoba tinggal di rumah orang tua kamu atau anggota keluargamu yang lain untuk menjaga keuangan kamu. Tinggal di rumah berarti keuangan kamu akan lebih fleksibel. Kamu memiliki banyak waktu untuk memikirkan bagaimana kamu bisa merencanakan financial plan kamu kedepannya.

 

3. Credit Card

Di saat pengeluaran kamu bertambah namun kamu masih menerima gaji awal sebagai seorang karyawan baru, keuangan kamu bisa terancam. Di kehidupan setelah kampus, utang kartu kredit kamu akan mudah melonjak. Maka itu lebih baik kamu memberikan batasan pada utang kredit kamu. Kartu kredit juga memiliki bunga yang besar jika kamu terlambat membayar. Maka berhati-hatilah saat menggunakan kartumu dan gunakan hanya di saat kamu perlu saja.

 

4. Emergency Money

Sangat dianjurkan untuk kamu membangun keuangan yang nyaman dengan menyimpan uang yang cukup untuk kejadian-kejadian yang tidak terduga. Mungkin kendaraan kamu memerlukan perbaikan, atau kamu perlu berobat. Di saat-saat seperti inilah kamu bisa menggunakan uang emergency kamu. Idealnya adalah kamu bisa menabung setidaknya biaya hidup selama 6 bulan di dalam rekening bank kamu, atau dalam jangka waktu lebih lama tergantung dengan kondisi kamu.

 

5. Asuransikan Diri Kamu

Pastikan kamu memiliki asuransi kesehatan, sewa, dan bahkan asuransi disabilitas dan asuransi jiwa, terutama jika kamu secara finansial bertanggung jawab akan orang lain. Karena satu kecelakaan saja dapat menghancurkan fondasi keuangan kamu bila tidak terasuransi.

 

6. Membuat Long-Term Goal

Hanya dengan memasang tujuan yang besar seperti membeli rumah atau menjelajahi dunia, bisa membantu kamu bergerak ke tujuan tersebut. Dengan menentukan tujuan kamu dari awal, kamu dapat menyisihkan uang dengan lebih dini dan lebih mudah.

 

7. Pensiun

Walau ini terasa masih jauh sekali dari keadaan kamu sekarang, dengan kamu mulai menabung dari gaji bulanan kamu yang pertama, kamu akan lebih mudah untuk mencapai target keuangan masa pensiun kamu dan akan lebih siap di saat hari itu tiba.

 

8. Monitor Investasi Kamu

Banyak orang lupa untuk menyeimbangkan investasi mereka, mengecek ulang tagihan, dan sebagainya. Hal ini dapat mengakibatkan penghasilan yang hilang serta kurangnya kesiapan untuk menghadapi masa pensiun. Maka itu kamu harus seringkali memeriksa dengan teliti kondisi finansial kamu dan bertanya ke layanan keuangan kamu bila ada pertanyaan.

 

Nah, itu dia 8 tips untuk menjaga keuangan kamu sebagai seorang young adult. Jangan biarkan keuangan kamu menjadi halangan untuk kamu maju dan sukses. Jagalah kondisi finansial kamu dengan baik agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan dan kehidupan kamu tidak terganggu.

Bagikan ke sesama!
Categories
Finance
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT