8 Kebiasaan Buruk yang Akan Membuat Kamu Miskin

Pernahkah kamu bertanya-tanya di mana semua uang kamu pergi? Apakah kamu sering mengalami gejala kanker (kantong kering) tiap akhir bulan? Apakah kamu sering berpikir pengeluaran apa saja yang menguras...

Pernahkah kamu bertanya-tanya di mana semua uang kamu pergi? Apakah kamu sering mengalami gejala kanker (kantong kering) tiap akhir bulan? Apakah kamu sering berpikir pengeluaran apa saja yang menguras penghasilanmu? Jika ya, maka kamu telah sampai pada tempat yang tepat. Semua hal itu terjadi karena kamu memiliki kebiasaan uruk yang harus dihilangkan. Kami akan memberitahu kamu alasan mengapa kamu susah mengumpulkan uang meskipun berpenghasilan tinggi.

Berikut adalah 8 kebiasaan buruk yang dapat menguras penghasilan kamu secara tidak terduga.

 

1. Menghabiskan lebih banyak karena pendapatanmu juga meningkat

Tidak ada salahnya kamu meningkatkan standar hidup kamu ketika kamu sanggup. Namun, jika kamu memiliki kebiasaan buruk yang terus-menerus mencari cara untuk menghabiskan uang kamu, maka bisa dipastikan penghasilan kamu tidak akan bertahan lama. Jika jumlah pengeluaran kamu setara dengan penghasilan, maka akan sangat sulit untuk memiliki tabungan nyata.

Cobalah untuk menjaga pengeluaran kamu pada tingkat yang konstan, dan selalu berusahalah untuk mencari cara meningkatkan penghasilan kamu. Itulah cara kamu menjadi lebih kaya dari sekarang!

 

2. Berfokus pada saat ini tanpa peduli tentang masa depan

Umumnya, orang-orang berfokus pada kebutuhan mereka saat ini, dan selalu berpikir bahwa kebutuhan masa depan akan senantiasa terpenuhi dalam cara tertentu. Namun saying sekali, ini adalah pola pikir yang salah.

Kamu perlu memikirkan masa depanmu setiap kali kamu membuat keputusan keuangan. Meskipun sesuatu hal tersebut sangat menggoda untuk kamu miliki sekarang, ada baiknya kamu berhenti sejenak dan berpikir lebih jauh ke depan, dan menabung untuk masa depan.

 

3. Memiki pemikiran terlalu dini untuk mulai menabung

Ketika kamu masih muda, sangat mudah untuk tergiur dengan berbagai macam hal yang dapat diperoleh dengan mudah menggunakan uang. Banyak orang beranggapan bahwa sekarang belum saatnya untuk mulai menabung atau berinvestasi. Salah! Tidak pernah ada kata terlalu cepat untuk mulai menyisihkan sebagian penghasilanmu, tidak peduli seberapa rendah atau tinggi penghasilan tersebut.

 

4. Tidak memiliki catatan keuangan

Hampir semua orang berpikir bahwa mereka tahu di mana uang mereka berasal dan di mana itu berakhir. Sayangnya, kebiasaan buruk itu dialami hampir semua orang. Kamu mungkin mengetahui dengan pasti pengeluaran utama kamu. Namun sadarkah kamu, banyak pengeluaran kecil-kecilan yang tidak terduga, yang terkadang malah lebih besar dari pengeluaran utama kamu. Ada baiknya kamu menjaga dengan baik catatan uang kamu, karena itu dapat membantu kamu mengendalikan keuangan kamu. Mencatat keuangan bukanlah hal yang membosankan lagi, kini banyak aplikasi-aplikasi yang dapat membantu kamu untuk mencatat semua keuangan kamu.

 

5. Kurangnya anggaran keuangan

Kamu mungkin telah mencoba mendokumentasikan segala anggaran keuanganmu dengan baik. Namun, pasti ada saat-saatnya kamu keluar dari perencanaan awal. Memiliki anggaran yang realistis dan terdokumentasi dengan baik adalah dasar dari semua perencanaan keuangan kamu, dan tentu saja kesuksesanmu di masa mendatang. Anggaran itu sangat penting, karenadengan tidak adanya anggaran, sangat mudah untuk melakukan banyak pengeluaran yang tidak perlu.

6. Tidak bisa membedakan kebutuhan dan keinginan

Kamu harus memprioritaskan target keuangan kamu. Itu adalah sebuah kewajiban jika kamu tidak ingin memiliki tabungan yang tidak bertambah dari waktu ke waktu. Kamu harus bisa membedakan dengan jelas antara kebutuhan dan keinginan. Jika menjadi kaya adalah prioritas utama bagi kamu, maka kamu perlu mengorbankan beberapa “keinginan”kamu saat ini, mau itu kamu menyukainya maupun tidak.

7. Mengabaikan utang

Bagi banyak orang di dunia saat ini, bunga memakan sebagian besar keuangan mereka. Ini adalah fakta yang menyakitkan. Namun, mereka tidak tahu bagaimana untuk keluar dari lingkaran setan ini, yang selalu meninggalkan mereka dengan sedikit tabungan. Satu hal yang pasti, jika kamu memiliki utang, selesaikan itu utang. Jangan pernah meminjam untuk membayar, karena itu hanya akan menambah beban keuanganmu.

 

8. Terus meningkatkan gadget kamu

Ingatlah, tidak pernah ada batasan untuk itu. Tidak ada salahnya kamu membeli gadget yang kamu benar-benar butuhkan, namun pastikan itu sesuai dengan anggaran keuanganmu.

 

Ambil alih hidup kamu hari ini juga. Lakukanlah apa yang perlu dilakukan sekarang. Kamu bisa melakukannya. Mulai perjalanan kamu menjadi kaya saat ini juga.

Bagikan ke sesama!
Categories
Finance
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT