7 Aktivitas yang Bikin Liburan Kamu Jadi Lebih Produktif

Setelah penatnya ujian, tugas, dan kegiatan di kampus, liburan pasti menjadi sebuah hal yang di tunggu-tunggu setiap mahasiswa. Tapi bukan berarti liburan menjadi saat yang tepat bagi kamu untuk...

Setelah penatnya ujian, tugas, dan kegiatan di kampus, liburan pasti menjadi sebuah hal yang di tunggu-tunggu setiap mahasiswa. Tapi bukan berarti liburan menjadi saat yang tepat bagi kamu untuk bermalas-malasan, entah itu bangun lebih siang, main game sepanjang hari, ataupun menonton drama berpuluh-puluh episode. Di pikiran mahasiswa-mahasiswa visioner, justru liburan merupakan saat yang tepat untuk melakukan aktivitas menyenangkan yang tidak sempat di lakukan saat kuliah.

Berikut 7 aktivitas produktif yang bisa kamu lakukan saat liburan.

 

1. Liburan Bersama Teman maupun Keluarga

Saat kuliah, pasti sangat sulit memilih tanggal yang tepat untuk bepergian bersama teman maupun keluarga. Liburan inilah waktu yang tepat untuk pergi dan berpetualang ke tempat-tempat unik bersama mereka. Selain bisa menyegarkan pikiran, kamu bisa mempererat hubungan kamu dengan teman maupun keluarga.

 

2. Mengikuti Program Magang di Sebuah Perusahaan untuk Menambah Koneksi dan Pengalaman

Daripada begadang di malam hari lalu bangun di siang hari, lebih baik hari-hari liburanmu diisi oleh program magang. Dengan begitu, kamu bisa menambah pengalaman berguna untuk mengembangkan kemampuan maupun portfolio kamu nantinya. Kamu juga bisa menambah koneksi pertemanan di kalangan orang-orang perusahaan. Selain itu, tidak jarang juga perusahaan tempat kamu magang yang menawarkan upah atas jerih payah kamu, yang lumayan untuk menambah uang saku.

 

3. Mengembangkan Jiwa Wirausaha dengan Memulai Bisnis

Selagi memiliki teman-teman kuliah, ajaklah mereka untuk mencoba membangun bisnis. Atau jika kamu lebih suka bekerja sendiri, mulailah bisnismu sendiri. Tidak perlu langsung berbisnis yang membutuhkan modal besar, yang penting memiliki potensi besar dan bermanfaat bagi banyak orang. Siapa tahu, bisnis tersebut bisa kamu lanjutkan dan kembangkan menjadi bisnis besar yang dapat menghidupi kamu sehari-hari.

 

4. Mengikuti Kursus yang Dapat Mengembangkan Minat dan Bakatmu

Apa minat dan bakat yang kamu miliki? Cobalah kembangkan itu dengan mengikuti kursus. Misalnya kursus memasak atau kursus bahasa asing. Dengan legalitasnya, kamu bisa mendapat sertifikat yang bisa berguna juga sebagai bukti keterampilanmu. Kamu bisa memanfaatkannya jika ingin menambah uang saku dengan mengajar privat. Di tempat kursus tersebut, kamu bisa menambah teman juga tentunya.

 

5. Mengembangkan Hobi yang Kamu Miliki

Terkadang, segala kepusingan di kuliah membuat kamu lupa untuk beristirahat sejenak dan bersantai sambil menjalankan hobi kamu. Tapi sekarang semua sudah berlalu, biarkan waktu liburan membayar itu semua. Banyak manfaat yang dapat kamu ambil pula jika kamu menekuni hobi kamu. Misalnya, kamu bisa bekerja di kafe dekat rumahmu dengan bermusik dan sebagai imbalannya kamu mendapat uang saku serta makanan gratis.

 

6. Mendekorasi Kamar Tidur dan Ruang Belajarmu

Setelah padatnya aktivitas kuliah, mungkin beberapa diantara kamu tidak sempat membereskan kamar tidur maupun ruang belajar. Cobalah rapikan itu semua! Karena ruangan yang bersih dan rapi dapat menyegarkan pikiranmu secara tidak langsung, sehingga dapat menurunkan rasa stres saat kembali masuk kuliah nanti. Setelah selesai, coba tata ulang letaknya, dan dekorasi sedemikian rupa dengan kreativitas yang kamu miliki sehingga menarik untuk dilihat. Tuangkan konsep dari jati dirimu dan buatlah agar ruangan-ruangan tersebut memotivasi kamu untuk maju dan berkembang.

 

7. Mempersiapkan Diri untuk Semester Berikutnya

Mungkin hal ini lumayan jarang dilakukan oleh mahasiswa. Namun, jadilah berbeda dengan melakukannya! Kamu dapat memanfaatkan waktu liburanmu untuk mempersiapkan diri kamu dan jadi yang lebih baik daripada teman-temanmu yang hanya bermalas-malasan d irumah. Dengan begitu, kamu akan siap tempur menghadapi semester yang akan datang, dan orangtua pun bisa bangga dengan IP-mu yang meningkat.

 

Jadi, banyak hal yang bisa kamu lakukan daripada sekedar bermalas-malasan. Dari ketujuh hal tersebut, mana yang kamu pilih untuk lakukan agar liburan kamu tetap produktif?

Bagikan ke sesama!
Categories
Productivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT