6 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Gadget Kamu

Di perkembangan zaman ini, pastinya kebanyakan orang telah memiliki gadget. Riset mengatakan bahwa 70 % orang tidak bisa hidup tanpa gadget-nya. Nah, kamu juga pasti punya gadget baik berupa...

Di perkembangan zaman ini, pastinya kebanyakan orang telah memiliki gadget. Riset mengatakan bahwa 70 % orang tidak bisa hidup tanpa gadget-nya. Nah, kamu juga pasti punya gadget baik berupa laptop ataupun smartphone yang mungkin kamu gunakan setiap harinya. Kali ini, File akan membahas kebiasaan buruk apa saja yang bisa merusak atau mengurangi performa gadget kamu!

 

1. Men-Charge Handphone Ketika Baterai Sudah Habis Total

Wah, ternyata men-charge handphone pada saat baterai kosong tidak baik buat baterai karena dapat mengurangi lifetime baterai tersebut. Jadi jangan heran kalau baterai kamu cepat rusak kalau kamu sering melakukan hal ini!

 

2. Men-Charge Handphone Semalaman

Banyak orang yang mengatakan bahwa men-charge itu harus sampai 100% baru boleh dicabut. Tapi sebenarnya lebih baik baterai itu dicabut ketika daya sudah mencapai 90%.  Di-charge terus menerus bahkan pada saat daya baterai telah mencapai 100% membuat baterai kamu tidak aman loh!

 

3. Memakai Casing Ketika Handphone Di-Charge

Di zaman modern sekarang ini, 70% pengguna smartphone telah menggunakan case untuk melindungi ataupun mempercantik tampilan smartphone mereka. Tetapi ketika di-charge, lebih baik case kamu dilepas, karena dapat mengganggu sirkulasi panas ketika pengisian daya baterai terjadi.

 

4. Menaruh Laptop di Kasur/Bantal

Tidur-tiduran di kasur sambil bermain laptop memang terasa lebih asik. Tapi tahukah kamu bahwa menaruh laptop di kasur dapat mengganggu sirkulasi panas sehingga dapat menyebabkan overheat? Sirkulasi panas di laptop dapat berjalan normal jika digunakan di permukaan datar seperti meja.

 

5. Menggunakan Laptop Saat Terjadi Badai

Pernahkah teman-teman mendengar kasus dimana TV meledak ketika badai terjadi? Hal ini juga dapat terjadi pada gadget kamu loh. Sebaiknya jangan menggunakan barang elektronik yang langsung terhubung dengan listrik ketika sedang terjadi badai.

 

6. Membuka Laptop di Bawah Sinar Matahari Langsung

Menggunakan laptop di bawah matahari secara langsung bisa mengurangi ketajaman cahaya dalam laptop kamu.

 

Dari 6 Kebiasaan buruk di atas, mana yang paling sering kamu lakukan? Sebaiknya segera ubah kebiasaan yang buruk tersebut agar gadget-mu dapat bertahan lebih lama.

 

[Andres]

Bagikan ke sesama!
Categories
Tech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT