Berikut 5 Fakta Menarik Dibalik Kecerdasan Buatan

Halo, sobat FILE! Tahukah kamu dengan istilah kecerdasan buatan atau artificial intelligence? Kecerdasan buatan adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari mengenai cara untuk mengetahui dan memodelkan proses-proses berpikir manusia...
Berikut 5 Fakta Menarik Dibalik Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) - FILE Magz
Berikut 5 Fakta Menarik Dibalik Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) - FILE Magz

Halo, sobat FILE! Tahukah kamu dengan istilah kecerdasan buatan atau artificial intelligence? Kecerdasan buatan adalah bagian dari ilmu komputer yang mempelajari mengenai cara untuk mengetahui dan memodelkan proses-proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia. Tahukah kamu jika kecerdasan buatan sedang berkembang pesat di dunia teknologi? Perkembangan teknologi tersebut membuat hampir semua perusahaan teknologi terkenal berlomba-lomba untuk mengembangkan dan mengimplementasikan produk teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI). Nah, pada kesempatan kali ini, FILE akan membagikan 5 hal penting yang harus kamu ketahui tentang AI!

 

1. Kehidupan manusia sudah semakin bergantung pada teknologi AI

Tanpa disadari, teknologi kecerdasan buatan berada di hampir semua sektor kehidupan manusia. Salah satu contoh konkret adalah fitur Siri, Google Now, dan Cortana, yang merupakan fitur asisten digital kita yang sering kita pakai. Tidak hanya asisten digital, bahkan sektor komersial Amazon menggunakan kecerdasan buatan untuk memberikan rekomendasi produk-produk yang akan dibeli oleh calon pembeli. Dengan keadaan seperti ini, diprediksi pada tahun 2040 kecerdasan buatan akan secerdas manusia sehingga manuasia akan sangat bergantung pada teknologi AI untuk beraktivitas.

 

2. Sistem kerja kecerdasan buatan yang berbasis pada data

Tentunya pengetahuan untuk membuat teknologi ini sangatlah kompleks. Namun hal sederhana yang bisa kita pahami mengenai kecerdasan buatan adalah kemampuan untuk mengolah data dan menghasilkan kesimpulan berdasarkan data-data tersebut. Cara menghasilkan kesimpulan konkret dari data-data sebelumnya adalah dengan memanfaatkan data tersebut untuk membuat sebuah pola data yang mempermudah prediksi data berdasarkan algoritma tertentu. Konsep tersebut membuat berkembangnya istilah machine learning (https://www.entrepreneur.com/article/312016) hingga deep learning (https://machinelearningmastery.com/what-is-deep-learning/).

 

3. Bisnis kecerdasan buatan yang menggiurkan

Dengan semakin merambahnya teknologi tersebut dalam kehidupan manusia, maka peluang bisnis tersebut semakin besar. Berdasarkan laporan PwC, kontribusi kecerdasan buatan terhadap ekonomi global pada tahun 2030 mencapai 15.6 triliun dolar US. Bahkan pangsa pasar mobil cerdas berbasis AI mencapai 127 triliun dolar US. Jadi, jangan kaget jika AI akan menjadi teknologi mainstream di masa yang akan datang.

 

4. Walaupun berpotensi besar, para pemimpin bisnis teknologi pesimis terhadap AI

Para pemimpin bisnis teknologi pesimis terhadap perkembangan teknologi AI didasari oleh pengembangan teknologi militer berbasis AI. Bayangkan jika AI yang dikembangkan tersebut dapat menjadi teknologi untuk pemusnahan massal seperti di film Terminator, maka pasti semua orang akan berpikir keras lagi terhadap pro dan kontra teknologi ini.

 

5. Pengaruh teknologi AI terhadap pekerjaan manusia

Semakin berkembangnya teknologi AI akan membuat pekerjaan rutinitas dan administratif terancam digantikan dengan teknologi tersebut. Pada teknologi tersebut, terdapat pengaplikasian natural language processing yang dapat membaca struktur teks dan mengartikan teks tersebut hingga dapat men-translate suatu bahasa ke bahasa lain. Berdasarkan riset Gardner, 1,8 juta pekerjaan yang bersifat administratif akan tereliminasi, namun juga dapat membuka lowongan pekerjaan sebanyak 2 juta pekerjaan yang membutuhkan keahlian manusia dan manajemen.

Baca Juga: 5 Technologies That Are Disrupting Traditional Education

Begitulah 5 fakta yang harus kamu ketahui mengenai teknologi kecerdasan buatan yang tanpa kita sadari akan semakin berkembang dan semakin dibutuhkan di dunia kerja. Bagaimana sobat FILE menanggapi perkembangan teknologi ini, pro atau kontra? Semangat mencari tahu lagi, sobat FILE!

Bagikan ke sesama!
Categories
KnowledgeTech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT