5 Bahasa Pemrograman yang Patut Kamu Pelajari di 2018

Halo Sobat FILE! Inovasi teknologi perkembangan begitu pesat pada zaman ini, begitu pula dengan perkembangan bahasa pemrograman yang kita gunakan. Namun, dengan jumlah bahasa pemrograman yang unik mencapai 600...
5 Bahasa Pemrograman Yang Patut Kamu Pelajari di 2018

Halo Sobat FILE! Inovasi teknologi perkembangan begitu pesat pada zaman ini, begitu pula dengan perkembangan bahasa pemrograman yang kita gunakan. Namun, dengan jumlah bahasa pemrograman yang unik mencapai 600 bahasa, menentukan bahasa yang terbaik untuk proyekmu mungkin sangat sulit.

Apakah kamu masih bingung mencari bahasa pemrograman yang cocok untuk kamu pelajari? Nah, pada kesempatan kali ini, FILE akan membagikan 5 bahasa pemrograman yang patut kamu pelajari di tahun 2018 ini!

 

Swift

Bahasa Pemrograman Swift (sumber: Pluralsight.com)

Swift (sumber: Pluralsight.com)

Swift merupakan salah satu bahasa pemrograman yang lebih populer dibandingkan Objective-C. Bahasa ini digunakan untuk mengembangkan aplikasi native iOS atau macOS. Bahasa pemrograman Swift memang belum berumur lama, tetapi merupakan salah satu bahasa yang sangat berpotensial dalam mengubah masa depan kita. Aplikasi native yang dikembangkan dengan Swift sudah teruji performanya yang melampaui performa aplikasi hybrid cross-platform, dan dengan SpriteKit akan sangat lebih mudah dalam mengembangkan games 2D.

Bahasa pemograman Swift sangat dipengaruhi dengan Ruby dan Python, serta bahasa pemrograman ini bersifat user-friendly dan seru untuk digunakan. Jika kamu ingin menyasar pengguna Apple dan ingin memfokuskan diri dalam pengembangan produk Apple, maka bahasa pemrograman ini cocok untukmu. Apalagi jika kamu menguasai bahasa ini, akan membuatmu memiliki kelebihan, karena aplikasi iOS cenderung lebih menguntungkan dibandingkan aplikasi Android.

 

Ruby

Bahasa Pemrograman Ruby (sumber: Binarywebpark.com)

Ruby (sumber: Binarywebpark.com)

Ruby lahir sebagai bahasa berbasis object oriented programming. Bahasa ini dikembangkan pada tahun 1993 oleh Yukihiro “Matz” Matsumoto. Demand terhadap bahasa Ruby 5 kali jauh lebih besar dibandingkan Phyton, dan juga salah satu bahasa pemrograman yang memiliki perkembangan yang cepat. Nyatanya, bahasa Ruby sangat mudah bagi kamu untuk pelajari. Bahkan kamu bisa membuat aplikasi dengan Ruby dalam waktu 10 menit saja! Bahasa Ruby juga sudah digunakan oleh banyak perusahaan besar seperti Groupon, AirBnb, Bloomberg, dan masih banyak lagi.

 

PHP

Bahasa Pemrograman PHP (sumber: laracasts.com)

PHP (sumber: laracasts.com)

Siapa yang tidak tahu dengan bahasa pemrograman ini? Bahasa PHP banyak sekali digunakan di dunia, termasuk juga website FILE. Hampir 80% dari 10 juta website terbesar di dunia telah menggunakan bahasa PHP, termasuk Facebook dan Wikipedia. Bahasa ini cocok untuk web development karena dengan PHP, kamu bisa membuat website yang keren dan dinamis serta aplikasi berbasis web. Kamu bisa gunakan PHP untuk berbagai macam proyek web development seperti e-commerce, mobile app development, serta content management system. PHP merupakan bahasa open-source­, mudah dipelajari, serta memiliki integrasi database yang mudah serta memiliki banyak fungsi dan manfaat.

 

JavaScript

Bahasa Pemrograman Javascript (sumber: JStips.co)

Javascript (sumber: JStips.co)

Menurut Stack Overflow Developer Survey, 62,5% developer di dunia menggunakan JavaScript. Hal ini menjadikan JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh developer di dunia. Dengan JavaScript, kamu bisa membangun website lebih interaktif, dan merupakan salah satu tool esensial dalam membangun sebuah web selain HTML dan CSS.

Jika kamu ingin membuat berbagai macam hal interaktif di web, maka gunakanlah JavaScript. Kamu akan melihat hasil langsung dari kodingan-mu hanya dengan sedikit tool. Selain itu, penggunaan JavaScript sudah melebar seperti mobile app development, game development, dan desktop app development. JavaScript tentunya sudah populer di kalangan developer, dan merupakan salah satu bahasa pemrograman terbaik yang ada.

 

Java

Bahasa Pemrograman Java (sumber: Javacrawl.com)

Java (sumber: Javacrawl.com)

Java merupakan salah satu bahasa yang paling mudah digunakan karena bahasa ini didesain untuk melampaui kompleksitas dari bahasa C++. Popularitas bahasa Java tidak dibesar-besarkan, karena 90% dari perusahaan Top Fortune 500 sudah menggunakan Java untuk mengembangkan sistem back-end dan aplikasi desktop mereka.

Java biasanya digunakan untuk membuat server side apps, video games, dan mobile apps. Bahasa pemrograman ini juga merupakan core dan aplikasi native Android dan sangat populer dikalangan developer. Dengan prinsip Object-Oriented Programming (OOP) yang kuat, maka sudah pertimbangan yang kuat untukmu untuk mempelajari bahasa pemrograman ini!

Nah, jadi itu dia 5 bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari di tahun 2018 ini! Apakah kamu punya saran bahasa yang patut dipelajari selain diatas? Boleh ditinggalkan di bawah ya! Selamat belajar programming, sobat FILE!

Bagikan ke sesama!
Categories
KnowledgeTech Corner
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

advertisment
Newsletter

TERKAIT