4 Cara Terbaik Untuk Mendapatkan Saran dalam Berbisnis

Mungkin kamu sudah mempunyai ide bagus atau bahkan sudah punya rencana bisnis atau sudah punya produk. Kamu juga punya 1.000 pertanyaan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya. Salah satu...

Mungkin kamu sudah mempunyai ide bagus atau bahkan sudah punya rencana bisnis atau sudah punya produk. Kamu juga punya 1.000 pertanyaan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya. Salah satu hal paling cerdas adalah ketika dapat pergi mencari nasihat dari seseorang yang telah mencapai apa yang ia coba lakukan. Berikut adalah lima cara cerdas untuk mendapatkan saran dalam berbisnis.

1. Cari Orang yang Berpengalaman

Tentu jauh lebih mudah untuk mendekati seorang mentor ketika mereka sudah mempunyai banyak pengalaman di area bisnis yang ingin kamu jalankan. Belilah tiket untuk menghadiri konferensi atau peristiwa lain di mana kamu bisa mendapatkan akses ke sekumpulan orang yang telah melalui pengalaman serupa. Itu bisa menjadi sebuah pertemuan yang sangat penting. Akan ada cukup kesempatan untuk memperluas jaringanmu dan belajar dari pengalaman mereka sehingga kamu dapat terhindar dari beberapa kesalahan yang telah mereka lakukan dan mintalah juga saran dari mereka tentang bisnis yang ingin kamu jalankan.

2. Jangan Takut Untuk Bertanya Apa yang Salah

Kadang hal terbaik yang dapat kamu pelajari dari seorang pengusaha sukses adalah apa yang tidak harus dilakukan. Tidak semua startup langsung menemukan jalan mereka, sehingga kamu mungkin bisa mendapatkan lebih banyak dari percakapan dengan bertanya pada seseorang yang berpengalaman “Apa yang tidak harus saya lakukan ?” daripada “Apa yang kamu lakukan ?”.

3. Buatlah Dirimu Kreatif

Ada alasan mengapa banyak bisnis tradisional berlangsung di lapangan golf. Akan jauh lebih mudah untuk mengenal seseorang pada saat melakukan kegiatan bersama daripada pada acara khusus networking dimana memang orang datang untuk berkenalan dengan banyak orang sekaligus. Jadilah lebih kreatif untuk memilih tempat dimana kamu bisa bertemu mereka dan aktivitas apa yang perlu dilakukan bersama sehingga dapat lebih mudah menjalin hubungan dengan mereka.

4. Gunakan koneksi dari temanmu

Jika Anda sudah bergerak maju dalam bisnis yang kamu didirikan, kemungkinan besar kamu sudah bertemu dengan sejumlah calon investor, inkubator, pengacara, dan bahkan mungkin seorang yang berpotensi untuk membangun perusahaan yang sama. Gunakan hubungan mereka untuk keuntunganmu. Jauh lebih mudah untuk meminta seseorang yang pernah kamu kenal jika mereka tahu siapa saja yang telah berhasil.

Nah itu tadi 4 cara untuk mendapatkan saran terbaik dalam bisnis. Sebuah bisnis tidak akan berjalan dengan lancar tanpa ada kritik dan saran dari orang lain. Apalagi saran yang berasal dari orang orang berpengalaman, yang sudah pernah terjun ke dunia bisnis sebelumnya. Dapat dipastikan bahwa saran dari mereka akan sangat membantu perkembangan bisnis kamu kedepannya. Semoga tips diatas bisa berguna untik perkembangan bisnis kamu!

Bagikan ke sesama!
Categories
Business
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT