3 Tips Jitu Entrepreneur Mengatasi Stres

Tidak ada yang lebih mengesalkan selain stres yang bisa membuat hari kamu berantakan. Sebaik apapun hari kamu,  harimu akan berubah menjadi sangat tidak menyenangkan ketika stres mulai menyerang, apalagi...

Tidak ada yang lebih mengesalkan selain stres yang bisa membuat hari kamu berantakan. Sebaik apapun hari kamu,  harimu akan berubah menjadi sangat tidak menyenangkan ketika stres mulai menyerang, apalagi jika kamu seorang entrepreneur. Stres bisa berdampak ke banyak aspek dalam hidup kita, seperti pengambilan keputusan yang salah, ketajaman mental, kesehatan fisik dan bahkan emosional. Jangan sampai bisnis yang sudah kamu bangun hancur hanya karena tidak bisa mengatasi stres.
Meminimalisir stres tentu dapat membuat hidup dan pekerjaan kamu jauh lebih lancar.
Nah, berikut kami ringkas 4 metode mental yang sangat berguna untuk meminimaslisir stres kamu:

1. Merubah Stres Menjadi Tantangan

Seringkali kita melihat masalah sebagai  hambatan yang sedang menghadang di depan mata. Perspektif tersebut seringkali membuat kita perlahan menjadi stres. Cobalah mengubah sudut pandang masalah yang ada menjadi tantangan. Dengan begitu stres yang kamu hadapi perlahan akan hilang.

2. Fokus pada Proses Bukan Hasil

Di dalam buku Performing  Under Preasure: The Science of Doing Your Best When It Matters Most, penulis tersebut mengutip sebuah studi dari dua kelompok mekanik yang bertugas merakit mesin.

Kelompok pertama diberikan tugas untuk membangun suatu mesin, dan mereka harus mengerjakannya dalam periode waktu tertentu. Untuk meningkatkan pressure, mereka diberitahu bahwa jika mereka mampu membangun mesin tersebut dengan benar dalam waktu yang ditentukan, maka mereka akan dipastikan untuk di promosikan, alias naik jabatan.

Kelompok kedua juga diberikan tugas yang sama dan dengan janji yang sama pula, yaitu kenaikan jabatan. Namun mereka diberitahu bahwa jika mereka melakukan kesalahan, mereka akan diberikan waktu tambahan.

Dan pada akhirnya, kelompok manakah yang menang? Yup, tentu saja kelompok dua. Karena mereka lebih mementingkan proses, bukan hasil.

3. Meluangkan Waktu Mencari Udara Segar

Nah ini dia metode yang paling mudah dilakukan. Jika kamu sedang dalam tekanan dan kamu sedang mengalami stres, cobalah untuk keluar sejenak dan menghirup udara segar. Selain hanya sekedar mencari udara segar, kamu juga bisa melakukan aktivitas luar yang bisa mengurangi stres, seperti berolahraga.

Aktivitas fisik dapat membuat efek positif untuk otak, denyut jantung, sistem kekebalan tubuh  dan tingkat stres kamu. Atau kamu juga bisa melakukan kegiatan simpel, seperti sekedar jalan-jalan disekitar lokasi tempat kamu bekerja. Dengan begitu, stres yang menempel dikepala kamu bisa berkurang secara perlahan.
Stres adalah masalah yang sebenarnya bisa diatasi jika dikelola dengan benar. Stres yang berkelanjutan juga tidak baik untuk kekebalan tubuh kamu. Kekebalan tubuh kamu bisa menurun yang mengakibatkan kamu jatuh sakit. Bahkan stres yang berkelanjutan juga tidak baik untuk perkembangan bisnis kamu. Oleh karena itu, hindari stres dari sekarang, dan terapkan cara-cara diatas untuk mengurangi tingkat stres yang kamu hadapi.

Bagikan ke sesama!
Categories
Productivity
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

TERKAIT