3 Pelajaran dari Jeff Bezos CEO Amazon Pelopor E-Commerce Dunia

Amazon ini bisa dibilang salah satu startups paling sukses hingga saat ini. pendirinya, Jeff Bezos adalah dalang dalam inovasi dan seseorang yang telah diikuti dunia untuk melihat bagaimana ia...

Amazon ini bisa dibilang salah satu startups paling sukses hingga saat ini. pendirinya, Jeff Bezos adalah dalang dalam inovasi dan seseorang yang telah diikuti dunia untuk melihat bagaimana ia bergerak. Investor bahkan memberikan Amazon ‘Inovasi Premium’ ketika mereka menghitung harga saham mereka, karena mereka positif bahwa Amazon dapat melakukan hal keren seperti pengiriman dengan Drone.

Optimisme ini adalah hasil yang luar biasa dari sedekade hasil yang sangat luar biasa. Perusahaan yang berbasis di Seattle mulai sebagai toko buku online yang sederhana dan sekarang bertanggungjawab atas 5% dari total proses semua transaksi online, yang berarti Bezos menjalankan perusahaan e-commerce terbesar di dunia. Mengingat ukuran mereka, kamu akan mengharapkan perusahaan untuk memiliki kemampuan untuk berinovasi seperti mereka.

Selama bertahun-tahun Amazon telah meluncurkan banyak produk termasuk Kindle, Prime, dan Fresh. Mereka selalu berinovasi karena kepemimpinan komandan Bezos. Bahkan, Harvard Business Review memberi gelar Bezos sebagai CEO terbaik yang masih hidup.

Apa yang bisa kita pelajari dari Amazon untuk usaha kita sendiri?

1. Selalu Berpikir Jangka Panjang

Pada tahun 1997 laporan tahunan Amazon, Bezos melakukan pernyataan yang menunjukkan visinya untuk masa depan:

“Kami akan terus membuat keputusan investasi dalam pertimbangan kepemimpinan pasar jangka panjang daripada mempertimbangkan keuntungan jangka pendek seperti reaksi Wall Street.”

Bezos tidak memberikan satu ketakutan, tapi dua ketakutan sekaligus untuk investor. Apa yang  ia pedulikan adalah memiliki pendekatan portofolio proporsional dengan benar untuk mengelola inovasi, yang pada dasarnya meningkatkan operasi saat itu sementara, pada saat yang sama, investasi ke inovasi pada bisnis baru. Inovasi didasarkan pada keuntungan jangka panjang. Sayangnya, sebagian besar perusahaan besar mencari keuntungan kuartalan dengan laporan pelaksanaan mingguan.

2. Jangan Takut untuk Bereksperimen dan Gagal

Dalam laporan tahunan yang sama tahun 1997, Bezos termasuk:

“Kami akan terus mengukur program kami dan efektivitas investasi kami analitis, untuk membuang orang-orang yang tidak memberikan keuntungan yang diterima, dan untuk meningkatkan investasi kami pada mereka yang bekerja terbaik. Kami akan terus belajar dari kedua keberhasilan kami dan kegagalan kita. “

Fungsi utama dari startup adalah untuk mencari model bisnis yang tepat. Kita semua tahu ini.

Mengubah aspek dari sebuah ide menjadi sesuatu yang orang lain bersedia membayar sangat penting untuk keberhasilan usaha apapun. Bezos menyatakan bahwa Amazon akan terus bereksperimen dan bagi pemegang saham bersabar lah dan tetap tenang. Mencoba untuk mencari model bisnis baru berisiko, dan jauh lebih mungkin untuk gagal daripada berhasil. Sebagai startup, kamu memiliki fleksibilitas ini untuk mencoba hal-hal baru.

3. Jangan Membuat Pengorbanan yang Tidak Perlu

Dalam lingkungan ritel tradisional, pemikiran umum akan membawa Anda untuk memilih antara menawarkan harga yang lebih rendah untuk pelanggan atau customer service yang fantastis. Amazon tidak membuat pengorbanan tersebut. Model bisnis mereka tidak layak sampai mereka mampu melakukan tiga tugas produk yang diperlukan dalam industri informasi berbasis:  Agregat, Filter dan Connect. Setelah Amazon memiliki lalu lintas yang cukup, mereka mampu menghubungkan secara akurat pelanggan dengan produk yang direkomendasikan berdasarkan perilaku pembelian user mereka: agregat.

Amazon berfokus pada pengalaman customer berbelanja di Amazon. Amazon menekankan barang atau produk yang relevan dengan kebiasaan pelanggan sebelumnya (misalkan customer pernah membeli tas anak maka dengan pengalaman customer itu Amazon akan menawarkan produk – produk anak lainnya dengan harga yang bersaing), produk deskripsi yang lengkap, dan fitur website yang sangat powerful.

Pada dasarnya Amazon mampu memecahkan masalah dan tidak membuat pengorbanan yang akan merusak model bisnis mereka. Pikirlah model bisnismu seperti apa dan lihat bagaimana Anda dapat menyesuaikan dan tweak aspek-aspek tertentu untuk menciptakan sesuatu yang unik.

Amazon telah terbukti mendominasi e-commerce dan menyumbang lebih dari 5% dari total penjualan e-commerce tahun lalu di dunia, dan melewati $ 1 triliun untuk pertama kalinya. Amazon dipandang sebagai pemimpin dengan begitu banyak pelajaran. Tak dapat dipungkiri bahwa mereka adalah salah satu perusahaan paling inovatif di planet ini.

Bagikan ke sesama!
Categories
Inspiration
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

TERKAIT