Android Pie 9.0 dan Fitur yang Perlu Kamu Ketahui!

Hai, sobat FILE! Setelah Google meluncurkan sistem operasi Android Oreo. Akhirnya Google resmi meluncurkan pembaruan sistem operasi Android  Pie (9.0). Fitur...
Android Pie 9.0 – FILE Magz
Android Pie(9.0) (Sumber : Pexels.com)

Hai, Sobat FILE! Setelah belum lama Google meluncurkan sistem operasi Android Oreo, pada akhirnya Google resmi memberi nama sistem operasi Android selanjutnya, yaitu Android Pie 9.0. Tiga hal penting yang menjadi fokus utama Google pada Android Pie 9.0, yaitu intelligence, simplicity, dan digital well-being.

 

Android Pie 9.0 – FILE Magz

Android Pie 9.0 (Sumber: HoursTv)

Fitur dari sistem operasi Android Pie 9.0 ini dibuat berdasarkan artificial intelligence (kecerdasan buatan), jadi sistem ini akan mempelajari kebiasaan kamu dalam menggunakan smartphone dan menggunakannya untuk peningkatan user experience. 

Nah, pasti sobat FILE banyak yang penasaran dengan keunggulan fitur-fitur Android Pie 9.0 ini. Berikut fitur yang perlu kamu ketahui!

 

Adaptive Battery

Adaptive battery Android Pie 9.0 – FILE Magz

Tampilan Adaptive Battery (Sumber: Android.com)

 

Fitur adaptive battery ini akan mempelajari apa saja aplikasi yang kamu gunakan, kapan kamu menggunakannya. Sehingga dengan adanya fitur ini, aplikasi yang tidak kamu gunakan sama sekali tidak menguras baterai.

 

Adaptive Brightness

Adaptive brightness Android Pie 9.0 – FILE Magz

Tampilan Adaptive Brightness (Sumber: Google)

 

Fitur adaptive brightness ini akan mempelajari pengaturan tingkat kecerahan kamu secara manual. Fitur ini akan membuat tingkat kecerahan layar secara otomatis dan disesuaikan dengan pola penggunaan kecerahan layar kamu setiap harinya.

 

App Actions

Fitur app actions ini akan memprediksi apa yang bakal kamu lakukan berdasarkan kebiasaan aplikasi  yang sering kamu gunakan. Misalnya, saat kamu menghubungkan headphone, maka akan ditampilkan playlist lagu sebelumnya yang kamu dengarkan.

App actions Android Pie 9.0 – FILE Magz

Tampilan Playlist  (Sumber: Google)

 

Dan apabila kamu rutin melakukan panggilan pada seseorang di waktu tertentu, maka akan ditampilkannya juga kontak orang tersebut.

 

Contact Android Pie 9.0 – FILE Magz

Tampilan Kontak (Sumber: Google)

Rotation Lock

Rotation lock Android Pie 9.0 – FILE Magz

Tampilan Rotation Lock (Sumber: Google)

Fitur rotation lock ini dapat muncul hanya dengan menekan tombol rotasi yang ada di bar. Kamu tidak perlu lagi melakukan swipe untuk melakukan rotasi pada layar.

BACA: KEUNGGULAN FITUR MIUI 10 YANG PERLU KAMU KETAHUI!

Dashboard

Dashboard Android Pie 9.0 – FILE Magz

Tampilan Dashboard (Sumber: Google)

Fitur dashboard ini berguna untuk mengetahui detail berapa lama pemakaian smartphone, dan berapa lama setiap kamu membuka aplikasi. Kamu juga bisa melihat berapa banyak notifikasi yang kamu terima hari ini.

 

App Timer

App Timer Android Pie 9.0 – FILE Magz

Tampilan App Timer (Sumber: Google.com)

Fitur app timer ini berguna untuk memberikan batas penggunaan setiap aplikasi yang kamu gunakan. Jika batas waktumu sudah hampir habis, kamu akan mendapatkan notifikasi. Bahkan jika batas waktumu sudah habis, maka icon aplikasi menjadi berwarna abu-abu sebagai pengingat bahwa penggunaan aplikasimu sudah melewati batas waktu.

 

Style Match

Style match Android Pie 9.0 – FILE Magz

Tampilan Style Match (Sumber: Google)

Fitur style match ini berguna untuk mencari sesuatu produk yang menarik. Dengan arahkan kamera ke produk tersebut, fitur ini akan mencari produk yang serupa.

 

Do Not Disturb

Do Not Disturb Android Pie 9.0 – FILE Magz

Tampilan Do Not Disturb (Sumber: Google)

Fitur ini berbeda dengan fitur do not disturb sebelumnya, karena fitur baru ini membungkam semua hal, termasuk pop up notifkasi yang muncul di layar. Selain itu, fitur do not disturb ini bisa dijalankan dengan hanya membalik smartphone kamu. Semua notifikasimu tidak akan mengganggumu lagi saat sedang berkumpul dengan teman.

 

Win Down Mode

Win Down Mode Android Pie 9.0 – FILE Magz

Tampilan Win Down Mode (Sumber: Google)

Fitur win down mode ini akan mengatur waktu tidur kamu. Hanya dengan mengaktifkan mode ini, kamu dapat mengatur waktu tidur yang kamu mau. Apabila sudah di waktunya, maka layar otomatis mengaktifkan win down mode sehingga membuat layar hitam putih.

 

Namun, saat ini baru beberapa smartphone dengan sistem operasi Android murni Google yang dapat merasakan Android Pie 9.0 ini, yaitu smartphone Google Pixel, Google Pixel XL, Google Pixel 2, Google Pixel 2 XL, Google Pixel 3, dan Google Pixel 3 XL.

Adapun beberapa seri smartphone lain yang dipastikan dapat merasakan Android Pie 9.0 adalah Android One, Xiaomi Mi MIX 2s, Nokia 7 Plus, Essential Phone, One Plus 6, Vivo X21, Vivo X21UD, dan Oppo R15 Pro. Akan tetapi, sobat FILE jangan khawatir, karena pembaruan sistem operasi Android Pie 9.0 dapat dirasakan untuk beberapa smartphone lainnya di akhir tahun 2018.

Bagikan ke sesama!
Categories
GadgetTech CornerTech News
Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

*

*

Newsletter

Upcoming Events
  1. e2eCommerce Indonesia 2018

    October 17 @ 8:00 am - October 18 @ 5:00 pm

TERKAIT