Seorang Dermawan, Penulis, Bahkan Ksatria, Inilah 10 Hal Unik dari Bill Gates

Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates memiliki kekayaan lebih dari 86 milyar dolar US. Tetapi, masih banyak hal yang mungkin belum kamu ketahui dari sang co-founder...

Sebagai salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates memiliki kekayaan lebih dari 86 milyar dolar US. Tetapi, masih banyak hal yang mungkin belum kamu ketahui dari sang co-founder Microsoft.

Bill Gates lahir di Seattle pada tahun 1955. Ia telah menemukan passion-nya pada dunia IT sejak dini. Di sekolah pun, ia telah bertemu dengan Paul Allen yang kelak menjadi co-founder. Bill Gates dan Paul Allen mulanya sempat membuat sebuah usaha kecil hingga pada akhirnya menemukan ide untuk membangun Microsoft.

Pada mulanya, Gates ingin menjadi seorang pengacara dengan mendalami pra-hukum di perguruan tinggi Harvard. Hingga pada akhirnya, ia dikeluarkan dari Harvard dan mulai membangun Microsoft. Di Microsoft, Gates bertemu dengan pegawai sekaligus calon istrinya, Melinda. Dan sekarang, bukan hanya sebagai seorang miliuner dan pemimpin perusahaan teknologi, Gates juga merupakan seorang dermawan, penulis, dan bahkan ia juga merupakan seorang ksatria. Berikut adalah 10 hal unik dari Ksatria Gates.

 

1. Pada umur 13 tahun, Gates telah membuat software komputer pertamanya

Gates sempat belajar beberapa tahun di sekolah negeri, hingga akhirnya masuk ke Lakeside School, sebuah sekolah swasta di Seattle. Di sanalah Gates menemukan passion-nya dalam pemrograman komputer, dan bertemu Paul Allen. Gates juga berhasil membuat game Tic-Tac-Toe dengan bahasa pemrograman BASIC, pada umurnya yang ke-13.

 

2. Gates mengatur software penjadwalan kelas di sekolahnya agar dapat berada di kelas khusus perempuan

Lakeside School merekrut Gates untuk membuat program sistem penjadwalan. Tetapi Gates memanfaatkan kesempatan ini dan kemampuan bahasa pemrogramannya, untuk mengatur software penjadwalan dan menempatkan dirinya pada kelas khusus perempuan.

“Paul (Allen) melakukan pengaturan jadwal lewat komputer dengan saya. Sayangnya, ia (Paul) 2 tahun lebih tua, dan ia kemudian melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jadi hanya sayalah yang mendapat untung dengan setidaknya dapat duduk bersama perempuan cantik di sekitar saya.”,  tutur Gates.

 

3. Gates hampir memperoleh nilai sempurna dalam tes masuk perguruan tinggi

Gates mendapat skor yang sungguh mengejutkan dalam tes masuk perguruan tingginya. Ia memperoleh nilai 1590 dari nilai maksimal 1600 dalam tes masuk perguruan tingginya.

 

4. Gates sebenarnya mempelajari hukum di perguruan tinggi

Gates berencana mengikuti jejak ayahnya dengan mempelajari pra-hukum di Harvard pada tahun 1973. Pada tahun kedua di Harvard, rencananya berubah. Gates mulai mengikuti pelajaran matematika dan sains yang paling ketat di perguruan tingginya. Setelah 2 tahun berlalu, Gates keluar dari Harvard untuk membentuk Microsoft.

 

5. Bill Gates dulunya mengingat nomor plat kendaraan para pegawai untuk mengawasi mereka

Mungkin kamu cukup familiar dengan sistem check-in di kantor bagi para karyawan. Tetapi hal itu tidak cukup bagi Gates. Gates mengingat nomor plat kendaraan para pegawainya agar ia tahu kapan mereka tiba dan meninggalkan kantor.

“Saya mengetahui semua nomor plat kendaraan, sehingga saya dapat mengawasi lahan parkir dan mengetahui kapan para pegawai datang, dan kapan para pegawai pergi. Pada akhirnya saya harus membiarkannya seiring perusahaan bertumbuh lebih besar.”, tutur Gates.

 

6. Gates pernah menjadi orang terkaya di dunia

Pada bulan Juli tahun 1995, Gates menjadi orang terkaya di dunia pada umur 39 tahun dengan kekayaan mencapai 12,9 milyar dolar US. Gates sempat kehilangan gelarnya beberapa kali, tetapi ia memegang posisi teratas dalam peringkat  real-time miliuner dunia versi Forbes di bulan Maret 2017.

 

7. Bill Gates dan istrinya, Melinda, menjalankan yayasan swasta terbesar di dunia

Pada tahun 2000, Bill and Melinda Gates Foundation didirikan oleh pasangan tersebut. Mendapat sumbangan dari tokoh besar serta selebriti seperti Warren Buffet, Hillary Clinton, Big  Sean, Jack Nicklaus, dan Madeleine Albright, Bill and Melinda Gates Foundation menjadi yayasan swasta terbesar di dunia. Pada tahun 2015, dilaporkan bahwa yayasan ini memegang sumbangan sebesar 39,6 milyar dolar US.

 

8. Bill Gates dijadikan Ksatria oleh sang Ratu

Gates menerima gelar Ksatria kehormatan dari Ratu Elizabeth dari Inggris, atas karya amal dan prestasinya dalam bidang teknologi. Gates dan istrinya bertemu dengan Ratu di Buckingham Palace untuk upacara tersebut. Gates memperoleh gelar KBE (Knight Commander of the Order of the British Empire ). Tetapi Gates tidak dapat dipanggil dengan “Sir” karena ia bukan warga negara Inggris.

 

9. Hal pertama pada bucket list Gates adalah untuk tidak mati

Gates mengadakan Ask Me Anything (AMA) di Reddit. Pada sesi tersebut, Gates ditanya apakah ia masih memiliki keinginan yang tersisa dalam bucket list-nya. “Jangan mati…”, tutur Gates.

 

10. Jika dapat memiliki kekuatan super, Gates menginginkan energi ekstra

Pada surat tahunannya, Bill dan Melinda berbagi tentang kekuatan super yang ingin mereka miliki. Bagi kebanyakan orang, hal pertama yang muncul jika ditanya mengenai kekuatan super yang ingin dimiliki berupa pandangan x-ray, menghilang, ataupun menjelajah waktu. Tetapi, energi dan waktu ekstra adalah hal yang diinginkan pasangan Bill dan Melinda Gates.

“Tanpa adanya akses untuk energi (listrik), orang-orang kecil terjebak dalam kegelapan, menggagalkan semua manfaat dan kesempatan yang datang dengan kekuatan.”, tutur Gates.

 

Itulah 10 hal unik dan inspiratif dari Bill Gates. Mungkin sebelumnya kamu tidak menduga bahwa miliuner seperti Bill Gates memiliki hal-hal unik tersebut. Tetapi, itulah kunci dari kesuksesan, berani mencoba! Mulai sekarang, cobalah hal-hal baru, bahkan hal yang menurut kamu di luar dugaan sekalipun.  Dan semoga, pada akhirnya kamu dapat sukses seperti Bill Gates sekarang!

 

[Pius Krisantono]

Categories
Inspiration

RELATED BY