Personal Branding : Tingkatkan Popularitas Produk Kamu

Yang namanya produk pasti tidak terlepas dari kualitasnya. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas merupakan hal utama dari sebuah produk. Tapi, ada nih hal penting lain yang dapat meningkatkan...

Yang namanya produk pasti tidak terlepas dari kualitasnya. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas merupakan hal utama dari sebuah produk. Tapi, ada nih hal penting lain yang dapat meningkatkan nilai suatu produk, yaitu kekuatan brand dan juga strategi pemasaran yang akurat. Sebelum terjun terlalu jauh ke dalam dunia bisnis, penting untuk kamu melakukan personal branding terlebih dahulu. Kenapa? Karena brand ini akan merepresentasikan produk-produk yang akan kamu keluarkan. Selain itu personal branding ini juga penting untuk menentukan strategi pemasaran kamu loh, karena strategi kamu akan berdasar dari brand yang ingin kamu bangun.

Meskipun terkesan sederhana, kegiatan personal branding cukup sulit, terutama jika produk yang kamu punya memiliki kompetitor yang sudah sangat terkenal. Tapi, jangan menyerah dulu karena bukan berarti brand kamu tidak dapat sukses. Berikut merupakan cara-cara yang dapat kamu tempuh untuk mem-branding produk kamu.

 

1. Tentukan Target Pasar Kamu

Pertama mendengar soal target, pasti kamu akan langsung berpikir kepada sebuah segmen seperti pemuda ataupun anak-anak remaja. Nah, cobalah untuk lebih menspesifikasikan target pasar kamu, seperti ke pemuda yang hobi olahraga atau remaja yang menyukai fashion.

Target pasar yang sudah kamu tentukan ini akan sangat penting buat positioning kamu nantinya di pasar, karena dengan target yang jelas fokus kamu juga akan makin tinggi pada target tersebut.

 

2. Produk yang Unik dan Menarik

Pernahkah kamu membeli sebuah produk tapi hanya karena tampak luarnya yang menarik, tanpa memedulikan kualitas dari bahan-bahan yang digunakan? Nah, sama seperti itu, produk yang unik dan menarik merupakan nilai tambahan yang sangat menguntungkan karena dapat membuat customer berdatangan dengan hanya melihat produk kamu.

 

3. Advertisement

Setelah kamu memiliki produk yang berkualitas dan menarik, tentunya kamu harus memasarkannya kepada masyarakat. Nah, iklan merupakan cara yang efektif untuk memasarkan produk kamu. Kebanyakan perusahaan terkenal akan mengeluarkan dana besar hanya untuk iklan. Nah, buat kamu yang mungkin baru memulai, kamu bisa memanfaatkan media sosial dengan efektif. Berdasarkan survei dari Kemkominfo, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta orang dan 95%-nya juga menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Jadi, pengiklanan melalui media sosial ini juga akan sangat berguna buat brand kamu.

 

4. Mengikuti Pameran

Ada lagi nih cara efektif lain untuk branding produk kamu, yaitu dengan mengikuti pameran.  Tentunya pameran yang masih berhubungan dengan produk kamu ya. Ikutlah pameran yang menyewakan booth. Dengan mendirikan booth, kamu bisa secara langsung memperkenalkan produk kamu kepada masyarakat. Tapi jangan lupa juga untuk mendesain booth kamu semenarik mungkin ya, karena sama seperti produk yang menarik dan unik, booth yang menarik dan unik akan membuat seluruh pengunjung yang melihat ingin mengunjungi booth kamu, loh.

 

5. Mengikuti Meet Up

Mengikuti meet up juga dapat membuat perusahaan kamu dikenal oleh perusahaan-perusahaan lain loh. Di sini kamu bisa menambah network kamu sehingga koneksi yang kamu miliki semakin luas dan tentunya akan semakin mudah buat kamu melakukan personal branding produk kamu.

 

[Haryadi Halim]

Categories
Business

RELATED BY