Mini Tips and Trick Internet yang Berguna untuk Kamu

Browsing dan internetan sekarang sudah menjadi bagian hidup masyarakat luas. Namun tidak demikian untuk mereka yang masih gaptek atau belum familiar dengan platform internet, aktivitas browsing dan yang lainnya...

Browsing dan internetan sekarang sudah menjadi bagian hidup masyarakat luas. Namun tidak demikian untuk mereka yang masih gaptek atau belum familiar dengan platform internet, aktivitas browsing dan yang lainnya bisa menjadi lama dan tidak efisien. Untuk itu FILE coba memberikan tips dan trik internet yang bisa membuat aktivitas internetan kamu menjadi lebih nyaman, cepat dan efisien. Tips dan trik internet yang kamu harus tahu:

 

1. Kamu tidak perlu mengetik http:// untuk mengakses sebuah halaman web

Ketika kamu ingin mengetik alamat sebuah web, kamu tidak perlu mengetik http:// atau bahkan www. di address bar browser kamu. Misal jika kamu ingin mengunjungi situs web FILE Magz, kamu hanya tinggal mengetik filemagz.com dan tekan Enter. Untuk membuatnya menjadi lebih cepat, jika kamu ingin mengunjungi sebuah alamat web kamu bisa mengetik nama domainnya saja, misal filemagz dan kemudian tekan Ctrl + Enter untuk mengetikkan http://www.filemagz.com secara lengkap di address bar browser kamu.

 

2. Berpindah dengan cepat antar kolom di sebuah halaman web

Jika kamu mengisi form online, e-mail, atau kolom teks lain seperti kalau ingin sign up di sebuah web, kamu bisa dengan cepat beralih di antara masing-masing kolom dengan menekan tombol Tab, dan Shift + Tab untuk kembali ke sebuah kolom. Misalnya dalam bentuk contoh di bawah, kamu bisa mengklik di “First Name” kemudian ketik apa saja disitu dan tekan Tab untuk berpindah ke kolom berikutnya.

Contoh Form :

Nama Pertama         :
Nama Terakhir         :
E-mail                        :

  • Tips 1 : Tips ini juga berlaku untuk tombol, jika kamu menekan Tab dan developer web telah merancang tombol dengan benar, seharusnya sebuah tombol terpilih secara otomatis dan memungkinkan kamu untuk menekan tombol Spasi atau Enter untuk menekan tombol tersebut.
  • Tips 2: Jika kamu menemui kolom drop down yang berisi daftar pilihan yang banyak sekali, misal kolom “Provinsi”, dan kamu harus memilih provinsi kamu, kamu bisa menekan huruf pertama dari nama provinsi kamu supaya otomatis turun ke bawah ke nama itu. Sebagai contoh, kamu klik kolom drop down-nya, klik nama provinsi dengan alfabet pertama, biasanya paling atas misal Aceh, kemudian ketik huruf awal nama provinsi kamu misalnya J untuk Jawa Tengah dan otomatis kolom akan bergulir otomatis ke nama provinsi dengan huruf awal J.

 

3. Ketahui shortcut browser yang sering kamu gunakan

Kamu pasti terbiasa menggunakan sebuah browser seperti halnya yang dilakukan kebanyakan pengguna internet. Aktivitas internetan kamu akan jauh lebih cepat dan efisien jika kamu hafal shortcut browser kamu dan menggunakannya sehari-hari. Berikut adalah beberapa shortcut yang umum untuk sebuah browser :

  • Tekan Alt + D untuk memindahkan kursor ke address bar.
  • Tahan tombol Ctrl dan tekan + atau untuk menambah dan mengurangi ukuran teks. Ctrl + O akan mengatur ulang teks.
  • Tekan tombol Backspace atau tahan tombol Alt + panah kiri untuk kembali halaman sebelumnya.
  • Tekan F5 untuk refresh atau reload halaman web.
  • Tekan F11 untuk membuat browser menjadi full screen. Tekan F11 lagi untuk kembali ke tampilan normal.
  • Tekan Ctrl + B untuk membuka bookmark
  • Tekan Ctrl + F untuk membuka Find Box untuk mencari teks dalam halaman web yang sedang kamu baca.

 

4. Manfaatkan tab browser

Manfaatkan dan selalu gunakan tabbed browsing pada browser yang biasa kamu gunakan. Saat membaca sebuah halaman web jika kamu menemukan link yang menarik bagi kamu dan ingin membukanya, buka di tab yang baru sehingga tidak mengganggu bacaan kamu sebelumnya atau supaya mudah kembali lagi untuk melakukan bookmark halaman tersebut jika dirasa penting.

Ini berguna karena kamu bisa saja berpindah link banyak sekali jadi jika kamu ingin kembali ke halaman pertama yang kamu baca, tidak mungkin kamu tekan tombol untuk kembali berulang-berulang. Sebuah tab baru dapat dibuka dengan menekan tombol Ctrl atau klik kanan link yang kamu ingin buka. Atau jika kamu memakai mouse, kamu dapat menekan roda di bagian atas mouse untuk membuka link di tab baru.

 

5. Gunakan Mesin Pencari secara maksimal

Dapatkan hasil maksimal dari setiap hasil pencarian. Jika kamu tidak menemukan apa yang kamu cari coba tambahkan tanda kutip untuk kata kunci yang kamu cari. Misalnya kamu ingin mencari HP Android Murah, ketik “HP Android Murah”. Karena jika kamu tidak menggunakan tanda kutip, hasil pencarian yang muncul adalah yang mengandung kata “HP”, “Android” dan “Murah” dimanapun itu di dalam sebuah halaman web. Tapi jika kamu menggunakan tanda kutip, hasil pencarian yang muncul hanya yang mengandung kata “HP Android Murah” secara berurutan seperti yang kamu ketik.

Selain itu setiap kamu menemui sebuah kolom pencarian, kamu bisa menekan Enter setelah mengetik, tidak usah memegang mouse kamu kemudian menekan tombol Enter.

 

6. Coba browser alternatif

Kebanyakan pengguna komputer dan internet menggunakan browser default yang disertakan dalam OS atau Operating System-nya, seperti Microsoft Windows, browser default-nya adalah Internet Explorer. Ada banyak browser alternatif yang semuanya bebas kamu download, gunakan, dan mungkin memiliki fitur yang tidak dimiliki browser yang kamu gunakan saat ini. Berikut adalah beberapa browser yang bagus dan bisa kamu coba:

  • Apple Safari
  • Google Chrome
  • Mozilla Firefox
  • Opera
  • Maxthon

 

7. Install plugin dan add-ons

Semua browser di atas juga memiliki komunitas besar developer yang mengembangkan add-ons dan plugin yang bisa ditambahkan ke browser dengan gratis. Masing-masing browser memiliki ratusan hingga ribuan add-ons dan plugin yang dapat melakukan hal-hal seperti menampilkan cuaca saat ini di jendela browser kamu, mengubah warna atau tema, dan menambahkan fungsi tambahan seperti SEO Score dari halaman web yang kamu buka, jumlah FB likes, jumlah Tweet, dsb.

Selain itu add-ons dan plugin ini juga sudah terbagi-bagi menjadi kategori, dan kategori itu juga mencakup berbagai bidang. Misal add-ons untuk desainer web, untuk SEO provider, Forex trader, dsb. Jadi coba cari add-ons atau plugin yang sesuai dengan bidang kamu kemudian install yang kira-kira bisa membantu kamu untuk melakukan aktivitas harian pekerjaan kamu.

 

8. Pastikan browser  kamu dan juga add-ons serta plugin kamu selalu ter-update

Sebuah browser internet dapat memiliki banyak plugin yang memberikan fungsi tambahan. Sebagai contoh, Adobe Flash adalah plugin yang bagus untuk menampilkan film dan konten animasi lainnya ke internet. Memastikan browser, add-ons dan plugin ini selalu ter-update sangat penting untuk stabilitas komputer kamu dan juga penting untuk sisi keamanan. Untuk mengecek itu semua bisa kamu gunakan Qualys BrowserCheck.

 

[Ghaza]

Categories
Tech Corner

RELATED BY