Suka Menunda? Ini 7 Langkah Penting Untukmu!

Walaupun tugas kamu banyak dan deadline sudah di depan mata, tidak jarang kamu lebih memilih untuk browsing di internet, nonton video di YouTube, streaming online, buka aplikasi Instagram, atau bahkan tidur. Kamu sadar bahwa seharusnya...
7 Langkah Penting untuk Kamu yang Suka Menunda
7 Langkah Penting untuk Kamu yang Suka Menunda

Walaupun tugas kamu banyak dan deadline sudah di depan mata, tidak jarang kamu lebih memilih untuk browsing di internet, nonton video di YouTube, streaming online, buka aplikasi Instagram, atau bahkan tidur. Kamu sadar bahwa seharusnya kamu mengerjakan tugas dan kewajiban kamu, tapi kamu sama sekali tidak memiliki keinginan untuk mengerjakannya.

Ketika deadline semakin dekat, kamu baru akan sadar, “Kenapa tidak dikerjakan dari kemarin-kemarin ya?”. Tidak sedikit nih orang-orang yang mengalami hal yang sama seperti ini, tapi kamu harus tahu bahwa menjadi orang yang suka menunda-nunda entah hal apapun itu adalah kebiasaan buruk dan siklus itu akan terus berlanjut jika kamu tidak memulai untuk mengubahnya sendiri.

Untuk memperbaikinya, kamu dapat mencoba memulai dari hal-hal kecil di dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

 

1. Membagi tugas menjadi beberapa bagian

Salah satu alasan kamu menunda pekerjaan kamu adalah karena tugas itu terlihat berat untuk dilakukan. Kamu dapat membagi tugas tersebut menjadi beberapa tugas yang lebih kecil agar terasa jauh lebih mudah dan dapat terselesaikan dengan cepat. Fokuslah pada satu tugas kecil itu satu per satu. Seiring berjalannya waktu, satu tugas besar pun terselesaikan.

 

2. Mengubah lingkungan di sekelilingmu

Lingkungan yang berbeda juga akan menghasilkan produktivitas yang berbeda. Jika meja kantor atau meja kerja di rumah kamu tidak meningkatkan semangatmu dalam bekerja atau membuatmu hanya ingin bermalas-malasan, kamu harus mengubah atau menghiasnya menjadi sesuatu yang dapat menginspirasi kamu. Kamu bisa mencari referensi dari banyak sumber di internet.

 

3. Membuat deadline yang detail

Memiliki hanya satu deadline akan membuat kamu merasa memiliki banyak waktu dan kamu akan terus menundanya hingga akhirnya kamu sadar bahwa kamu sudah terlambat. Setelah kamu membagi tugasmu seperti di langkah pertama, buatlah deadline yang jelas dan detail untuk masing-masing tugas tersebut. Kamu akan menyelesaikan tugas tersebut lebih cepat karena kamu tahu bahwa deadline nya lebih awal.

 

4. Kelilingi diri dengan orang yang dapat menginspirasi

Cari tahu tentang orang-orang, teman atau kolega yang memiliki kepribadian atau pencapaian yang dapat memicu kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Coba dekatkan dirimu dan coba mengenal mereka lebih jauh. Cepat atau lambat, kamu akan menyesuaikan diri dengan mereka dan juga semangatnya. Kamu dapat mengambil hal-hal positif dari mereka dan belajar dari pengalaman mereka.

 

5. Mencari teman

Memiliki seseorang untuk menemanimu akan membuat proses keseluruhan kamu untuk mencapai sebuah tujuan menjadi lebih seru. Akan lebih baik jika temanmu adalah seseorang yang juga memiliki satu tujuan, sehingga kalian akan saling mengingatkan dan membantu untuk mencapai rencana dan tujuan masing-masing. Selain itu, kalian juga dapat saling berbagi ide. Teman juga akan memberikan dukungan agar kamu terus bertindak dan bekerja keras.

 

6. Mencari orang yang sudah menyelesaikannya

Apa yang akan kamu capai, kamu harus tahu siapa orang yang telah berhasil mencapai tujuan kamu. Cari mereka dan buatlah koneksi dengan mereka, kamu dapat belajar banyak hal dan mencontoh dari mereka. Mengetahui ada bukti nyata tentang tujuan kamu, akan membuat kamu lebih optimis untuk menyelesaikan tujuan kamu itu.

 

7. Jangan membuat hal menjadi sulit

Apakah kamu termasuk tipe orang yang menunggu waktu yang tepat untuk melakukan sesuatu? Atau mungkin ini bukan saat yang tepat karena alasan A, B, C, atau D? Jauhkan pikiran itu karena tidak akan ada waktu yang sangat tepat. Jika kamu hanya terus menunggu sesuatu, kamu tidak akan melakukan apapun. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengerjakannya. Jika kamu giat, dengan berjalannya waktu, tujuanmu pasti akan tercapai.

Categories
Productivity

RELATED BY